Sunday, April 6, 2014

GEREJA REGINA CAELI: THE ARK OF FAITH

 

Photo-1781

Beberapa bulan terakhir gue emang jarang jalan2. Secara hampir setaon di jakarta, hampir semua tempat asyik buat backpackingan di Jakarta udah gue jelajahin. Gue ampe bingung, mau kemana lagi ya jalan2nya, soalnya admin udah mulai kehabisan tempat nih. Nah, beruntung banget pas gue lagi di Harmoni nunggu bus ke arah katedral, gue melihat bus BKTB yang baru diluncurin Pak Jokowi. Trayeknya Monas – Pantai Indah Kapuk (PIK). Melihat kata “PIK” mata gue langsung berbinar. Soalnya selama setahun ini gue emang memendam keinginan untuk beribadah di gereja Regina Caeli di PIK. Namun niat itu urung gue laksanakan secara gue emang nggak mengenal daerah Jakarta Utara dan gue juga sempat berpikir mustahil untuk ke PIK tanpa mobil pribadi. Nah, dengan kehadiran bus BKTB jurusan PIK ini, gue jadi merasa makin dimanjakan *halah, jadi Manis Manja Group dong* sebagai warga Jakarta. Akhirnya, gue putusin gue bakal ke gereja dan bonusnya, ternyata banyak wisata alam keren di PIK ini (namun bakal kubahas di postingan terpisah).

Gue excited banget ama rencana gue misa di Regina Caeli ini. Soalnya kebetulan ini pas masa Prapaskah dan gue ingin merayakannya dengan sesuatu yang spesial. Regina Caeli ini terkenal banget lho, sering keluar di acara TV yang membahas arsitektur gitu. Bahkan sejak gue masih di Solo, gue kepengen banget ke gereja ini. Secara gue nggak pengen kesasar dan telat datang ke misa pas Minggu paginya, maka Sabtu siang gue mutusin buat survey lokasi dulu berbekal peta dari Google Maps. Dari Blok M, gue langsung naek busway koridor 1 dan turun di Monas. Di sana, gue nggak perlu nunggu lama buat dapat bus BKTB ini. Ternyata dari hasil pengamatan gue, bus BKTB ini kurang diminati. Entah karena kurang sosialisasi atau emang warga PIK sendiri kurang memanfaatkannya. Lho kok admin bisa tau? Ya iyalah, secara pas gue naik ampe turun, cuman gue sendiri penumpang di bus tersebut. Gludak deh langsung gue. Gue ampe dibaik2ini ama kernet dan sopirnya. Diajakin ngobrol segala lho, soalnya satu2nya penumpang sih, langsung deh dimanjain *halah* Ampe ditanya2 gini ama abangnya,

“Lagi libur ya Mas?”

“Mau kemana Mas?”

Pas gue jelasin tujuan gue, eh ampe sopir dan kernetnya baek banget nyariin alamat gerejanya segala hahaha. Emang sih armada bus ini walaupun banyak banget tapi masih sepi2 gitu. Gue denger2 juga, armada bus ini sempet dihentikan pengoperasiannya pas Februari lalu (abis diluncurin) soalnya dilemparin batu ama sopir2 angkot yang merasa trayek mereka direbut ama bus ini. Waduh, nggak segitunya juga kale bang? Kan sebenarnya bus ini diluncurin buat biar kaum elite yang tinggal di PIK lebih memilih naek kendaraan umum daripada naek mobil pribadi yang bikin macet. Kalo angkot, mana mungkin mereka mau naek, ya nggak?

Harga tiketnya juga murah kok, 6 ribu aja untuk bus senyaman ini (AC-nya adem dan tempat duduknya juga enak banget). Kayaknya emang butuh waktu deh untuk membiasakan para penghuni PIK buat beralih menggunakan moda transportasi umum. Biarlah waktu yang akan menjawabnya *caileeee*. Soalnya gue liat juga (pas pulang) mulai2 ada kok cici koko yang memanfaatkan bus ini untuk berpergian ke pusat kota.

Omong2 soal PIK, tempat ini emang perumahan elite yang dulu mengundang kontroversi. Hmmm...kontroversinya kenapa, entar biar gue bahas nanti. Nah, kalo kalian ke gereja Regina Caeli ini, tinggal bilang aja turun di Patung Kuda Laut. Yang namanya patung kuda laut tuh sebenarnya gerbang masuk ke perumahan Mediterania Boulevard. Letaknya juga nggak jauh dari gerbang PIK. Nah, gerejanya tuh letaknya di dalam kompleks perumahan gitu, ada di sebelah kanan jalan. Untung aja perumahannya nggak gitu2 ketat pengamanannya, jadi nggak perlu lapor ama titip KTP segala, apalagi lapor RT 24 kali sehari *capek dong*

Photo-1660

Begitu masuk, sebenarnya ada jalan menanjak berumput yang bisa dinaiki (kayak trotoar/jogging track gitu). Nah uniknya pas di sebelah perumahan ini ada Suaka Margasatwa Muara Angke yang masih menjadi habitat alami monyet2 liar. Makanya ada tulisan seperti ini.

Photo-1661

Dan pas gue berangkat ke gereja Minggu paginya, gue juga ketemu ama mereka hahaha. Untung aja ya mereka bisa hidup berdampingan dengan harmonis dengan para penghuni perumahan elite di sini.

Photo-1747

Nah, mulai terasa nggak sih pembaca mengapa perumahan ini disebut kontroversial. Soalnya dibangunnya pas di samping suaka margasatwa. Dan kayaknya nggak mungkin deh perumahan2 ini dibangun tanpa mengorbankan ekosistem hutan bakau yang gue yakin pernah ada di sini. Soalnya aneh banget, di sampingnya perumahan, di samping pagar pembatasnya langsung ada hutan2 bakau yang rimbun banget gitu. Aneh kan?

But unfortunately we can’t turn back the hands of time. Yang lalu biarkah berlalu. Kita fokus saja untuk menjaga apa yang tersisa, OK? Nah, balik lagi ke urusan gereja, gereja ini memiliki 3 kali jadwal misa, yaitu Minggu pagi jam 8.00 dan 10.30, sama satu lagi misa sore (lupa jamnya). Gue sengaja datang ke misa kedua. Inilah bagian muka gereja ini. Terdapat patung Bunda Maria yang penuh warna ini.

Photo-1748

Untuk sampai ke gedung gerejanya sendiri, kita harus melewati bangunan bersalib ini (yang kayaknya sih gedung serba ada, ada kantinnya juga). Dan inilah bangunan gerejanya, keren!

Photo-1750

Kata website yang gue baca sih, bangunannya sengaja dibentuk menyerupai kapal *walau gue sendiri bingung, bagian mananya yang mirip kapal* Overall, gereja ini menganut gaya arsitektur modern. Bagian yang kayak silinder dengan salib di depan ternyata adalah entrance-nya.

Photo-1751

Dan inilah interior gereja. Ternyata luas banget guys!

Photo-1756

Photo-1771

Bagian dalamnya benar2 nyaman dan kesan pertama gue pas berdoa di dalam sini, bantalan berlututnya empuk banget. Jadi tambah khusuk deh berdoa. Oya, panel2 jalan salibnya juga artistik banget (walau menurut gue letaknya terlalu berdekatan).

Photo-1758

Keunikan lain gereja ini, hampir 99% umatnya adalah kaum Chinese. Yang 1% kayaknya cuman gue orang Jawa ama nona yang ada di belakangku (kayaknya sih keturunan NTT gitu). Namun walaupun begitu, gue masih merasa diterima di sini. Soalnya pas gue masuk, ada petugas yang dengan ramah langsung ngasih gue kertas misa. Waduuuuh, baru pertama kali ini gue dilayanin kayak gini. Bahkan gue udah berkunjung ke katedral2 yang ada di Jawa mulai Malang, Surabaya, Semarang, hingga Jakarta, kayaknya nggak pernah deh gue disambut dan dimanjakan seperti ini *halah, tema hari ini: manja* Aku sampai hampir menitikkan air mata karena terharu *tema lain hari ini: lebay; yang sebenarnya adalah tema blog ini sejak pertama berdiri*

Mungkin karena umatnya hampir seluruhnya keturunan Tionghoa dan baru aja habis Imlek bulan kemarin, lagu pembukaannya pun bergaya Mandarin banget. Bayangin koor gerejanya diiringin alat musik tradisonal Tiongkok, keren banget. Cuman itu pas bagian lagu pembukaannya doang, lagu2 berikutnya udah pakai misa2 Latin dengan iringan organ. Pastornya juga ternyata berdarah Tionghoa. Wah, jarang2 lho gue liat romo Chinese gitu. Dan romonya ternyata asyik banget. Cara menyampaikan kotbahnya keren gitu. Sampai2 gue yang biasanya ngantuk pas homili jadi dengerin dengan seksama kotbah romonya. Namanya Romo Steve kalo nggak salah.

Lucunya di deket gue (beberapa baris di depan gue) ada keluarga yang menarik perhatian gue. Kayaknya sih anak mereka (menurut gue seumuran SMP kelas 3 atau SMA) autis. Soalnya tingkahnya kayak anak kecil gitu yang nggak bisa diem pas misa. Ampe dia dimarahin bokapnya yang sebel ama tingkah anak ini. Namun gue salut, dia udah ngerti dasar2 tata cara mengikuti misa, kayak menyembah hosti pas Doa Syukur Agung, menengadahkan tangan pas doa Bapa Kami *nggak wajib sih* ampe tau tata cara penerimaan komuni segala. Kalo seandainya anak itu anak gue, pasti udah gue besarin dengan kasih sayang dan gue anggap anugerah Tuhan, sebab nggak semua orang dikasih tanggung jawab ngebesarin anak kayak gitu, ya kan? Waduh, mulai deh sindrom kebapakan gue kumat lagi hahaha. Soalnya pas awal bulan ini juga udah kumat gara2 gue beliin selimut bayi buat kado rekan kerja gue yang kebetulan baru punya anak. Ngeliat bentuk selimut bayinya yang unyu2 perasaan gue jadi gimana gitu hehehe.

Haduh nggak usah bahas itu lagi deh. Mari kita simak aja keindahan interior gereja Regina Caeli ini. Oya gereja ini punya 2 balkon di kanan kiri altar. Balkon di sebelah kiri buat umat *biasanya yang telat* dan yang sebelah kanan buat koor. Di balkon sebelah kanan ini ada kaca patri warna biru yang indaaaaah banget, cuman sayang nggak kefoto hiks. Ini bagian altarnya. Modern banget.

Photo-1765

Ini bagian langit2nya. Kayak ada panel berbentuk salib yang melayang gitu.

Photo-1767

Ini adalah Goa Maria-nya yang lagi2 ditata dengan modern. Enak banget diliat pokoknya. Tempat lilinnya juga modern minimalis gitu.

Photo-1774   Photo-1773

Ini bangunan gereja diliat dari area Goa Maria tadi.

Photo-1776   Photo-1775

Nah sekian dulu guys, jalan2 ke Regina Caeli. Gereja yang indah bukan? Dengan menunaikan ibadah di gereja ini, berarti sudah kesampaian semua deh keinginanku mengunjungi gereja2 menakjubkan di Jakarta. Berikutnya gue kepengen banget mengunjungi gereja di wilayah Jawa Barat kayak Bandung dan Cirebon *kalo Bogor mah udah* Doain segera terlaksana ya. GBU.

1 comment:

  1. Kan Dave, gereja yg mirip kapal itu kayaknya Gereja Stella Maris, Pluit.. Udah pernah kesana??

    -Yhow-

    ReplyDelete