Sunday, April 6, 2014

URBAN LEGEND #1: KAGOME KAGOME

 

KAGOME KAGOME

 

Note: Kagome Kagome adalah sebuah lagu yang mengiringi permainan tradisional Jepang. Dalam permainan ini, sekelompok anak (minimal 7) akan membentuk lingkaran dengan satu anak di tengah berperan sebagai “oni” atau “setan”. Anak tersebut akan ditutup matanya, kemudian teman2nya di sekelilingnya akan menyanyikan lagu “Kagome Kagome”. Setelah lagu tersebut selesai, anak tersebut harus menebak nama anak yang ada di belakangnya. Bila ia benar, maka anak itu akan digantikan oleh anak yang tertebak namanya tersebut, begitu seterusnya (sumber: wikipedia).

Kakak perempuanku datang ke rumahku untuk pertama kalinya sejak 3 tahun terakhir. Aku belum pernah melihat keponakanku, namun sepertinya ia telah tumbuh menjadi anak yang cerdas. Karena beberapa tanda lahir di wajah dan tubuhnya, ia tak memiliki banyak teman seumuran. Namun ia memiliki banyak tenaga untuk bermain dan ketika ia lelah, aku memutuskan untuk menyanyikannya sebuah lagu.

Kagome, Kagome

Ada burung di perut naga

Kapan? Kapan? Kapan ia akan keluar?

Bangau dan kura-kura, tergelincir saat malam sebelum fajar

Siapa di belakangmu?

“Hei, apa bibi tahu lagu ini sebenarnya tentang membunuh bayi dalam kandungan?”

Aku hanya terdiam karena tak menyangka ia akan mengatakan hal seperti itu. Keponakanku itu hanya menatapku, menunggu jawabanku.

“Maksudku ibu yang menyanyikan lagu ini ketika anaknya masih berada dalam perutnya sebenarnya ingin bayinya mati. Menyeramkan kan?” katanya lagi.

“Apa maksudmu aborsi?” aku tak begitu yakin anak sekecil itu sudah tahu makna kata itu, “Ya...itu memang menyeramkan.”

“Aborsi itu artinya ibu mengambil sebuah tongkat keras kemudian ditusukkan ke tempat bayi agar keluar dari perut. Setelah itu, bayinya akan dibuang ke tempat sampah.”

Astaga, pikirku. Darimana anak sekecil ini memiliki bayangan semengerikan itu? Apa yang kakakku ajarkan pada anak ini?

“Darimana kau belajar hal semacam itu?” tanyaku. Aku takut ia mendapatkannya dari teman-temannya.

“Bahkan di dalam perut mama, aku bisa mendengar dan merasakan ... Rasanya sakit sekali dan aku benar-benar takut. Aku menangis kalau ingat hal itu.”

Sejak saat itu aku benar-benar memperhatikan tanda-tanda lahir yang ada di sekujur tubuh keponakanku.

15 comments:

  1. si keponakannya itu sebenernya udah meninggalkah? gara2 di aborsi sm ibunya? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukaaaan ... si anak tuh punya memori yg membekas dlm dirinya pas masih dijanin berusaha diaborsi ibunya. mirip ama cerita film Korea "H" dimana tokoh utamanya pembunuh berantai yg jd psycho gr2 ingat dulu berusaha diaborsi ibunya pas msh dlm kandungan

      Delete
    2. Itu judul fim koreanya ' H ' doang?

      Delete
  2. ketawa aja ya ._. pas bayi ajaib banget bisa tahu kalau dia diaborsi? ckck

    ReplyDelete
  3. kak izin share beberapa urban legend &riddle yaa

    ReplyDelete
  4. izin share urban legend y

    ReplyDelete
  5. Ibunya nusuk tongkat kebagian mana min????

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm ...baru kepikiran setelah kamu comment ...

      GYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!

      Delete
  6. berarti tanda2 lahir ditubuhnya itu bekas tusukan-tusukan dari ibunya dong min??? sesuatu sekali.. -___-

    ReplyDelete
  7. waduh dia bisa inget pas jadi janin? ZZZ mungkin emang bekas tusukan itu kena muka dia jadi berbekas banyak gitu

    ReplyDelete
  8. jadi ibunya berusaha aborsi anaknya tapi ga berhasil ya ? Buktinya anaknya masih idup

    ReplyDelete
  9. Sebenernya tu anak emang idup, cuman dia inget pas dia d dalem kandungan emaknya. Jangan2 anak itu anak....

    ReplyDelete
  10. Hahaha lagu kesukaan gw tuh



    -Diaz-

    ReplyDelete
  11. banyak VersiNya 😆 Coba Min Versi Perang Dunia ke 2 itu sedih bngt dan pasti Admin Tau 😢

    ReplyDelete