Sunday, March 17, 2013

AYO CARI TAHU NAMA KOREA-MU!!!

 
Udah lama aku tidak membuat postingan berlabel tips. Nah, kali ini aku akan menulis tentang tips mencari tahu nama Korea kalian di internet. Keinginanku untuk membuat nama Korea pertama tercetus saat aku tak sengaja masuk ke sebuah website yang bisa mencarikan nama Jepang kalian (sayang aku lupa alamat websitenya). Aku mengetikkan namaku dan voila, muncul nama yang lumayan unik: “Ai Arihyosi”. Aku berpikir, “Wah lumayan keren nih. Kenapa nggak cari nama Korea-ku sekalian?

Akupun mulai searching di google cara mendapatkan nama Korea yang sesuai dengan kita. Seperti kita tahu bahwa nama Korea biasanya terdiri atas tiga kata, yaitu nama marga (keluarga), nama tengah, dan nama belakang. Berbeda dengan di Barat yang biasanya meletakkan nama keluarga di belakang, di Korea nama keluarga diletakkan di depan. Oya, biasanya juga orang Korea kerap menggabungkan nama tengah dan belakang mereka (nama selain marga) menjadi satu kata.

Nah, aku kemudian tahu bahwa nama Korea bisa dicari dengan menggunakan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran kita. Berikut ini caranya.

1. Nama marga (keluarga) diambil dari angka terakhir dari tahun kelahiran kita. Misal kamu lahir tahun 1990, berarti pakai angka 0 dan kamu mendapatkan margamu Park. Ini list lengkapnya.
0 Park 1 Kim 2 Shin
3 Choi 4 Song 5 Kang
6 Han 7 Lee
8. Sung9. Jung

2. Terus nama tengah diambil dari bulan kelahiran. Misal kamu lahir bulan Januari, maka nama tengahmu adalah Young.
1Young 2 Ji 3 Ye 4 Hye
5 Dong 6 Sang 7 Ha 8 Hyo
9 Soo 10 Eun 11 Hyun 12 Rae

3. Dan akhirnya nama belakang diperoleh dari tanggal lahir kalian. Semisal kamu lahir tanggal 1 berarti nama belakangmu Hwa.
1 Hwa 2 Woo 3 Joon 4 Hee 5 Kyo
6 Kyung 7 Wook 8 Jin 9 Jae 10 Hoon
11 Ra 12 Bin 13 Sun 14 Ri 15 Soo
16 Rim 17 Ah 18 Ae 19 Neul 20 Mun
21 In 22 Mi 23 Ki 24 Sang 25 Byung
26 Seok 27 Gun 28 Yoo 29 Sup
30 Won31 Sub

Jadi jika kamu lahir pada 1 Januari 1990, maka namamu Park Young Hwa. Namun mungkin aja kita nggak suka nama yang kita dapatkan dengan cara ini. Misalnya saja karena aku lahir tanggal 6, maka nama belakangku adalah Kyung. I hate that name, I just don’t like that ‘Kyung Kyung’ thing. Kayak lagi pusing aja, Kyung Kyung gitu hahaha. Makanya, bagi beberapa orang cara ini nggak memuaskan.

Namun buat kalian yang sudah cukup puas dengan nama Korea yang kalian dapatkan dengan cara ini, jangan buru2 disebarluaskan, soalnya nama itu akan mengandung tanggal lahir kita yang mudah ditebak. Kalo temen2 kita jadi tahu hari ultah kita trus kita diberi kado sih nggak apa-apa. Tapi takutnya nanti informasi itu digunakan untuk hal-hal yang nggak bener misalnya untuk membobol email atau yang lainnya.

Nah, bagi kalian yang kurang ‘klop’ dengan cara ini, admin punya cara kedua yang lebih asyik, yaitu melalui website:


Tapi untuk menggunakannya kalian harus terhubung dengan facebook dan meng-klik “like” website ini.

korea1

Nah, cara pertama, buka alamat di atas, kemudian klik “like”. Nah, bagian paling menyebalkan dari website ini (walaupun isinya lumayan keren) adalah loadingnya yang super lambat. Bahkan ada comment di facebook yang mengatakan,

“My Korean name is L*O*A*D*I*N*G”

Soalnya emang lemot banget loadingnya. Namun bisalah kalian akali dengan membaca-baca postingan keren di blog mengaku backpacker ini atau bahkan add facebook admin untuk mengisi waktu luang hehehe.

Nah, setelah complete 100% kalian akan diberi introduksi sekilas mengenai bahasa Korea (“Han-gul” namanya) sambil diiringi musik tradisional Korea. Setelah itu kalian akan disuruh memilih antara Korean Names (biru) ataukah Authentic Korean Names (merah). Pilih aja salah satu.

korea2


Nah, website ini nggak menggunakan tanggal lahir sebagai patokan membuat nama Korea, namun lebih berdasarkan pada arti nama yang kita inginkan. Nah, di sini kalian akan disodori makna2 nama yang kita inginkan, seperti pada halaman berikut.

korea3


Perbedaan antara Korean Names dan Authentic Korean Names (pilihan merah dan biru di atas), kalo Korean Names kalian hanya disodori satu pilihan arti seperti di atas, tapi kalo kalian pilih Autenthic Korean Names, kalian akan disodori hingga dua makna nama. Di sini aku memilih “Bright” karena namaku “Cahyo” kan artinya cahaya. Langkah berikutnya kita akan disodori beberapa pilihan nama tengah dan belakang. Kita tinggal memilih mana yang cocok dan kedengaran bagus, dan ....
Ta ta....inilah nama Korea-ku,

CHO HYUN BIN

yang artinya murah hati dan bercahaya. Yang keren lagi dari website ini, sudah ada pula lho kaligrafi nama kita dalam aksara Korea....Wow!
korea5
Hahaha...mirip nama artis ya. Aku iseng2 mencari nama-nama lain dengan cara ini, akhirnya aku mendapatkan beberapa nama. Pertama adalah:

CHO MIN HO

Hahaha yang ini juga mirip nama artis. Artinya adalah “a clever person who shines” atau “pria cerdas yang senantiasa bersinar”....hahahaha GUA BANGET TUUUUH....
Nama ketiga adalah:\

CHO YOUNG HA

Nah, aku suka banget ama arti nama ini, yaitu “peaceful summer” atau musim panas yang damai. Wow, so romantic hahaha.
Nama keempat adalah:

CHO YOON SEO

Yang artinya adalah “as beautiful as dawn” atau seindah fajar.
Komentar para pembaca blog pasti: WOOOOW....ADMIN BLOG BANGET TUH
Hahahaha...cuma becanda ding. Terus nama keempat yang paling kusuka adalah (maruk banget ampe punya total lima nama hehehe).

CHA SAE BYUK

Artinya adalah “Be the person who light the darkness” atau “Jadilah lelaki yang menjadi terang di tengah kegelapan.”

Ampuuuuun...gue banget semua deh nama2 Korea yang kudapetin hehehe, makanya aku recommend banget website ini ke kalian. Cuma kudu sabar aja pas loadingnya. Ok, boleh dicoba dan tell me your opinion about it (dan kasih tau juga nama Korea pilihan kalian) di comment ya.

37 comments:

  1. Ada yang nama Jepang, ngak?
    Nama aye Akamarru aja. Disayang Kiba, deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh kmrn sebenarnya nemu website nama jepang gitu, cuma lupa alamatnya. apa aja deh asal bukan sakurata aja namanya hahaha,,,,

      Delete
  2. plis-plis-plis! Cari nama Jepang, ea? *mewek*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba link ini:

      http://rumandmonkey.com/widgets/toys/namegen/721#.UocdSPmmgqp

      nama jepangku jadi daisetsu arihyoshi (ternyata kemaren Q salah klik, Ai tuh nama cewek)

      Delete
  3. Kim Yong Kyung.. ^^

    ReplyDelete
  4. Myung Ga Yoon :D

    ReplyDelete
  5. Jung Sang Hwa :v
    kalo saia lahir januari jadi Jung Young Hwa~

    ReplyDelete
  6. aku tadi bikin nama korea lewat create korean name~~ kok yang muncul nama Pyo terus yah??? kayak Pyo Young Ha, Pyo Mi Na, Pyo Yin Seo, dsb~~~ itu kenapa yah?

    ReplyDelete
  7. hahaha.. adminnya jadi Jang Sae Byuk nih ye... :p

    ReplyDelete
  8. Park Hyo Ri!:D Bagus gaa bagus yaa ;D

    ReplyDelete
  9. Sung Sang Hee ga enak bener :< sungsang:"<

    ReplyDelete
  10. Hanjerrr CHOI MINHO?? :v
    Itu idol paporit ane loh :v
    Abang tingginya berapa? Udah setinggi minppa belom?? #digorokbangdave

    ReplyDelete
  11. park sang kyo??? waduhh kokk bunyinya aneh banget~

    ReplyDelete
  12. Song Rae Mi -> 송래미
    kok gue punya kagak enak banget ya ......T_T
    kayak nama cewek aja itu @#$%MEWE%$#@

    ReplyDelete
  13. 중상화 gak jelek2 amat nama nya ;) :D

    ReplyDelete
  14. Choi Hye Kyo, kedengaran rada-rada aneh, deh... ntah kenapa kedengaran kek nama cowok, deh...

    ReplyDelete

  15. Ada kabar gembira buat para drakor alias drama korea....... yuk duduk paling depan siapkan handpone anda bersama cemilan juga.. langsung saja kabar gembira nya adalah sekarang udah ada aplikasi buat para pecinta drakor lo..... nam aplikasinya adalah MyDrakor dan bisa di instal di play store di perangkat handpone kalian ya guys.... aplikasi ini memuat film drakor terbaru tentunya akan membuat kalian pada baper guys dan kabar gembiranya adalah kalian juga bisa mengunduh film nya guys pokonya keren abistttt dechh guys.... dijamin gax bakal nyesel dechhh...
    Link untuk menginstal aplikasi nya ya tapi khusus pengguna android...
    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

    ReplyDelete
  16. KIM HA YOUNGHEE (YOUNG HEE Gabungan 1 dan 4)
    14 Juli 2001

    ReplyDelete
  17. Kang soo hee... Btw bgs gak kak?

    ReplyDelete