Friday, August 7, 2015

LINE RIDDLE #20: EKSPERIMEN KIMIA

 

Penulis: Dave Cahyo (unpublished di Line)

Level: medium

chemistry_lab

Aku sedang membuat proyek untuk tugas kimiaku. Karena guruku sedang tak ada, aku disuruh mengambil bahan2nya sendiri.

Ini dia petunjuk kerjanya. Untuk mengetes gas karbon dioksida diperlukan larutan kalsium hidroksida. Waduh dimana ya larutannya? Sepertinya aku harus membuatnya sendiri. Kalau nggak salah guruku pernah bilang kalsium hidroksida bisa dibuat dengan mencampur kalsium dengan air.

Kalsium ... mana ya botol kalsium. Ah, ini dia. Huruf pertamanya sama, pasti ini dia. Seberapa banyak yang dicampur ya? Bikin yang banyak lah, soalnya aku butuh banyak larutan kalsium hidroksida. Ambil yang banyak lalu dicampur dengan air. Terus nanti kalau bereaksi dengan karbon dioksida, larutan kalsium hidroksidanya akan berubah jadi keruh.

Ah gampang, nilai kimiaku pasti A nanti.

18 comments:

  1. Huruf pertamanya sama maksudnya K? Kalsium kan Ca kalo K itu potassium, potassium kalo bereaksi sama air bisa menimbulkan ledakan, kalo gak salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. OFFICIAL ANSWER: INI PASTI KIMIANYA DAPAT A! yup bener banget, K (kalium), Na (Natrium), Li (Litium) dll yg di tabel periodik termasuk golongan 1A logam alkali (apaan sih) bakalan bereaksi hebat sama air alias meledak. liat aja videonya di youtube banyak kok, seru2 lagi hehe

      Delete
    2. yaelah itu pelajaran kimia kelas X kali

      Delete
    3. Wahaha bang dave kalah pinter :v #plakk

      Delete
  2. apa jadinya K (kalium/Potassium) + Air (h2o)???

    ReplyDelete
  3. Loh tunggu....
    Huruf pertama kalsium kan K, berarti botol kalsium itu ada huruf K.
    Kalsium kan simbol kimianya Ca. K itu simbolnya Kalium. Air bakal bereaksi sangat hebat dengan Kalium. Kalau dicampurin banyak-banyak, jadinya.......BOOM! Meledug deh...

    ReplyDelete
  4. Kalsium kan Ca ya, tapi tadi dia ngambil yg huruf depannya sama, K (Kalium) mungkin?? kalo kalium campur air apa yang terjadi ya? meledak kayaknya....

    ReplyDelete
  5. salah masukin larutan dan bakal meledak *Dor*(?). Kalsium itu notasinya Ca bukan K jd yg dia masukin itu pasti K (kalium). Pencampuran kalium sama air itu sangat berbahaya krn bakal ngehasilin dan nyemburin api hidrogen. Bukan dpt nilai A dia malah jd manusia panggang xD

    ReplyDelete
  6. kalsium itu dalam bahasa kimianya Ca, kalo K itu itu kalium. Entah apa yang bakal terjadi tapi perasaan gue gaenak nih ;v -B.O

    ReplyDelete
  7. Kalau dibilang huruf pertamanya sama, dia salah ambil. Bukannya Kalsium (Ca), tapi Kalium (K)
    -Dyn

    ReplyDelete
  8. "Kalsium ... mana ya botol kalsium. Ah, ini dia. Huruf pertamanya sama, pasti ini dia."

    Salah ambil botol dong karena dia bilang huruf pertamanya sama.
    Kalsium >> Ca
    Tapi dibilang huruf pertama sama jadi sebenarnya yang diambil botol dgn huruf K (Kalium bukan sih? lupa orz)

    ReplyDelete
  9. Kalsium (ca) ma karbon (c) khan sama huruf dpannya . dicampur air malah jadi larutan asam atau gas beracun

    ReplyDelete
    Replies
    1. aish C alias karbon murni tuh contohnya grafit yg biasa dipake jd isi pensil. pernah nyemplungin isi pensil ke air?

      Delete
  10. Mledug…
    Nilainya dapat A karena bukan mengetes adanya senyawa CO2, tapi membuat dan mengaktifkan bom gas hidrogen B)

    ReplyDelete
  11. Aku ips, gak pernah dapet pelajaran kimia�😂

    ReplyDelete
  12. anak ips itu mah, k dianggepnya koperasi yang menyejahterakan anggotanya makanya dimasukin biar sejahtera

    ReplyDelete