Friday, October 5, 2018

DISASTER DIARIES: 10 NEGARA PALING RENTAN GEMPA DI DUNIA



Gue menulis artikel ini setelah berita gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 lalu. Gue ikut berduka cita atas korban yang jatuh dalam bencana tersebut. Gempa tersebut (apalagi di ingatan gue masih fresh berita gempa di Lombok) membuktikan bahwa negara kita merupakan negara yang amat rentan terhadap bencana. Walaupun dianugerahi dengan keindahan alam serta keanekaragaman flora dan fauna yang mengagumkan, negara kita juga terletak di pertemuan dua lempeng benua sehingga amat rentan gempa. Ditambah lagi negara kita juga berada di wilayah Ring of Fire sehingga letusan gunung berapi juga menjadi ancaman yang mengintai kita.

Ternyata Indonesia tak sendiri. Ada banyak pula negara-negara lain yang sama rentannya dengan kita. Kebanyakan karena letak geografisnya yang kurang menguntungkan. Dan sedihnya, kebanyakan berada di Asia dimana sebagian besar merupakan negara yang masih struggle dalam urusan ekonomi. Berikut ini 10 negara paling rentan gempa dan bencana alam lain di dunia, selain Indonesia)


1.  Jepang


Mungkin kalian tidak kaget melihat negara ini di list negara paling rentan gempa. Negara ini memang dikenal rapuh dan menjadi langganan gempa karena letaknya di Ring of Fire. Yang terbaru (sekaligus paling mematikan) adalah gempa Tohoku pada 2011 yang diikuti tsunami setinggi hingga 40 meter dan bencana nuklir di PLTN Fukushima. Namun keuletan warganya menjadikan Jepang terus bertahan walaupun berbagai bencana terus menderanya dan itu yang bikin gue salut.

2. Nepal


Nepal, negara kecil di Asia Selatan ini juga merupakan salah satu negara yang paling sering diguncang gempa. Terakhir, gempa pada 2015 menewaskan hampir 9 ribu orang. Mengingat letaknya yang berada di  Himalaya (bahkan, secara geografis Mount Everest terletak di wilayah Nepal), tak mengherankan mengapa wilayah ini amat sering diguncang gempa. Menurut teori "Continental Drift" atau "Pergerakan Benua", India sebenarnya adalah benua tersendiri yang terus bergerak ke arah Benua Asia.  Akibat dari tekanan dua benua ini adalah munculnya Pegunungan Himalaya yang terus meninggi. Tak hanya itu. Pertemuan lempeng dua benua juga menyebabkan gempa.

3. India



Tak seluruh wilayah India rentan terhadap gempa. Hanya wilayah utara yang berbatasan dengan Kashmir merupakan wilayah rentan gempa sebab merupakan pertemuan lempeng anak benua India dengan lempeng Eurasia. Namun bukan berarti India aman, sebab India tetap rentan terhadap berbagai macam bencana alam lainnya, seperti banjir, kekeringan, hingga badai siklon.

4. Tiongkok



Tiongkok memang bukan negara yang sering diguncang gempa. Namun sekali terjadi gempa, jumlah korban yang jatuh bisa mencapai ratusan ribu, karena banyaknya populasi di sana. Tercatat gempa dengan jumlah korban jiwa terbanyak dalam sejarah, yakni 8 ratus ribu jiwa, terjadi di Shaanxi, Tiongkok pada abad ke-17. Sama seperti India, karena luasnya Tiongkok, tak semua wilayahnya rentan terhadap gempa. Hanya wilayah barat yang memiliki kemungkinan mengalami gempa.

5. Filipina



Filipina mengalami nasib yang hampir sama dengan Indonesia, karena berada di Ring of Fire. Namun Indonesia lebih beruntung, sebab tak hanya rentan gempa dan letusan gunung berapi, Filipina juga merupakan negara yang paling sering terkena badai tropis dibanding negara lain di dunia.

6. Pakistan


Negara Asia Selatan ini terletak tepat di atas pertemuan lempeng Eurasia dan India, menyebabkannya amat rentan terkena gempa mematikan. Gempa paling dahsyat yang menimpa negara ini terjadi di Kashmir yang menewaskan hampir 80 ribu orang. Negara tetangganya yang juga rentan gempa antara lain Afghanistan dan Bangladesh. Yang lebih menyedihkan, tak hanya rentan bencana alam, negara-negara tersebut juga dikenal sebagai negara miskin yang sering dilanda konflik politik dan rawan kekerasan.

7. Meksiko


Negara-negara yang terletak di Amerika Tengah dan Utara (terutama yang berada di sisi barat benua tersebut) amat rentan gempa karena berada di Ring of Fire, yang memutar dari Asia Tenggara ke arah Jepang dan melengkung kembali ke arah Amerika Selatan, membentuk huruf U atau bentuk tapal kuda.  Tak hanya itu, Meksiko merupakan wilayah pertemuan tiga lempeng tektonik sekaligus. Tak hanya Meksiko, negara-negara tetangganya di Amerika Latin juga rentan gempa, antara lain  Guatemala, Haiti, hingga Cile.

8. Turki


Agak mengejutkan memang menemukan negara ini di list negara yang rentan gempa. Namun Turki memang secara rutin diguncang gempa, bahkan semenjak negara ini masih di bawah kekuasaan kekaisaran Romawi Timur. Pada abad ke-6, kota Antiokhia yang masih berada di wilayah kekaisaran Byzantium diguncang gempa berskala 7 Skala Richter yang menewaskan 250 ribu penduduknya. Tak heran, tak hanya secara sosiopolitik menjadi batas antara benua Eropa dan Asia, secara geologis Turki merupakan pertemuan lempeng Arabic (Asia), Eurasia, bahkan Afrika.

9. Italia


Eropa yang terkenal adem ayem pun tak luput dari gempa. Italia terkenal akan gunung-gunung berapinya. Salah satu yang paling legendaris tentu saja letusan Vesuvius yang meluluhlantakkan kota Pompeii pada masa kekaisaran Romawi kuno. Wilayah yang memiliki banyak gunung berapi biasanya berarti wilayah itu aktif secara seismik, dengan kata lain, juga sering dihantam gempa. Tak hanya Italia, negara tetangganya seperti Yunani hingga Spanyol dan Portugal  juga rentan terhadapbencana ini.  Bahkan, satu-satunya benua yang mungkin bisa dianggap aman dari gempa hanyalah Afrika.

10. Vanuatu


Negara-negara yang terletak di Samudra Pasifik, termasuk.Vanuatu, Tonga, dan Papua Nugini merupakan bagian dari Ring of Fire. Namun berbeda dengan Indonesia atau Filipina yang memiliki pulau-pulau besar, negara-negara di wilayah Oceania ini hanya berada di pulau-pulau kecil. Bisa dibayangkan kenapa resiko yang dimiliki penduduk di pulau-pulau ini jauh lebih besar jika gempa datang. Sebab letaknya yang berada di tengah laut membuatnya rentan pula terkena tsunami. Dan bisa dibayangkan, di pulau sekecil itu, tak ada tempat untuk melarikan diri dan korban jiwa yang jatuh bisa sangat banyak.

BONUS

Amerika Serikat


Gempa di AS memang jarang terdengar, namun tahukah kalian gempa terdahsyat dalam sejarah, yakni mencapai 9 Skala Richter terjadi di Alaska, AS? Untunglah gempa tersebut terjadi di wilayah terpencil sehingga tak menimbulkan korban jiwa. Selain itu, wilayah California yang terletak di pantai barat Amerika merupakan kelanjutan dari Ring of Fire. Dua kota besar di sana, yakni San Francisco dan Los Angeles amatlah rentan terhadap gempa (dan sering menjadi tema film-film Hollywood).

NB: sumber gambar wikipedia.com

9 comments:

  1. ada juga Chile, negara ini bahkan pernah mengalami gempa terdahsyat di zaman modern (9,5 Skala Richter)

    ReplyDelete
  2. BAND DEP KEMANA DIRIIMUUU ~ TIAP MINGGU KU MENUNGGU :((

    ReplyDelete
  3. Bang, nggak pos lagi ya..?

    ReplyDelete
  4. Banggg kemana ajaaa kenapa gak update lagi?? Kangennn

    ReplyDelete