Friday, October 5, 2018

REVIEW AHS SEASON 6 - ROANOKE: THE BEST AMERICAN HORROR STORY I'VE EVER SEEN (WELL, BECAUSE IT'S THE ONLY ONE I'VE SEEN SO FAR)


Jujur, gue nggak pernah liat American Horror Story (AHS). Gue aslinya nggak begitu tertarik dengan AHS, tapi begitu gue mendengar tentang “Roanoke”, yakni season ke-6-nya, gue berubah pikiran. Ada beberapa hal yang membuat gue tertarik dengan “Roanoke”. Pertama, kisah tentang koloni Amerika yang hilang itu selalu membuat gue penasaran. Gue pernah lho membuat artikel tentang Roanoke beberapa tahun lalu di blog ini. Kedua, gue dengar kalo format “Roanoke” cukup unik dan beda dengan season AHS lainnya, yakni bergenre mockumentary dan found footage. Karena itu gue memutuskan mengikuti serial ini dan hasilnya ternyata tidak mengecewakan.


Ada sih beberapa reviewer yang mengatakan bahwa season 6 ini adalah season terlemah di antara season AHS yang lain. Bahkan ada youtuber yang me-rank ketujuh season AHS dan menempatkan Roanoke ini di urutan paling bawah. Tapi tetap itu nggak membuat gue berkecil hati. gue berpikir, walaupun nanti ceritanya jelek, toh gue cocok dengan formatnya dan pastinya nggak akan membuat gue kecewa-kecewa amat. Sebagai bonus, ada dua artis favorit gue, yakni Angela Basset (yang pernah main jadi emaknya Black Panther) dan Andre Holland yang gue nikmatin banget aktingnya di “Castle Rock”.

“Roanoke” mengisahkan tentang sepasang suami istri bernama Shelby dan Matt Miller yang pindah ke sebuah rumah tua di pedalaman North Carolina. Namun rumah dan hutan di sekitarnya ternyata berhantu dan mendatangkan teror bagi keluarga tersebut. Seperti yang gue sebutkan tadi, film ini memiliki premis yang unik, yakni sebagai mockumentary, re-enactment, dan juga found footage. Paruh pertama serial ini (episode 1-5) bergaya mockumentary, dimana Matt dan Shelby menceritakan pengalaman horor yang mereka alami di depan kamera (sehingga menyerupai sebuah film dokumenter), diikuti dengan reka-adegan yang diperankan oleh aktor dan aktris yang berbeda.

Sedangkan cerita episode 6-10 dibesut dengan gaya found footage. Diceritakan, kisah dokumenter “My Roanoke Nightmare” yang mendramatisir pengalaman Matt dan Shelby sukses besar sehingga sang sutradara memutuskan membuat sekuelnya dengan mengumpulkan semua tokoh asli maupun cast yang memerankan adegan re-enactment-nya di rumah yang sudah dipasangi dengan CCTV. Tanpa mereka sadari, teror yang ada di rumah Roanoke benar-benar nyata dan baik kru maupun para artisnya menjadi korban keganasan para hantu penghuninya. Dan semua teror itu terekam dalam kamera.


Format season 6 ini emang cukup beda dan berani, ketimbang memakai format penceritaan biasa. Gue jelas nggak bisa menolak film bergenre found footage, soalnya itu adalah genre favorit gue. Dan hasilnya juga gue bilang nggak mengecewakan. Gaya penceritaan yang unik dan fresh ini membuat gue jauh dari kata bosan dan jenuh selama menyaksikan serial ini.

Dari segi cerita, serial ini juga cukup oke. Apapun yang gue cari dari sebuah cerita horor cukup terpenuhi di serial ini. Mulai dari karakter horor yang ikonik seperti dua suster pembunuh, wanita pemimpin cult yang kejam, pembunuh bertopeng babi, hingga hantu Asia yang merangkak di dinding. Namun kalo boleh gue bilang, pencampuran cerita bergenre horor ini dengan gore (dengan menampilkan keluarga Polk yang kanibal), menurut gue agak berlebihan. Tapi gue denger AHS emang sering cross-over genre seperti ini, jadi menurut gue sah-sah aja sih kalo emang gaya mereka seperti itu. Adegan bunuh-bunuhannya juga cukup memuaskan buat gue.

Banyak adegan yang sederhana tapi membuat gue merinding (salah satunya adegan di terowongan pas format serial ini udah beralih ke found footage). Sayang, adegan found footage di paruh kedua serial ini pengambilan gambarnya masih terasa seperti oleh kamera biasa, karena adanya berbagai rekaman CCTV yang menurut gue pengambilan gambarnya terlalu “sempurna”. Ada juga tambahan humor di ceritanya, seperti pas driver Uber ikut diwawancarai, yang cukup membuat gue ngakak.

Gue berpikir film ini dibuat untuk sekedar fun aja. Ceritanya sih bisa gue bilang nggak masuk akal. Well, semua film horor sih pada dasarnya nggak masuk akal. Tapi serial ini kayak semua tipe film horor yang nggak masuk akal dicampur jadi satu. Format true-crime (format yang mulai populer di Amrik, berupa wawancara dan dramatisasi sebuah kasus kriminal yang benar-benar terjadi) juga gue bilang agak melelahkan, terutama di episode-episode terakhir. Terlalu dipaksakan menurut gue.

Akhir kata, gue sama sekali nggak kecewa menonton AHS season ini. kalo ada yang bilang ini season terjelek, yah mungkin selera mereka beda ama gue, and I don’t blame them. But for me, this is the type of horror I want to see. Silakan kasi komentar tentang pendapat kalian mengenai season ini dan kalo kalian punya season favorit yang menurut kalian merupakan season AHS terbaik, jangan lupa share ya. Siapa tahu bisa jadi rekomendasi buat gue.



7 comments:

  1. SETUJUUU BAANG... ini emang jadi Season AHS fav gw no. 2 setelah Asylum, Jgn ketinggalan Season 7 nya bang, itu juga bagus

    ReplyDelete
  2. Bang gw udh nyari tentang artikel yg ngebahas koloni itu, tapi kok ga ada? Udh dihapus kah? Kalo masih ada link nya dong bang

    ReplyDelete
  3. Ahs season ranking by me :
    Coven
    Apocalipse (season taun ini)
    Freak show
    Hotel
    Asylum
    Murder house
    Cult

    Roanoke? Shit gamau nginget2 lagi apalagi scene hantu keluarga asia yg tai banget

    ReplyDelete
  4. abg harus nonton ahs cult, ini jugak season yang bikin abg sedih, takut, merinding, marah semua dah pokoknya, aku ga bakal ngasih seluruh alur ceritanya, karna dari sub judulnya udah kelihatan bakalan tentang apaan kan bang🙄

    ReplyDelete
  5. One of my favorite season deh di AHS. Pas episode awal aja gue gaberani nonton malem" masa wkwk serem abis beda banget sama season-season sebelumnya yang sampe begadang gue tonton kagak takut sama sekali. Oya Bang Dave nonton juga yang season 2, 3, sama 5 bang ada Lady Gaga noh di season 5 kece dia. Seru pula

    ReplyDelete
  6. Season di AHS yg bikin gw kebawa mimpi sampe ngigau. But,Hotel masih season favorite gw

    ReplyDelete
  7. gua baru nonton satu musim AHS : COVEN tentang penyihir dan ilmu hitam, baru aja namatin. Yeah karena gua penggemar sihir klenik perdukunan makannya gua nonton COVEN di disney plus

    ReplyDelete