Friday, October 5, 2018

FILM-FILM HOROR BERPRESTASI YANG MASUK AJANG PIALA OSCAR


Banyak yang beranggapan bahwa film horor sering dipandang sebelah mata oleh para juri Academy Awards alias Piala Oscar. Buktinya, sebagian besar film yang mendapat Piala Oscar kebanyakan adalah film drama (mungkin karena akting nangis susah kali ya). Film horor amat jarang masuk deretan bergengsi ini dan itu sudah merupakan rahasia umum. Tapi pandangan gue berbeda. Film apapun, jika berkualitas, pastilah akan dilirik oleh panitia Oscar. Menurut gue juga, film-film ini pantas mendapat nominasi Oscar, atau bahkan memenangkannya, berkat kekreatifitasannya. Berikut ini jajaran film horor yang berhasil masuk nominasi Oscar atau bahkan memenangkannya.


GET OUT


Yang terbaru, film horor yang menampilkan cast kulit hitam ini mencatat sejarah dengan mendapat empat nominasi Oscar sekaligus pada tahun 2018, mencakup Aktor Terbaik, Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Penulis Naskah Terbaik.

BLACK SWAN


Film bertema horor psikologis dengan sedikit body horror, film tentang obsesi gelap seorang penari balet ini meraih piala Oscar untuk Aktris Terbaik berkat akting apik Natalie Portman. Jangan lupakan juga nominasi Aktris Pendukung Terbaik bagi Mila Kunis.

THE EXORCIST


Mungkin dikenal sebagai film horor paling fenomenal, film tentang seorang gadis yang dirasuki roh halus ini mendapat 10 nominasi (termasuk Film Terbaik) dan memenangkan dua diantaranya.

MISERY

Film yang diadaptasi dari novel Stephen King ini menceritakan seorang novelis yang diculik penggemar obsesifnya. Atas aktingnya sebagai fans psikopat yang amat meyakinkan, Annie Wilkes (yang sering bermain di American Horror Story pula) diganjar sebagai Aktris Terbaik.

SILENCE OF THE LAMBS


Dikenal sebagai film horor paling sukses dalam sejarah Oscar, film diperankan Anthony Hopkins sebagai Hannibal Lecter, seorang pembunuh berantai yang kanibal ini menggondol tiga piala Oscar sekaligus, yakni untuk Film Terbaik, Aktor Terbaik, dan Naskah Terbaik. Film ini juga tercatat sebagai satu-satunya film horor yang mendapat hadiah Piala Oscar untuk Film Terbaik.

ROSEMARY'S BABY


Film legendaris karya Roman Polanski yang menceritakan seorang wanita yang mengandung anak iblis ini meraih dua nominasi, yakni Aktris Pendukung Terbaik dan Naskah Terbaik.

JAWS


Film karya Stephen Spielberg yang membuat kita selamanya takut akan hiu ini mendapat nominasi untuk Film Terbaik dan memenangkan Tata Suara, Editing, serta Musical Score terbaik.

THE FLY


Menceritakan tranformasi seorang ilmuwan menjadi monster separuh manusia separuh lalat, tak heran jika film body horror ini memenangkan piala Oscar untuk Make Up Terbaik. Film ini juga mempopulerkan sutradaranya, David Cronenberg dan aktor utamanya, Jeff Goldblum.

DR JEKYLL AND MR HYDE


Film hitam putih ini mencetak sejarah sebagai film horor pertama yang memenangkan piala Oscar. Selain memenangkan kategori Aktor Terbaik, film ini juga dinominasikan untuk Sinematografi Terbaik dan Naskah Adaptasi Terbaik

AN AMERICAN WEREWOLF IN LONDON


Ketika dirilis pertama kali pada 1981, film ini langsung mencetak sejarah berkat adegan transformasi manusia serigala yang sulit dilupakan pada masanya. Adegan itu amat berkesan hingga panitia Academy Award merasa perlu menciptakan satu kategori baru yang pada masa itu belum ada, yakni Make Up Terbaik. Tak perlu diragukan lagi, film ini langsung menyabetnya.

THE OMEN


Film tentang bocah iblis bernama Damien ini memang tak sepopuler The Exorcist. Namun dalam hal musik, film ini jagonya dalam membuat penontonnya merinding. Tak heran film ini menyabet Musical Score Terbaik dan dinominasikan untuk Lagu Soundtrack Terbaik.

ALIEN



Film hybrid science fiction dan horor ini  memang legendaris. Menceritakan kru kapal angkasa luar yang diteror alien parasit, film ini memenangkan Oscar untuk Visual Effect Terbaik.

ALIENS


Film ini mungkin merupakan satu dari sedikit sekuel yang lebih sukses dan dianggap lebih berkualitas ketimbang pendahulunya. Buktinya, Sigourney Weaver meraih nominasi sebagai Aktris Terbaik atas aktingnya di film ini.

THE GIRL WITH THE DRAGON TATTOO


Mungkin tak banyak yang setuju jika gue memasukkan film ini ke kategori horor. Tapi film bertema kriminal ini juga menarik bagi gue yang penggemar horor, jadi nggak salah gue masukkan di sini. Memenangkan Editing Terbaik, film ini juga dinominasikan untuk Aktis Terbaik dan Sinematografi Terbaik.

CARRIE


Film horor yang diangkat dari novel Stephen King ini lebih diakui karena kemampuan akting para pemerannya. Tak heran, film tentang seorang gadis dengan kekuatan telekinesis yang membantai teman-temannya saat prom night ini diganjar dengan nominasi Aktris Utama Terbaik dan Aktris Pemeran Pembantu Terbaik.

PSYCHO


Film horor legendaris tentang Norman Bates dengan adegan ikoniknya yang melibatkan kematian salah satu korbannya di balik tirai shower ini juga dihargai dengan nominasi sutradara terbaik untuk Alfred Hitchcock. Selain itu, film ini juga mendapat nominasi lain untuk Sinematografi Terbaik dan
Aktris Pembantu Terbaik.

KWAIDAN


Film horor antologi Jepang ini juga secara mengejutkan mendapat nominasi untuk Film Asing Terbaik di ajang Oscar tahun 1965. Wah, wajib nonton nih.

AMYTIVILLE HORROR


Musical Score film horor emang sering mendapat perhatian para juri Academy Award karena harus kreatif dalam mendatangkan rasa ngeri bagi audiensnya. Tak heran, film tentang keluarga yang diteror di sebuah rumah berhantu ini juga mendapat nominasi untuk Musical Score terbaik.

POLTERGEIST


Film besutan Stephen Spielberg tentang hantu yang meneror sebuah keluarga ini mendapat tiga nominasi Oscar sekaligus, yakni Visual Effect, Tata Suara, dan Original Score Terbaik.

BRAM STOKER'S DRACULA


Kekreativitasan tim belakang layar film ini membuat film ini diganjar dengan 3 piala Oscar untuk Kostum, Tata Suara, dam Make Up Terbaik.

THE SIXTH SENSE


Salah satu film favorit gue di list ini, film yang terkenal berkat plot twistnya ini mendapat 5 nominasi Oscar, diantaranya Sutradara Terbaik untuk M Night Shyamalan dan Aktor Terbaik untuk bintang cilik yang terkenal berkat dialognya, "I See Dead People", yakni Haley Joel Osmont.

PAN'S LABYRINTH


Film favorit gue ini (termasuk sutradaranya juga favorit gue banget) ini mendapat 5 nominasi Oscar, salah satunya sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik. Film ini "memplesetkan" dongeng ala fairy tale menjadi lebih gelap, kejam, dan kelam. Kudos buat Guilermo del Toro atas karyanya yang jenius ini!

sumber gambar: imdb.com dan wikipedia.com

2 comments:

  1. Daave, annie wilkes itu real life nya namanya kathy bates

    ReplyDelete
  2. Ya saya juga penggemar karya2 nya Guilermo del Toro.
    Anyway 'Crimson Peak' cuma masuk nominasi kah? padahal bagus menurut saya

    ReplyDelete