Tuesday, September 3, 2019

9 ADEGAN JUMPSCARE PALING NGAGETIN (MENURUT GUE)



Menurut kalian, apa sih yang membuat sebuah film horor jadi bagus? Apakah jalan ceritanya yang penuh plot twist, tokoh antagonisnya yang menyeramkan, atmosfer dan setting yang “creepy”, adegan gore yang brutal, atau malah keberadaan Scream Queen yang sexy? Kalo menurut gue sih, salah satu faktor yang menentukan (apalagi untuk film horor zaman now) adalah adanya “jumpscare” yang kreatif dan efektif. Yap, mungkin banyak di antara kalian yang nggak setuju karena mungkin kalian menganggap jumpscare adalah cara murahan untuk menakuti penonton.

Gue pernah membaca salah satu kritikus mengatakan bahwa jumpscare di film horor itu seperti “menggelitiki penonton di film komedi agar mereka ketawa”. Emang ada dua jenis jumpscare, yakni jumpscare “murahan” yang cuman ngandalin penampakan yang tiba-tiba disertai musik yang amat keras hingga penonton kaget. Tapi ada pula jenis kedua, yakni jumpscare “kreatif” yang mengandalkan “built in” yang amat perlahan (dan kadang-kadang jenius) untuk mengalihkan perhatian pemirsanya sehingga mereka nggak bisa menebak kapan jumpscare akan muncul. Nah, untuk jumpscare jenis kedua ini gue benar-benar setuju. Bahkan, gue akan puas menonton sebuah film jika dalam satu film itu aja ada satu jumpscare yang bener-bener kreatif dan nggak disangka-sangka.

Berikut ini gue akan membahas 9 jumpscare favorit gue, disertai videonya tentu saja. Jika kalian berani, silakan tonton. Nah siap-siap aja ya jantungan, gue akan mulai!


1. Tale of Two Sisters



Asia memang pernah jadi gudangnya film horor-horor yang bener-bener bikin takut setengah mati, walaupun sekarang industri horor udah dipegang lagi ama Hollywood. Film horor Korea ini gue ingat sebagai salah satu film horor terapik pada masanya dan juga nggak karuan kreatifnya. Jumpscare ini akan menampilkan sosok sang ibu tiri dalam film ini yang dihantui penampakan di dapurnya. Built in berupa suasana tegang ini membuat sesuatu yang simpel seperti mengambil sebuah jepit rambut dari lantai menjadi sesuatu yang amat menyeramkan.

2. Insidious



Film yang makin melambungkan nama James Wan menjadi salah satu sutradara kaliber Hollywood ini menampilkan salah satu jumpscare yang nggak bisa gue lupain. Penampakan Red Demon di film ini (walaupun banyak yang bilang make up-nya terlalu mirip Darth Maul) amat tidak terduga. Apalagi built in-nya berupa narasi menakutkan yang dibawakan oleh karakter sang ibu mertua.

3. The Conjuring


Film yang mengawali Conjuring Universe ini (yang disebut-sebut sebagai universe pertama dan satu-satunya yang mampu sukses pasca-MCU) ini juga dikenal karena jumpscare-jumpscarenya. Walaupun premisnya udah sering digarap film-film lain (yakni tentang keluarga yang diteror di rumah berhantu), tapi tetap adegan-adegan kreatif dan menegangkan di film ini membuatnya meraup banyak profit. Salah satu jumpscare yang terkenal adalah adegan saat sang karakter ibu tengah menjelajahi ruang bawah berhantu.


4. The Nun



Walaupun dibenci oleh kritikus, tetap saja “The Nun” tetap menjadi entry Conjuring Universe paling laris. Trailer film yang menceritakan sepak terjang iblis Valak menyamar dalam bentuk suster ini udah membocorkan salah satu jumpscare paling jeniusnya. Dalam scene ini, aktris Taissa Farmiga menjelajahisebuah biara kuno dan berhadapan langsung dengan sang Valak. Arah darimana jumpscare-nya keluar emang nggak terduga!

5. Insidious Chapter 4



Banyak yang bilang seri keempat dari franchise Insidious ini kurang serem, bahkan setannya terlihat konyol. Tapi buat yang udah menontonnya pasti nggak bisa ngelupain jumpscare cerdas saat sosok paranormal Elise memeriksa tas-tas milik seorang pembunuh berantai. Scene ini dijamin bakal bikin kalian kaget!

6. Annabelle Comes Home



Sekuel terbaru Annabelle ini bisa gue bilang paling seru di antara triloginya karena nggak hanya menampilkan boneka menyeramkan itu saja, melainkan juga “krono-kroninya” berupa hantu-hantu yang selama ini disekap oleh Keluarga Warren. Salah satu jumpscare paling efektif di film ini adalah saat Mary Ellen diteror oleh sosok The Ferryman. Scene ini bakal membuat kalian paranoid dengan suara duit receh jatuh hehehe.

7. The Descent



Jauh sebelum film bergenre found footage menjadi trend, ada satu film yang dengan kreatifnya memanfaatkan kamera night vision sebagai sarana untuk nampilin jumpscare yang ampuh. Film ini menceritakan sekelompok cewek yang terjebak di gua dan berhadapan dengan monster penghuninya. Pertemuan pertama mereka dengan sang monster diawali dengan jumpscare yang efektif ini.

8. Conjuring 2



Jarang ada sekuel horor yang sama seremnya ketimbang pendahulunya, namun film ini adalah pengecualian. Menceritakan kiprah Keluarga Warren dalam mengusir hantu yang meneror sebuah keluarga di rumah mereka sendiri, film ini menjadi debut pertama Valak. Pertemuan yang intens antara Lorraine Warren dengan sang Valak tersebut diceritakan dalam adegan jumpscare yang “fun” ini.

9. Insidious Chapter 3



Film ini emang bukan yang paling menakutkan di antara semua sekuel Insidious, tapi ada satu scene yang masih gue ingat sampai sekarang. Nggak hanya adegan saat tokoh utamanya, Quinn diteror sosok hantu dalam kondisi nggak berdaya (kakinya patah karena habis ditabrak mobil). Adegan ini nggak hanya mengandalkan jumpscare, namun juga rasa keputuasaan ketika sang tokoh utamanya nggak bisa berbuat apa-apa untuk mengusir sang hantu.

Nah seru-seru kan? Gimana, yang mana jumpscare favorit kalian dan silakan comment kalo ada jumpscare seru dari film lain yang kelewatan.

7 comments:

  1. menurutku ini sih bang yang serem :
    https://www.youtube.com/watch?v=zH8ynu0jRvY&gl=ID&hl=id

    The Exorcis III. film lama, tapi entah kenapa ngagetin. bahkan jadi jumpscare paling mengerikan sepanjang sejarah (source : wikipedia)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw udah nonton dan aslinya mau gue masukin juga, tapi gue pikir2 ngagetinnya cuma gara2 suaranya aja :(

      Delete
    2. Gw setuju sih, adegan yg dirumah sakit emang bikin kaget, padahal gw udah baca spoiler di YouTube, jadi gw udah ngerasa bisa antisipasi, ternyata gw tetep kaget gila!!!

      Delete
  2. Emang fix bikin kaget semua, paling pecah tuh conjuring sama insidious kalo buat gue hehe

    ReplyDelete
  3. Ah the descent, nostalgia pas masih sd...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Film The descent masih lebih ngena ke gue dari pada film2 horor sejenisnya jaman skrng... karena lokasi nya dan pembawaan nya lengkap bikin gw terganggu, di pedalaman goa tengah hutan, gelap dan sempit.... dan endingnya memuaskan sih, masih enak ditonton ber ulang ulang

      Delete
  4. No. 1

    Tetap kaget meski udah tau nebak-nebak bakal di mana Jumpscare-nya :'v

    ReplyDelete