Monday, September 16, 2019

APA YANG AKAN KALIAN LAKUKAN JIKA MENEMUKAN MAKHLUK INI DI AKUARIUMMU?


Kisah ini dibagikan oleh seorang pengguna YouTube dengan nickname “Gurutek”. Ia menceritakan pengalamannya yang direkam 7 tahun lalu. Ia adalah penggila akuarium dan memiliki akuarium air laut di rumahnya. Secara misterius, koloni koralnya di dalam akuarium menghilang secara berurutan. Karena penasaran, iapun begadang semalaman untuk mencari tahu siapa “pelakunya”. Akhirnya, suatu malam, ia melihat sesuatu mengerikan menyelinap keluar dari bebatuan karang yang diletakkan di dalam akuarium sebagai display dan menemukan makhluk ini.



Hewan mirip kelabang raksasa itu sebenarnya adalah sejenis cacing laut yang disebut “Bristle Worm” atau ada yang menyebutnya sebagai “Bobbit Worm”. Nama latinnya adalah Eunice. Ternyata sang pemilik akuarium ini baru menyadarinya setelah cacing itu bersembunyi selama 2 tahun tanpa sepengetahuannya.

Dan panjangnya sekitar 1,2 meter!

Mungkin kalian berpikir, darimana cacing segede ini bisa masuk dan masak iya nggak ketahuan selama itu? Cacing ini mungkin masuk dengan cara bersembunyi di dalam koral (batu karang) dalam kondisi masih kecil atau berupa larva. Kemudian cacing ini tumbuh besar dengan memakan berbagai bagian akuarium selama bertahun-tahun. Dan jangan salah, hewan ini pandai bersembunyi. Ia hanya keluar pada saat malam dimana tak ada yang menyadarinya.

Sang pemilik akhirnya membiarkannya selama setahun di akuarium (mungkin nggak berani ambil juga ya, gue juga males hahaha). Dan selama setahun itu, makhluk itu hanya menampakkan diri selama 3 kali, ini membuktikan betapa lihainya dia bsersembunyi. Gue sama sekali nggak tahu bagaimana nasib cacing ini (atau pemiliknya) karena tidak dijelaskan di deskripsi video. Namun tenyata ini bukan yang kali pertama terjadi.

Sebuah wahana akuarium di Australia bernama Maidenhead Aquatics juga mengalami hal yang sama. Perlu diingat, ini adalah akuarium komersil dengan staf-staf yang ahli dalam bidang kelautan, tapi ternyata mereka juga bisa kecolongan. Mereka menemukan makhluk ini saat “maintenance” dan yang lebih mengerikan, cacing ini bisa “patah” di tiga bagian. Masing-masing bagiannya kemudian menjadi individu baru! Yikes!!!


Tapi kali ini si pemilik akuarium mungkin malah senang ya dapat atraksi baru. Gimana dengan kalian? Apa reaksi kalian kalo nemu beginian di akuarium? Oya, sebagai tambahan, masyarakat Maluku memakan hewan sejenis ini lho, dikenal dengan nama cacing wawo dan palolo. Tapi spesies yang berbeda ya, bukan yang kayak lipan ini hehehe.




9 comments:

  1. pelajaran geografi malah nemu ginian kak kak

    ReplyDelete
  2. Cacingnya lucu, apalagi saat menangkap mangsanya. Aku jadi pengen pelihara.

    ReplyDelete
  3. Ga kebayang kalo tiba2 tuh cacing keluar dari aquarium

    ReplyDelete
  4. Itu di jawa namanya cacing lur biasanya buat umpan pancing. Harga sekilonya 60k. Cara nyarinya harus dipancing pake semacam cairan biar palanya nongol terus ditarik. Dan narik cacing ini ga gampang, kuat banget, licin, dan kalo kita berlebihan nariknya bakal mudah putus.

    ReplyDelete
  5. oalah, ini si cacing bobbit yang dari john wayne bobbit itu ya bang?

    ReplyDelete
  6. Apakah berhubungan dgn keluarga Bobbitt di postingan kasus kriminal paling Absurd? Cz melibatkan cacing wkwkw


    *Entah Kwak apa Kwak yang Kwak merasukiku kwak

    ReplyDelete
  7. Dih mendadak merinding gw. Mendingan nyewa orang dah buat ngusir tuh makhluk kalo masuk aquarium gw.

    ReplyDelete