Friday, November 13, 2015

BLESSING IN DISGUISE: 10 MENARA MIRING PALING [TIDAK] TERKENAL DI DUNIA

 

italy-leaning-tower-of-pisa

Sebutkan menara miring paling terkenal di dunia! Pasti kalian langsung menjawab Menara Pisa di Italia. Nah sekarang sebutkan menara miring yang lainnya, pasti kalian terdiam. Emang ada? Eh, jangan salah guys. Ada banyak lho menara miring di berbagai belahan dunia. Yah namanya juga manusia, pasti berbuat kesalahan. Entah karena kesalahan konstruksi atau karena kehendak alam, menara-menara ini jadinya malah terkenal karena sifat uniknya. Berikut ini 10 menara miring yang berhasil gue kompilasi dari berbagai penjuru dunia.

1. Tiger Hill Pagoda (Suzhou, Tiongkok)

cloud-rock-leaning-pagoda

Pagoda miring mungkin tak terbayangkan, namun benar-benar ada kok. Pagoda berhama keren “Tiger Hill Pagoda” atau oleh warga setempat disebut “Yunyan Pagoda” dan “Huqiu Tower” merupakan pagoda yang terletak di kota Suzhou di Provinsi Jiangsu, Tiongkok tenggara. Dijuluki “Menara Miring China”, pagoda ini didirikan tahun 907 M oleh Dinasti Wuyue dan akhirnya selesai pada 961 M pada masa Dinasti Song. Pagoda seringgi 47 m ini memiliki 7 lantai berbentuk oktagonal dan selama lebih dari seribu tahun akhirnya menyerah pada kekuatan alam. Karena retaknya dua pilar penyangganya, menara dari batu bata seberat 7 ribu ton ini miring sebesar 3 derajat.

Ini adalah pagoda miring lainnya dari Tiongkok, sayang gue nggak tau namanya. Tapi keren ya?

Wanshou _Temple_Tower1_3fc8d

2. Menara Gereja Our Dear Ladies (Bad Frankenhausen, Jerman)

Roofless-church-and-leaning-tower

Menara dengan kubah berciri khas Jerman ini merupakan menara lonceng sebuah gereja buatan abad ke-14. Gereja ini tak lagi dipakai karena umurnya yang terlalu tua dan menaranya yang semakin miring dan dianggap membahayakan umat sejak longsor tahun 1908. Menara ini kemiringannya bahkan melebihi Menara Pisa dan pernah hampir dirubuhkan. Namun untunglah rencana tersebut digagalkan para pecinta sejarah di kota tersebut.

xgw4fhq542irhxcf

3. Menara Garisenda (Bologna, Italy)

photo-19-05-13-13-08-44 twotowers

Dua menara ini, salah satunya miring, merupakan simbol dan landmark tak terlupakan dari kota Bologna. Menara yang tinggi disebut Asinelli dan yang lebih pendek disebut Garisenda. Kedua nama tersebut beraal dari nama keluarga yang mendanai pembangunan menara-menara tersebut antara tahun 1109-1119. Menara miring Garisenda sendiri karena kemiringannya, tingginya sekarang menjadi 48 m. Padahal aslinya, tinggi menara ini adalah 60 m. Menara ini terkenal di penjuru Italia dan pernah disebutkan dalam nnovel terkenal “Divine Comedy” karya Dante.

4. Menara Gereja San Giorgio, San Martino, dan Santo Stefano (Venesia, Italia)

SAN GIORGIO   san-martino-burano-b

Campanile_of_Santo_Stefano_(Venice)

Nggak tau ya kenapa ada begitu banyak menara miring di venesia. Mungkin karena Venesia merupakan “kota terapung” yang selalu direndam air sehingga kekuatan tanahnya tak begitu besar. Ah entahlah, yang pasti, kemiringan menara-menara gereja bergaya Romanesque dan Baoque dari abad ke-15 dan ke-16 ini tak mengurangi keindahan kota Venesia, namun malah menambah keunikannya.

5. Menara Oude Kerk (Delft, Belanda)

450px-Oude_Kerk_Delft_2

Meara gereja yang bernama asli St. Bartholomew’s Church ini miring karena fondasinya yang tidak kuat menahan menara dan keselurugan gereja. Apalagi ditambah lagi menara yang dibangun pada abad ke-14 ini menyangga sebuah bel raksasa seberat 9 ton. Namun nggak kebayang ya keindahan menara gereja ini dilihat dari kanal-kanal yang membelah kota Belanda ini ... so romantic!

6. Soyembika Tower (Kazan, Rusia)

450px-Kazan_Kremlin_Suyumbika_tower

Mungkin dikenal sebagai menara miring paling terkenal di Rusia, menara ini juga dikenal dengan sebutan “Khan’s Mosque”, munkin karena Kazan hingga kini masih merupakan kota dengan mayoritas penduduk Muslim terbesar di Rusia. Menurut legenda, menara yang dibangun pada and ke-16, menara ini miring akibat sang ratu Kazan saat itu, Soyembika, lebih memilih bunuh diri katimbang ditangkap oleh pasukan Kaisar Ivan The Terribel yang menyerbu kota Kazan.

7. Albert Memorial Tower (Belfast, Irlandia Utara)

3

Menara jam ini memang tak seterkenal Big Ben, namun unik ya melihat menara jam yang miring seperti ini. Menara jam yang dibangun pada 1865 ini miing karena dibangun di atas rawa yang merupakan lahan reklamasi di sepanjang sungai. Karena terus miring, berbagai dekorasi seperti lonceng dan patung Pangeran Albert di puncak menara ini terpaksa dipindahkan.

8. Menara Miring Wanaka (Wanaka, Selandia Baru)

164aae408e5b8a7

Kalau sejak tadi kita membahas menara-menara yang memang miring karena kekuatan alam, sekarang kita akan membahas menara-menara yang memang sengaja dibuat miring. Menara Miring Wanaka (jangan salah sebut ya jadi Wandaka, itu mah kota fiktifnya dunia Marvel) merupakan salah satu atraksi di Puzzling World, sebuah taman bermain yang penuh dengan wahana puzzle 3D dan ilusi optik yang dijamin bikin kita puyeng. Keseluruhan menara jam ini dibuat miring hingga 53 derajat dan ada replikanya di Tiongkok yang tak terlalu seekstrim menara aslinya.

a-leaning-tower-1-450x698

9. Gate of Europe (Madrid, Spanyol)

TorresKIO_pillin

Dua gedung yang sengaja dirancang miring ini memiliki tinggi 114 m dan terdiri atas 26 lantai. Menara kembar ini dibangun antara 1989 hingga 1996 serta dirancang oleh duo arsitek Amerika, Phillip Johnson dan John Burgee. Dengan kemiringan 15 derajat, gedung ini merupakan pencakar langit miring pertama di dunia.

10. Capital Gate (Abu Dhabi, Uni Emirat Arab)

800px-Capital_Gate

Jika ditanya, menara apa yang paling “miring” di dunia, maka pencakar langit di Timur Tengah inilah jawabannya, bahkan sudah ditahbiskan oleh Guinness Book of Record. Kemiringan gedung ini mencapai 18 derajat atau empat kali lebih miring ketimbang Menara Pisa. Menara yang seelsai dibangun pada 2011 ini kini hotel berbintang 5. Bentuknya konon terinspirasi oleh oleh badai pasir yang memang sering terjadi di gurun yang menyelimuti di sekitarnya.

BONUS:

Gereja Saint Mary and All Saints (Chesterfield, UK)

CHESTERFIELD

Gereja paroki ini mungkin tak terkenal jika bukan karena spire (atap menara yang meruncing)-nya yang miring hingga berbentuk seperti spirral. Gereja yang dibangun pada abad ke-14 ini tak hanya memuntir 45 derajat, namun juga miring hingga 2,9 m dari pusatnya. Kemiringan puncak menara gereja ini disebabkan karena kurang mahirnya para tukang bangunan yang membuat gereja ini. Tak heran, wabah Black Death yang hampir menyapu separuh populasi Eropa baru berlalu 12 tahun pada saat pembangunan gereja ini dan Eropa baru saja pulih dari bencana mematikan tersebut. penelitian modern membuktikan bahwa memuntirnya puncak menara ini disebabkan karena timah yang digunakan untuk melapisi spire ini memuai secara tak rata pada siang hari.

Nah, demikianlah 10 menara miring yang pastinya kalian kenal setelah membaca postingan ini. Well yang bisa gue pelajar dari membuat postingan ini, miringnya menara-menara ini yang mungkin dianggap bencana saat itu tidak membuat menara-menara ini memiliki kekurangan, namun justru bisa dianggap kelebihan karena memberinya fitur unik yang menjadikannya objek wisata yang menarik. Setuju?

No comments:

Post a Comment