Friday, November 13, 2015

REVIEW PALING MENGERIKAN: 10 MANGA PENDEK KARYA JUNJI ITO YANG AKAN MEMBUATMU TRAUMA

  JUNJI ITO

*Aaaaaaak apa itu aaaaakkk???*

Manga-manga Junji Ito memang dikenal sebagai masterpiece horor. Jika kalian baru mengenal "Enigma of Amigara Fault", "Tomie", dan "Uzumaki", maka kalian baru melihat sedikit dari karya-karya Junji Ito yang terkenal twisted itu. Gue mengagumi karya-karya Junji Ito bukan hanya karena gambarnya yang sangat “horor” dan menimbulkan mimpi buruk saja, namun karena jalan ceritanya yang unik *kok bisa kepikiran ya punya ide bikin kayak gini* dan beberapa memiliki plot twist yang worth it buat dibaca.

Buat kalian penggemar horor dan punya nyali gede *serta perut kuat* silakan aja klik link-link di bawah ini untuk membaca karya-karya pendek karya Junji Ito yang tak banyak dikenal ini. Dijamin beberapa akan mengaduk-aduk perut kalian dan jangan salahkan gue ya kalo kalian jadi nggak doyan makan gara-gara bacanya.

Silakan dinikmati :D

1. Dissection Girl

Menceritakan seorang gadis yang terobsesi untuk diiris. Seorang dokter muda harus menghindar dari gadis sakit jiwa ini sembari mengingat masa lalunya yang mengerikan. Endingnya bener-bener nggak terduga dan langsung membuat segala yang terjadi sepanjang cerita ini jadi masuk akal.

Warning: novel ini cukup graphic dalam menggambarkan nudity, tapi jangan khawatir, nggak ada yang sifatnya sexual di sini.

2. Lingering Farewell

Seorang gadis menikah dengan pemuda dari keluarga kaya, di bawah tentangan keluarga besarnya. Namun gadis itu akan segera menguak rahasia menakutkan tentang ritual yang dilakukan keluarga tersebut.

Berbeda dengan karya Junji Ito yang lain yang mengandalkan gambar-gambar mengerikan, cerita ini lebih mengandalkan endingnya yang cukup buat gue menganga.

3. Tomio – Red Turtleneck

Seorang pemuda meminta tolong pada mantan kekasihnya sambil terus memegangi kepalanya karena percaya hal mengerikan akan segera terjadi kepadanya.

Dari awal kita kayaknya udah tahu apa yang bakal terjadi dengan si tokoh utama. No suprises in here tapi ceritanya cukup menarik untuk diikuti (dan kreatif juga, gimana ya Junji Ito kepikiran bikin tema kayak gini)

Warning: silakan baca baik-baik judulnya ya, ini Tomio bukan Tomie *gue juga salah sangka pas baca, kirain salah satu ceritanya Tomie*

4. The Human Chair

Menceritakan seorang novelis wanita yang mendapatkan inspirasinya ketika duduk di sebuah kursi tua. Ia kemudian menyadari rahasia mengerikan di balik semua inspirasinya tersebut.

Cukup bisa ditebak jalan ceritanya ketika kalian membaca halaman-halaman awal, namun endingnya cukup mengejutkan. Ide ceritanya juga sangat kreatif.

5. The Thing That Drift Ashore

Kisah ini menceritakan makhluk misterius nan mengerikan yang terdampar di pantai serta kenyataan mengerikan yang ada di dalam tubuhnya.

Ide ceritanya amat original dan mengangkat thalassophobia, yakni ketakutan alami manusia pada lautan yang luas dan dalam serta penghuninya. Gambarnya juga ... ugh, creating nightmares! Well done, Ito ... well done ....

6. Army of One

Gelombang pembunuhan yang aneh melanda kota. Tak ada siapapun yang aman dari kematian mengerikan yang menanti mereka.

Gue peringatin, mungkin inilah karya Junji Ito paling disturbing, apalagi gambar-gambarnya sangat graphic. Think twice before you read it. Endingnya juga cukup twist menurut gue.

7. In The Soil

Sebuah reuni yang mengantar sahabat lama saling bertemu kembali ternyata juga mengantar mereka kepada kenyataan yang mengejutkan, mengerikan, serta supranatural yang terjadi pada salah satu teman sekelas mereka.

Ceritanya cukup aman, nggak ada gambar mengerikan atau menjijikkan, namun endingnya cukup mengagetkan.

8. Nanakase Kyokumi

Seorang gadis muda menjadi fans seorang penulis eksentrik. Ketika ia diundang ke rumah sang penulis, ia tak sadar mimpi buruknya baru saja dimulai

Jalan ceritanya sangat “psikopat” dan gambar pada adegan klimaksnya bener-bener bikin gue kaget.

9. Whispering Woman

Seorang gadis menderita penyakit aneh yang membuatnya kebingungan dalam memutuskan segala sesuatu. Seorang gadis lain menolongnya dengan membisikkan perintah-perintah baginya sepanjang hari.

Nggak ada yang mengerikan dari segi gambar. Gue sempat mikir “Ah, ceritanya gampang ditebak” tapi setelah liat endingnya, gue tarik lagi perkataan gue haha.

10. The Licking Woman

Cerita ini gue taruh di pamungkas karena inilah cerita paling sick, twisted, disgusting, sekaligus kreatif dari semua karya Junji Ito yang pernah gue baca. Bercerita tentang seorang wanita yang meneror kota dengan menjilat korbannya. Sangat khas Junji Ito bangeeeeet *bikin nggak doyan makan maksudnya*

21 comments:

  1. Kirain aku udh baca semua,mksh referensinya bang^^

    ReplyDelete
  2. Cerita "Nanakase Kyokumi"..serius kamu ga seperti itu kan dave?
    Trus yang Army of One kok ga bisa di buka liink nya ya..padahal jadi penasaran banget loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kaga lah. gue lebih mirip "the thing that drift ashore"

      iya chuu yg army of one emg ga gw kasi linknya soalnya ga nemu. tapi gw pernah baca dan bagus wkwkwk. kalo ga salah itu bonusnya "Hellstar Remina" jadi kalo ga nemu, cari aja komiknya junji ito yg itu

      Delete
  3. Tetep yg paling keren "Uzumaki" cuma endingnya keterlaluan -_-

    ReplyDelete
  4. Army of One: http://imgur.com/gallery/juapW

    ReplyDelete
  5. link buat baca semuanya dong

    ReplyDelete
  6. good Job Junji Ito-san
    anda bikin saya gak bisa makan sekarang

    ReplyDelete
  7. Gg bisa d translate bahasa indonesia y bg dav

    ReplyDelete
  8. Halo bang Dave, saya kembali.
    Saya baru tau kalo bang Dave pernah post tentang Junji Ito (yang saya juga suka bgt), makin cinta deh ama blog ini *digampar*

    And what's better than listing my favourite short manga by Junji Ito from me!!! Heheh. Rankingnya susah banget, karena semuanya bagus-bagus and made me think. Tapi sebelum ke best, mari kita ke worst dulu:

    Worst Shorts:
    3. Sword of the Reanimator
    Premise-nya nggak menjanjikan, jalur ceritanya jumpy (meskipun dengan ilustrasi Junji yang selalu exquisite) dan the conclusion makes no sense. Jadi dia bisa ngeluarin beam selama ini? Why bother with the Reanimator then.

    2. Nanakase Kyokumi
    At least it's... shocking? I know bang Dave ngurutin ini diatas but I never liked it. Dan yang paling saya ga ngerti adalah why this didn't work out. Ceritanya menarik, penulis gila itu karakter yang bagus, and as usual the protagonist doesn't deserve what happens to her. But as a whole? Didn't work to me.

    1. Souichi Series
    Seriously. Gak pernah suka dengan cerita2 Souichi. Ngeri kaga, lucu kaga, entah apa tujuannya. Every time I open a Junji Ito story and it turns out about Souichi, I cringe. Saya juga gak suka2 amat dengan serial Tomie (I don't find her attractive... at all), tapi setidaknya series nya readable. Souichi's on the other hand is just a huge pile of mess, crumpled together with no sense of purpose and only makes me wonder why the heck hasn't his family get rid of him. Dan biasanya saya suka dengan karakter manga yang makan paku.

    Yaoloh baru ngurutin tiga judul udah berasa panjang bgt. Saya lanjutinnya di komen berikutnya aja bang.

    ReplyDelete
  9. *lanjutan*

    Saya liat list judul2 short story dari Junji Ito dan dapet sekitar 20 judul yang paling saya suka, dan saya trim lagi jadi 10, which is hard karena semuanya favorit. Sebelum top 10, inilah 10 short lain yang harus saya "singkirkan" utk top 10: Back Alley, Blood Bubble Bushes, Brown Statue, Flesh-Colored Horror, Glyceride, Clubhouse, Maproad, Scarecrows, Street of Gravestones dan The Story of the Mysterious Tunnel

    Honorable Mention: The Enigma of Amigara Fault (sebenernya saya lupa, tapi setelah dipikir2 saya ga tau harus masukin dimana cerita yang fiddling ini. Yah, honorable mention alias nomer 11 kayaknya cukup)

    And here's the top ten:
    10. Lingering Farewell
    -> Cerita Junji-senpai yang paling saya suka adalah yang thought-provoking. Kalo bisa sih horor, tapi Lingering Farewell deserved sebuah tempat di top ten karena it's different. At times it can be eerie, but at the end it just makes you think. Dan ternyata ada juga short story Junji-senpai yang endingnya mengharukan.

    9. Headless Sculptures
    -> In short cerita ini is simply scary. Ngeliat manekin yang idup aja udah ngeri, apalagi yang ga ada kepalanya. If there's any story from Junji-senpai that requires THIS much blood dan masih bisa menyertai ending dimana mata protagonisnya hampir dicolok, then you have your choice.

    8. In the Valley of Mirror
    -> Porn alert! Adegan pasangan kekasih yang dengan asiknya ML didepan publik itu memang sickening (but in an exquisite way of course, kita ngomongin Junji Ito disini), tapi the best part is definitely ketika bayangan semua orang jadi sejelek setan, dan wajah mereka mulai pecah seperti cermin2 disekitarnya. Dan dari jauh? Hanya terlihat seperti berlian, jauh dibawah lembah.

    7. House of the Marionettes
    -> Cerita mirip Chucky, only with the doll ten times creepier, behave ten times harsher and topped with kick-ass ending. What's more to ask?

    *yah ga bisa lebih dari 4096 karakter, lanjut lagi deh*

    ReplyDelete
  10. *lanjutan lagi*

    6. Unbearable Maze
    -> Contoh lain dari kick-ass ending. Saya selalu mikir ini salah satu favorit tapi setelah baca lagi dan notice the sometimes jumpy storyline (how long were those two girls in the monk temple?) sampai sepertiga terakhir membuat cerita ini ga masuk top 5. Tapi sepertiga terakhir cerita ini is just creepy, dan endingnya literally stares at you.

    5. A Deserter in the House
    -> Kalau aspek paling mengerikan dari cerita yang endingnya including rotten hanging corpse ini ternyata adalah fakta kalo cowok itu nipu temennya selama 9 tahun tanpa capek, males, bosen ato pengen berhenti, then this deserves to be in top 5. Not even the sad death of the sister could top that.

    4. The Hanging Balloon
    -> Cerita yang creepy dari panel pertama sampe panel paling akhir ini is maybe some of the creepiest story Junji-senpai ever crafted. Dari idol yang gantung diri, cowoknya yang ikutan, sampe parade balon pembunuh bermunculan everything just made everything else creepier and creepier. Not to mention THAT ENDING, dimana saya menganga aja liat halaman terakhirnya.

    3. Splatter Film
    -> Kalo Hanging Balloon itu cerita yang bener2 creepy, maka yang ini straight up gruesome. Really, from the way everyone are splattered flat like a pancake, Junji-senpai must've had tons of fun making these. Nevermind that freaky tree with universe-long tentacle-arms in the end.

    2. Army of One
    -> Saya tau cerita-cerita Junji Ito dari salah satu situs scanlation yang punya seluruh judul. I love most of them, tapi baru setelahnya saya nemuin cerita ini, karena emang ga ada di situs itu. And boy, what did I miss. Delightfully creepy and artistically intriguing, saya ga bisa bayangin gimana kalo saya ga pernah baca cerita ini. The creepy jingle, the mystery, the military aircraft, the ending, everything is amazing. Simply amazing.

    1. Frankenstein
    -> But still, the finest Junji Ito short story in one chapter is definitely this one. Oke oke mungkin agak cheating, karena cerita ini puanjang banget, but if that makes for an eerie, thought-provoking, critics-punching retelling-with-a-twist then so be it. Kalau Uzumaki menurut saya adalah cerita Junji-senpai terbaik sejauh ini, then this one takes the cake for the short stories.

    Done! Sori bang kalo komennya panjang banget, keenakan sih reviewnya hehe. Semoga Junji-senpai cepet ngeluarin collection yang ngeri2 lagi hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo2... makasih udah ngasih list tambahan. Lumayan buat milih2 karya junji ito, soalnya nggak kuat kalo harus baca semua *karna sempet kesasar di souichi series :( nyesel

      Kalo army of one itu gimana ya? Masih nggak ngerti. Ini jadinya kayak hipnotis massal gt? Dan yg kepengaruh jd sling menjahit(?)

      Delete
    2. Baru sadar kalo ada yang nanya lagi, sori baru bales hehe, bukan saya sih yang punya blog ini.

      Army of One is FLAWLES, dan kalau Frankenstein dimasukin disana itu cheating, maka bagi saya itu short story JI terbaik yang pernah saya baca. Kalau soal pemahaman, menurut saya masih ke sendiri2 sih mau percaya gimana. Setidaknya ada empat teori yang pernah saya temui kalo diskusi tentang Army of One:

      1. Semua orang dibunuh dan dijahit oleh "makhluk" berjulukan Army of One, kebanyakan percaya mereka itu alien;
      2. Semua orang kena hipnotis massal dan menjahit diri berjamaah;
      3. Cewek terakhir yang ketahuan lagi menjahit ortu ama anjingnya itu pelaku semua pembunuhan dan penjahitan itu; dan
      4. Cowok pemeran utama yang ga keluar rumah itu punya split personality dan merupakan pelakunya.

      Sebenernya ga ngerti kenapa ada yang berteori nomor 3 dan 4, masa' satu bocah SMU bisa melakukan pembunuhan massal dalam skala gitu. Apalagi yang sampe dijahit ke pohon natal.

      Teori kedua lebih masuk kedalam dunia Junji Ito yang penuh dengan hypnosis and unexplainable behaviour, tapi tetep aja kenapa orang2 yang hadir dalam hajatan itu bisa menghilang kayak asep dan tiba2 ditemukan udah terjahit di hutan? Lalu siapa yang menyebarkan selebaran diakhir cerita? Teori pertama lebih fit kedalam context, tapi juga merupakan teori yang paling ga menjelaskan apa2, karena siapa itu Army of One ngga ketahuan, bisa alien, bisa military, dsb.

      Jadi ujungnya masih ke interpretasi masing2 haha.

      Delete
  11. souichi's diary gak masuk min? yang bocah temperamental itu loh min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang demen makan paku itu ya? ah gue ga suka bacanya, kurang greget ceritanya :p

      Delete
  12. full junji itou XD
    yah gx tw sih full ato enggak wkwkwk

    http://mangafox.me/manga/itou_junji_kyoufu_manga_collection/

    ReplyDelete
  13. Kenapa yang black paradox ga di masukin gan??

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. wah sekarang di-password-in ya? dulu pas gue bikin postingan ini belum sih. dan jujur gw ga tau passwordnya hahaha

      Delete