Friday, November 13, 2015

I LOVE HATERS: AKSI PARA HATERS DI BLOG MENGAKU BACKPACKER

 

HATER 24

Hallo guys, kembali lagi dalam postingan spesial curhat. Nah udah tau kan kalo blog ini ada sejak 2011 silam. Pastinya selama 4 taon itu banyak banget comment yang masuk ke tiap artikel blog gue. Secara blog gue semenjak artikel ini ditulis udah mencapai 11 juta page visit, pastilah nggak semua yang baca blog gue suka ama tulisan gue. Sama halnya, dari ribuan komentar yang masuk, pastilah nggak semua positif dan mensupport perkembangan blog gue. Yah emang banyak sih komentator yang isinya nyemangatin banget, namun nggak sedikit pula comment yang masuk berlandaskan kebencian, bahkan isinya makian dan kata-kata kotor.

Nggak percaya? Mungkin kalian jarang liat comment semacam itu soalnya udah gue sensor alias nggak gue publish. Tapi yakinlah, ada comment semacam itu dan gue menyebut mereka “haters”. Tapi gue malah bangga koq kalo blog gue mulai punya haters, soalnya ini jadi bukti bahwa blog gue terus berkembang dan makin banyak orang yang baca. Berikut ini gue kasih cuplikan deh aksi haters di blog gue.

NB: Sorry kali ini gue akan blak-blak-an dan nggak menyensor kata-kata umpatan yang ada di comment para haters ini soalnya biar kalian ngerasain sendiri apa yang gue setiap hari rasain dan keknya impact-nya bakal nggak kerasa kalo gue sensor kata-katanya. Terkecuali untuk comment-comment berbau SARA gue harus sensor demi menjaga kedamaian nusa dan bangsa haha. Silakan disimak.

HATERS 10 (2)

Salah satu comment yang muncul pada saat-saat awal-awal gue merintis blog ini dan bikin gue shock adalah ini. Gue pernah nulis artikel tentang perbedaan agama Kristen Protestan dan Katolik yang gue coba bikin senetral mungkin untuk tidak menyudutkan agama lain. Tapi tetap saja ada komentar bernada negatif seperti ini (yang gue block warna biru agama gue). Yang jelas, gue salut, komentar ini benar-benar berlandaskan fakta historis yang benar-benar valid dan tak terbantahkan, yakni Konsili Nicea yang (menurut dia) dilaksanakan pada tahun 1125.

KONSILI NICEA

Gara-gara insiden inilah kalo kalian liat, di postingan ini gue udah menutup kolom komentar karena gue nggak mau postingan ini cuman jadi ajang untuk mengemukakan kebencian antaragama. Gue sih menanggapinya dengan adem ayem, tapi takutnya nanti ada readers yang terpancing dan jadi panjang lebar urusannya.

HATERS 3

Lagi-lagi komentar berbau SARA (yang kotak item = agama gue). Nggak tau kenapa ada yang terlalu serius baca postingan “10 Days Dream” gue, padahal 5 menit sehabis baca (walaupun sempet deg-degan) gue langsung tau itu bo’ongan belaka. Yah, ambil positifnya aja, mungkin dia nulis kayak gini gara-gara saking takutnya ya? Berarti cara nulis gue cukup efektif hehe.

Dan terima kasih berkat comment ini (salah satu lagi sisi positifnya) gue akhirnya memutuskan menyensor semua comment yang masuk, artinya semua comment harus gue approve dulu sebelum dipublish. Efek sampingnya kalian jadi sulit banget kirim comment ke blog, tapi yakinlah semua ini demi kenyamanan kalian.

HATERS 6

Well, kali ini gue bakal ngaku kalo ini bener-bener completely my fault. My bad, soalnya gue emang asal nulis kalo bangunan mirip kuil Jepang di TPU Petamburan itu nyimpen abu jenazah tentara Jepang, padahal bukan. Tapi yah kata-kata yang digaris bawah terlalu berlebihan menurut gue. Well, gue cuman bisa mendoakan, moga-moga aja nih si komentator nggak terlalu kebawa sifat beginian di dunia nyata, ngasi label “sok tau sok pinter” ama semua orang yang berbuat kesalahan (termasuk ama bosnya), bisa berabe entar haha.

HATERS 7

Ini adalah salah satu postingan gue paling kontroversial, yakni 10 artis Korea yang oplas. Baca deh komen-komennya, lucu-lucu dan bikin ngakak. Kadang yang namanya lovers bisa sama nyakitinnya ketimbang haters.

HATERS 8

Salah satu comment paling epik dan paling membangun kalo menurut gue, soalnya sehabis baca comment ini gue emang kudu introspeksi diri. Tapi fitnahnya jahat juga ya, darimana dia tau coba gue bikin akun palsu?

HATERS 9

Ini tuh minta tolong?

HATERS 20

Ini komentar gue pas nulis tentang Stephan, ikan cupang yang gue beli di Pasar Jatinegara beberapa tahun lalu (RIP Stephan, semoga kau damai di surga sana) dan ternyata baru ketauan setelah beli kalo Stephan ternyata = cewek.

HATERS 2

Ini komentar “maksa” dari salah satu pembaca riddle. Mungkin dia kalo kenalan ama orang suka ngasi nomer telepon rumah ya. Oya btw itu bukan hasil jawaban gue sendiri kok, melainkan JAWABAN RESMI DARI SI PEMBUAT RIDDLE SENDIRI. Jadi ya kalo nggak percaya silakan saja.

Dan inilah komentar-komentar lain yang muncul di blog gue

[WARNING ADA BANYAK KATA MAKIAN DI SINI. CONTENT EXPLICIT WARNING!!!!]

HATERS 22

HATERS 1

HATERS 21

HATERS 4

HATERS 5

HATERS 19

Itu baru secupliiiik dari komentar-komentar bernada negatif yang gue dapet berdasarkan hasil pencarian di gmail gue. Sebenarnya yang lain yang belom sempet gue search juga masih banyak.

Naaaah, akhirnya kita tiba di pamungkas, yakni profil haters favorit gue: Kevin [DATA EXPUNGED]. Si Kevin [DATA EXPUNGED] ini katanya benci ama orang yang menganut primordalisme, makanya pas gue ngobrolin tentang Solo, kampung halaman gue, kayaknya dia benci banget. Di ending postingan gue tentang Yogyakarta, gue cuman nambahin "Kalo sempet silakan mampir ke kota Solo yang cuma satu jam perjalanan naek kereta". Nah gini komentar dia:

HATERS 11

haters 15

HATERS 23

Padahal dia nggak tau kali ya makna primordalisme?

009

Primordialisme itu perasaan mencintai suku asalnya dengan berlebihan. Ingat ada kata: DENGAN BERLEBIHAN. Perasaan mencintai sukunya sendiri itu menurut gue sesuatu yang lumrah. Masa iya ada yang ngomong, “Duh aku benci jadi orang Jawa” atau “Duh aku benci jadi orang Solo”. Yang ada, ketika membicarakan tentang kampung halaman mereka pada orang lain, mereka akan jadi excited. Seseorang dianggap memiliki “rasa kesukuan” yang berlebihan kalo dia mulai menganggap kalo suku lain di luar dia itu lebih rendah derajatnya ketimbang sukunya. Semisal nih gue bilang “Yogya tuh nggak lebih bagus dari Solo” [which is not] barulah kalian bisa menyebut gue sebagai antek-antek primordialisme. Mungkin bagi Kevin [DATA EXPUNGED] ini, ada penduduk Sumatra Utara yang ngomong "Wah Danau Toba tuh indah lho, masyarakatnya juga ramah-ramah" itu artinya primordialisme.

Tapi yang bikin Kevin [DATA EXPUNGED] ini jadi haters favorit gue karena ternyata dia ngikutin banget perkembangan blog gue. Buktinya dia selalu baca blog gue dan kirim comment ke berbagai postingan gue (dan seperti biasanya, nggak ada yang sedap didengar). Pastinya gue penasaran banget dong ama identitas asli Kevin [DATA EXPUNGED] ini dan gue akhirnya berhasil stalking dia.

HATERS 23 (2)

haters 13

haters 14

Hmmmm .... yang gue pelajarin dari dia adalah he really has some ANGER MANAGEMENT ISSUES. Ya elah, liat rekaman video game aja semua sumpah serapah dalam kamus bahasa Inggris keluar semua.

Dan setelah baca komentar ini, i was like ...

haters 12

*JRNG JRENG JRENG* ---> BACKSOUND OF A HUGE REVELATION 

DUDE, YOU’RE A GAY???

Karena penasaran gue stalked akun youtube Kevin [DATA EXPUNGED] dan ternyata ....

KEVIN

Yup, he’s a gay :D

But don’t worry Kevin [DATA EXPUNGED], whatever the choice you made (eventhough I’m totally againts gay marriage), I will still appreciate that. And please, if you have a boyfriend, please don’t treat him the way you treat me, ok bro? Yah walaupun komenar-komentar loe nyakitin tapi gue tetep berdoa semoga elo dapat pacar yang, ehm .... ganteng :D

Jadi KESIMPULANNYA: bagi gue, siapa sih haters? Gue mendapat banyak informasi dan pelajaran dari artikel membangun dari blog Shittylicious tentang haters (duh semoga gue bisa jadi blogger berkualitas seperti admin Shittylicious, amin!).

Di sini, misalnya aja elo emang udah berprestasi positif dan mulai disukai banyak orang. Dalam keadaan ini, berpikirlah bahwa elo udah ada di level lumayan atas gitu. Anggap lah elo sekarang berada di atas awan. Sedangkan haters itu posisinya ada di jamban. Dan mereka bakal selalu mencoba menarik perhatian lo dengan cara-cara frontal. Entah itu dari kata-kata kasar, atau fitnah.

Nah.. Stay cool dude.. Nggak usah lo masukin ati apapun kata-kata mereka. Karena kalo elo ampe kepancing emosi, elo pasti bakal nyamperin mereka. Dimana? di JAMBAN! iya.. sama aja elo turun level, dari atas awan demi nyamperin mereka di Jamban. Dan kalo elo udah sukses jatoh ke jamban, bakal susah men buat balik lagi ke awan. Itu lah tujuan utama mereka.. memancing elo untuk turun level menjadi seperti mereka. Penghuni jamban! Get it?

Problem Solving : Biarkanlah yang mengambang tetap mengambang, dan kita tetap melayang~ ;)

Conclusion :

Yup.. Yang penting ngerti aja deh tujuan haters itu apa. Mereka cuma mau nyari-nyari kesalahan elo demi menggoyahkan prestasi yang udah elo raih. Jangan kepancing! Haters itu bakal ngerasa sukses kalo kita ngerespons mereka atau kalo kita kepancing sampe-sampe kita berbuat hal yang lebih norak dari mereka. Dan mereka akan merasa gagal kalo semua perbuatan nggak enak mereka ke kita, bisa kita konversikan menjadi sesuatu yang berguna bagi kemajuan prestasi kita.

Nikmati apa yang udah elo dapetin berkat jerih payah elo. Biarin haters jalan di tempat, karena terlalu sibuk mencari kesalahan orang lain, sampe2 mereka nggak sadar bahwa mereka sudah terlalu lama stuck di level "Jamban". Dan nggak mampu membuat perubahan berarti bagi diri mereka sendiri.

Anggep aja semua kritik pedas mereka adalah kritik yang membangun. Sikapi dengan tenang. Justru karena mereka jeli dalam mencari-cari kekurangan kita dan mereka sampaikan kepada kita (meski dengan cara frontal), kita bakal jadi lebih nyadar, bagian mana dari karya atau diri kita yang harus dibenahi.. So, haters are useful crap! :p

Dan kalo elo selalu bisa stay cool dalam menghadapi segala pancingan haters, berarti elo emang punya mental juara~

So motivating, right? Gue juga banyak berintrospeksi diri dengan kehadiran para haters ini, soalnya gue jadi lebih berhati-hati, baik dalam berkata-kata, menulis, dan memberi komentar supaya nggak menyakiti hati orang lain. Amit-amit deh, jangan sampek kelakukan gue jadi kayak haters gini. . Thanks haters for the epiphany :D

Dan kata-kata mutiara yang bakal selalu gue terapin tiap kali ada haters baru bermunculan dengan komentar pedas mereka adalah ....

HAKEKAT HATERS

***

EPILOG

Tumben-tumbenan gue kasi epilog di curhatan gue ya haha. Tapi emang curhatan gue belom kelar sih. Gue cuman nambahin kalo gue pake jasa sebuah website penghitung stastistik bernama STATCOUNTER. Nah Statcounter ini membantu gue mengawasi perkembangan visitor blog gue (termasuk mereka juga yang ngiutng jumlah visitor gue per hari berapa, artikel apa yang sering dikunjungi, dll). Dari Statcounter ini gue juga baru nyadar kalo banyak banget ternyata readers gue dari luar negeri.

KL SIN

Dari negara tetangga Singapore dan Malaysia!

CALIFORNIA 

Hello Amrik!

BELGIA

Welcome, Belgia!

GERMANY ROMANIA - CopyGERMANY ROMANIA 

Wow, Jerman dan Rumania :D

HOLLAND

Yang nyasar jauh-jauh dari Belanda .... Hmmm ada Israel juga. Yah, walaupun gue lebih dukung Palestine but it’s ok, welcome to the family :D

UK

Dan dari Inggris ... wah readers setia nih haha ...

Apa sih inti dari semua ini? Bukan untuk ajang pamer-pameran lho guys, salah besar! Gue nggak tau juga apa mereka asli orang luar negeri, soalnya ada temen gue hacker kelas kakap yang bisa malsuin lokasi komputer dia. Tapi intinya adalah .... semisal kalian masih belum nangkep juga maksud gue, gue kasih clue deh. Tuh liat yang gue lingkarin?

ISRAEL

Yup, thanks to Statcounter,

GUE BISA LIAT IP ADDRESS KALIAN

33 comments:

  1. Hahahaha kereen udh punya haters segala yg sabar ya bang dave .ehh akhirnya gue bisa(niat)komen jugaa ^^*eh ngapain gue komen malem2 -_- *krikrik

    Mayu~

    ReplyDelete
  2. it's okay bang Dave..gpp,krn hidup sllu memiliki 2 sisi,ad siang&mlm..ad lahir&mati..ad lovers tentu jg ad haters.. ttep smangat ya bang Dave keren koq :)

    ReplyDelete
  3. yang namanya manusia, pasti ada aja sifat ga suka.. kadang2 orang juga bisa ga puas sama apa yang kita kerjakan.. apalagi di dunia internet ini kita bisa sepuasnya memaki-maki tanpa ngeliat langsung wajah orang yang dimaki atau sebaliknya.. tapi bagaimanapun semoga sukses ya sama blog nya.. dulu aku siders dan lupa kapan dan bagaimana bisa saya ke blog ini XD sampai-sampai alamat blog aku simpan di fav...

    sekarang tuh ada undang-undang macam hate speech gitu (duh ga ngerti sayaaa) laporin aja tuh haters biar eksis kayak artis XD *peace mas dave*

    ReplyDelete
  4. mungkin lu nganggep gw salah satu haters lu, tapi percaya deh, gw komen pedas tapi membangun. saking gue suka nya blog ini. asal lu tau gw juga komen pedas di blog cerita horror lain. bukan MBP 2nd tentunya. Blog lain bukan punya lu.

    Masa di blog itu, cerita misterinya mudah banget ditebak, ga ada twist nya sedikitpun. Kaya baca wikipedia misteri aja. membosankan. Gue dengan pedas ngeritik dia, "Coba kalo buat cerita tuh yg ada twist nya kek, biar seru, dan ga mudah ditebak. tuh contohnya blog mengaku bakcpaker, banyak cerita plot twist di situ" gue tulis langsung alamat blog ini di situ. tujuanya biar dia terpacu nampilin isi blog yg bagus juga. kan klo blogger pada bersaing menjadi berkualitas, kita juga pembaca yg diuntungkan. jadi lebih banyak konten seru disana sini.

    jangan dijutekin haters yg kek gw. udah lu dipuji di depan blogger laen, eh malah gitu balesanya. diminta info malah ngambek bales jutek. kalo semua org lu suruh googling ya buat apa ada blog ini.

    mungkin lu pengen nya di manis2in doang. tertipu ama perkataan manis, padahal mereka masa bodo dgn tulisan lu. mereka ga muji lu di depan blogger laen. mereka muji lu cuman ada maunya "lanjutin dong, cerita ini bagus. terus semangaaaat" udah gitu aja. ga ada masukan apa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha oke deh tapi ada baeknya kalo ngasi comment nggak menyakiti hati orang, walau mungkin buat elo tujuannya baek.

      gw tau koq banyak blog-blog semacam itu tapi at least yang punya udah mau berkarya bahkan sibuk2 nejemahin cerita itu jadi emang sepantasnya kalo karya dihargai, bukan cuman dikomentarin aja. ngeblog itu makan waktu lho jadi kudu punya disiplin buat bisa rutin post. bayangin aja jika elo di pihak dia, udah susah2 ngeluangin waktu bikin karya tapi dikomentarin ga enak, kira2 sakit hati nggak?

      kalo masalah googling, yakin deh, semua post yang gue jawab dengan "silakan googling sendiri" itu berarti gue nggak tau jawabannya. kalo gue tahu pasti udah gue kasih tau.

      Delete
  5. Lom terkenal klo lom ad haters bang dave...��

    ReplyDelete
  6. Ngakak berat pas bagian fansnya lee minho ,�� setauku harusnya 'nama' dulu baru 'oppa' atau 'eonni'. Jadi seharusnya Lee Minho oppa bukan sebaliknya. Ntr artinya beda loh. Disangka lee minho kakeknya kaliii ��

    Banyak haters = banyak diperhatiin = ngurangin dosa
    Stay cool bang~

    ReplyDelete
  7. Dave...lo bisa liat riwayat youtube yang gue tonton????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma riwayat video yg elu like chuuu

      Delete
  8. Waaah kevin allen, doi sahabat gue tuh. Emanh doi kalo ngomong nyelekit. Jangan dimasukin hati bung. Tapi gue laporin ah ke doi

    ReplyDelete
    Replies
    1. elu sama diandra lho yaaa yg bongkar nama aslinya. gw padahal dah sensor commentnya. salah kalian lho yaaaaa

      Delete
  9. Dave, kamu nginput si Kevin Allen itu temennya adek sepupuku loh hahaha. Dia emang judes kalo ngomong nyakitin tapi tenang hatinya baik kok #loh. Yaaah mungkin maksud haters yang kritiknya pedes adalah untuk membangun Dave supaya lebih baik lagi kedepannya dan lebih kreatif lagi, gitu loh mas #hohoho. Btw nanti kalo ketemu si Kevin saya laporin ya kalo doi disebut sebut disini hahaha. Tetap sukses mas

    ReplyDelete
  10. OMG... Apakah bang Dave adalah antek CIA yang menyamar sebagai blogger Indonesia ????
    Just Kidding :v

    ReplyDelete
  11. Misi numpang nampang wkwkwk salam knal yg blom knal. Cma sdikit(sdikit bnget malah) haters yg mang tujuan'y memberi "tamparan" agar yg di kritik bisa jd lebih baik lg. Tp nyata'y kebanyakan tu mang hobi'y mencaci maki.. Yakin deh kata2 hinaan tu bukti bukan untuk membangun tp lebih ke melecehkan.. Cma gw stuju ma bang mimin sperti apapun kritikan'y ambil dri sudut pandang yg positif ambil hikmah'y walau pun tujuan haters tu murni caci maki doank..biasa'y di dumay itu sisi gelap seseorang bisa lebih keliatan, beda ma di dunia nyata kkeliatan baik agar terlihat baik.menahan sisi jelek'y nah pas di dumay sisi jelek yg dia tahan di tumpah ruah kan tuh di situ. BIASA'Y (gak semua)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, gue yakin yg haters2 kayak gini kalo di internet aja berani (pake anonim soalnya). coba kalo ketemu beneran di dunia nyata?

      Delete
  12. Jd inti'y maksud gw tuh di dumay sifat asli seseorang bisa leebih keliatan. Bkan sifat negatif aja .. Buat coment gw di atas tu cma buat yg hobi'y mencaci maki . Sisi jelek'y yg lebih keliatan.

    ReplyDelete
  13. apa tuh ip address? (gue bukan haters :v)

    ReplyDelete
  14. Ngekek waktu baca "GUE BISA LIAT IP ADDRESS KALIAN" hehe

    ReplyDelete
  15. What? Kevin minions is gay !! haha..... gak ada haters gak rame. btw original series lu seru kok bang. gak kalah seru sama urban legend atau riddle terjemahan.

    #ini akun palsu buat muji gue *dave* sendiri XD

    ReplyDelete
  16. What the freak gay xDD best hater goes to him xD

    ReplyDelete
  17. haters gonna hate.

    ReplyDelete
  18. Buahahahahaha ngakak baca soal si gay 😂😭😭
    Btw dave, aq pun heran sm yg namanya haters. Kayanya super kurang kerjaan dan kurang iman. Huhuhu.. Drpd mengkritik org lain, mending liat dulu diri sendiri, bisa ga serajin dan seniat kmu nulis blog kaya gini, kasi bacaan buat org lain..

    ReplyDelete
  19. Serem banget kalimat terakhirnya😱

    Btw salam kenal bang dave, udah jadi silent reader dari lama dan baru sekarang komen. I appreciate both of your original series and the translated ones. Sering2 ngepost lagi ya👍 (padahal sekalinya baca postingan horrror gabisa tidur 3 malem)

    ReplyDelete
  20. sabar yah bang dave.... begitulah dumay... nyeplosnya gampang. just keep berkreasi aja bang. btw lebih banyak yang suka kok daripada yang benci :)

    ReplyDelete
  21. Wkwkwk baru baca yg ini ,ngakak

    Terus semangat bangdep , :v

    ReplyDelete
  22. Semangat terus bang! Biarkanlah haters berkarya :v
    Anyway buat IP address, masih ada VPN bang ;)

    -MemberA

    ReplyDelete
  23. Anjiiir bang dave! gue baca kalimat terakhirnya yang di bold dan di capslock berasa lagi baca riddle! lol

    ReplyDelete
  24. Saya nemu blog ini malah krna pnasaran antara Protestan dan Katolik (padahal saya Muslim)
    Wktu nanya mbah google, nemu blog ini.
    Mnurut saya dalam artikel itu, mas dave sudah bertindak (mengulas) dengan sangat wajar dan tidak memihak mana pun.
    Btw, ane udah lama gak liat nih blog, kangen artikel urban legendnya...

    ReplyDelete
  25. wkwkw, ngakak liat haters ya bg. masi ada aja yang main taltoltaltolan lewat internet ginian, tapi dianya sendiri kagak bisa berkarya.
    quotes of the day :
    "dear haters, if you were talking behind my back. thats good position to kiss my ass"

    ReplyDelete
  26. sorry telat, saya dlu pecinta mengaku backpacker soalnya emg saya suka urban legend seluruh dunia, tp mengaku backpaker sempat vakum kayanya, sempat ga update. heran kalo bawa agama dalam crita horor, ada banyak cara buat ningkatin adrenalin ky bungee jumping, dll. tp gw suka naikin adrenalin dgm crita horor. emg crita horor harus di aminin? having fun aja lah. kalo ga suka, ga usah di baca. adminnya cuma berbagi ke sesama pecinta horor.saran sih, tambahin urban legend atau pembunuhan. kalo pun sejarah atau manga ttg horor atau pembunuhan. kalo ttg agama n seni, gw skip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah justru sebaliknya, menurut gue malah aneh kalo blog yg namanya mengaku backpacker tapi isinya horor. jauh sebelum gue bikin post cerita horor ama riddle di sini, blog ini isinya ttg jalan2, arsitektur, ama agama. makanya gue mau mengembalikan image blog ini ke awalnya dg mengurangi post horror. tapi tenang aja, post ttg horror tetap bakal diupdate terus kok

      Delete