Thursday, November 12, 2015

MACABRE ART: PROFIL SUN YUAN DAN PENG YU, SENIMAN CHINA PALING KONTROVERSIAL

 

video_Sun_Yuan_et_Peng_Yu_488

Sung Yu (kelahiran 1972) dan Peng Yu (kelahiran 1974) merupakan dua seniman China paling kontroversial. Mereka berdua memenangkan Contemporary Chinese Art Award pada 2001 dan terkenal dengan karya seni modernnya yang ganjil. Mereka dikenal menggunakan bagian-bagian tubuh manusia asli hingga jenazah hewan dan manusia ke dalam karyanya.

human-oil

Beberapa karya mereka seperti:

- Patung pria renta yang menggambarkan para pemimpin dunia yang didudukkan di kursi roda listrik yang kemudian bergerak kesana-kemari hingga mereka bertabrakan.

- Patung malaikat yang menua dan mati

- Patung wanita yang tengah terbang ditarik oleh ikan pari raksasa

- Keluarga yang memiliki kepala batu, dll

sun-yuan- -peng-yu-dear-at-galerie-perrotin-designboom-21

sun-yuan- -peng-yu-dear-at-galerie-perrotin-designboom-22

yu_yuan_oldman_sg_1

Walaupun tak sedap dipandang mata, karya-karya seni mereka memiliki makna mendalam. Instalasi seni berupa pria-pria tua dalam kursi roda misalnya, sebenarnya merupakan kritik sosial untuk menggambarkan ketidakmampuan para pemimpin dunia dalam mengatasi berbagai macam permasalahan dunia. Bahkan ada karya mereka yang terinspirasi peristiwa berdarah Tiananmen di China.

yu_yuan_angel_d

7pinchuk1

Karya mereka terkenal bahkan dipamerkan di Saatchi Gallery di London. Galeri ini memang terkenal memajang karya seni modern kontemporer yang lain daripada yang lain. Tapi ingat ya, walaupun kita bebas berekspresi, tapi tetap ada batasan-batasan yang harus kita ikuti.

panagea2

IMG_5942b

Well guys, postingan ini akan mengawali serial postingan gue yang bertema “weird art” alias seni yang ganjil, masih nyerempet-nyerempet dengan tema horor dan disturbing tentunya. Setelah ini gue akan membahas lukisan karya Hieronymus Bosch, Vivian Girls, dan Codex Seraphinus.

No comments:

Post a Comment