Friday, November 13, 2015

LEGENDARY JOURNEY OF PASOPATI: MONUMEN KAPAL SELAM SURABAYA YANG PERKASA

 

MONKASEL (8)

"Under the sea ... under the sea ..." Masih ingat ama lagu Little Mermaid tersebut? Yup, kayaknya lagu itu bakalan cocok mengiringi jalan-jalan gue ke Monumen Kapal Selam. Gue sebelumnya sama sekali nggak tahu menahu ada monumen sekeren ini di Surabaya. Namun kebetulan pas gue datang ke Surabaya untuk interview gawean baru, gue dianter ama sodara gue melewati lokasi ini. Jadilah ketika gue akhirnya tiba dan berdomisili di Surabaya, objek wisata sejarah inilah yang pertama kali gue kunjungi.

Monumen Kapal Selam atau disingkat “MONKASEL” ini terletak di pusat kota Surabaya kok, tak jauh dari Jalan Pemuda dan hanya beberapa langkah dari Plaza Surabaya (atau disebutnya “Delta”). Seperti namanya, museum ini sebenarnya adalah kapal selam “Pasopati” yang pernah dimiliki Angkatan Laut Indonesia dan sekarang sudah pensiun. Penempatannya juga cukup dramatis, yakni di tepi sungai sehingga mudah terlihat dari jalan raya.

KRI Pasopati ini dibuat tahun 1952 di Rusia dan resmi berdinas di Indonesia sejak 1962. Panjangnya sekitar 76 meter dengan lebar hanya 6,30 meter. Beratnya luar biasa lho, di atas 1000 ton. Kecepatannya di atas permukaan air bisa mencapai 13,5 knot, namun di atas permukaan air bisa mencapai 18,3 knot. Terus tinggi buritan dari lunas garis air adalah 4,76 meter ...

Ekspresi readers: “Kok admin apal banget. Pasti ada papan petunjuknya yaaaa...”

Hehe tau aja ....

MONKASEL (9)

Begitu tiba di lokasi ini kalian akan langsung disambut ama ...

  MONKASEL (2)

Ekspresi readers: “Sapa Bang? Ada cosplay putri duyung yang akan bagiin pamflet atau ... atau ....”

Ada bapak satpam ama tukang jual tiket soalnya itu syarat utama masuk ke Monkasel ini hehehe

 

Ekspresi readers: slapping

Tiketnya murah kok cuman 10 ribu. Ini dia penampakan kapal selamnya, kereeeen.

MONKASEL (7)

Di sini kalian bisa masuk ke kapal selam melalui pintu yang sudah disediakan. Pintu masuknya ada di belakang sehingga kita akan langsung menemui ruang torpedo ini.

 MONKASEL (12) MONKASEL (15)

Dateng-dateng udah liat rudal begini. Coba Indonesia punya banyak kapal selam kayak gini *yang nuklir sekalian* pasti Malaysia ama Australia nggak akan berani ama kita, ya nggak?

MONKASEL (18)

Ruang berikutnya adalah ruang tidur para nahkoda di sini. Tempat tidurnya sederhana bingitz, tapi keknya nyaman, jadi pengen tiduran di situ. Tapi sayang ada tulisannya nggak boleh.

MONKASEL (22)

Ada kamar mungil khusus buat kapten.

MONKASEL (23)

Ini adalah periskopnya (yang sering kita bikin buat proyek pas SMP tuuuuh). Sayang pas gue coba liat nggak ada apa-apa haha.

MONKASEL (28) MONKASEL (32)

Ini kamar mandinya, cuman ada wastafel doang. Konon buat menyalurkan “hasrat alamiah” kita *beol maksudnya* cuman disediakan lubang di bagian lantai kapal. Hmmmm ....

MONKASEL (36)

Oya lupa bilang, di tiap ruangan cuman disediakan pintu berbentuk lingkaran begini. Lumayan ribet sih kalo mau lewat. Berasa kayak di “Enigma of Amigara Fault”-nya Junji Ito *nggak ding, lebay*

MONKASEL (38)

Sekilas kalo ngeliat bagian dalamnya yang “steampunk” banget ini, jadi keinget film absurd Jepang “Tetsuo The Iron Man”

MONKASEL (42)

MONKASEL (45)

MONKASEL (49)  MONKASEL (46)

Ini gue nggak berani macem-macem muter tuas sembarangan. Gue takutnya kalo semisal di dalem air terus tuasnya diputer, air lautnya masuk semua haha. Jadi berasa di salah satu episode Spongebob. Nggak boleh salah pencet nih, bisa-bisa kapal selamnya jalan sendiri haha.

MONKASEL (47)

Nah kalo ini konon adalah jalan keluar dari kapal selam ini. Masuk akal sih, kalo pas kapalnya muncul ke permukaan air, ya kale lewatnya pakek jalan kita masuk tadi di samping kapal. Bisa-bisa kelelep. Makanya pintunya dibuat di atas. Tapi males ah nyoba, ntar kejebak di dalem lagi haha.

MONKASEL (48)

Yaaah sayangnya tur kita abis. Cuman pendek sih kapal selamnya tapi bagian dalamnya emang keren banget. Gue nggak bisa ngerasain perasaan para nahkoda kapal ini yang ngejalanin kapal ini di bawah laut. Nggak boleh klaustrophobia ama thalassophobia dong pastinya.

Sayangnya pas gue keluar lewat pintu exit, gue malah melihat kerusakan di kulit kapal. Mulai terkelupas nih, gara-gara hujan asam kali. Moga-moga segera dirawat.

MONKASEL (50)

Di sebelahnya ada kolam renang juga.

MONKASEL (57)

Dan kalo kita mau jalan-jalan di sepanjang sungai ini *lewat belakang parkiran mall* kalian bisa melihat patung Hiu dan Buaya repilka maskot di Kebun Binatang Surabaya *tapi ukurannya lebih gede dan keren* di area Skate Park. Cukup keren buat nuntasin jalan-jalan kita kali ini.

SURABAYA (174)

Adanya Monumen Kapal Selam ini memberi kesempatan bagi warga negara biasa untuk masuk dan melihat-lihat suatu instalasi militer yang mungkin takkan dapat dikecap masyarakat sipil kalo nggak di-display gini. Monumen ini juga menjadi pengingat bahwa negara kita dulu pernah enjadi negara yang disegani *dan katanya sih militer kita juga masih jadi salah satu yang terbaik dan paling ditakuti di dunia* Tapi sumpah deh, kayaknya kita emang perlu rudal nuklir biar negara lain pada nggak pada ngeremehin bangsa kita. Pak Jokowiiiii .... beliin Pak ....

No comments:

Post a Comment