Saturday, November 14, 2015

CURHAT OF THE MONTH: KOPDAR MBP DI TIGA KOTA

 

11191285_1042049895820281_1600270940_n

Hallo guys. Kali ini gue akan menceritakan kopdar-kopdar MBP yang pernah gue adain di tiga kota *buset deh kek konser aja* yakni Surabaya, Yogya, ama Solo. Gue pernah ngadain *diundang sih* ke kopdar tak terlupakan di Tangerang *soalnya ditraktir pizza xixixi* Nah gue jadi tertarik bikin kopdar-kopdar lain di kota-kota yang gue kunjungi. Ada yang rame, ada pula yang sepi. Tapi semuanya berkesan tentunya karena akhirnya gue bertatap muka langsung ama fans-fans gue hahaha *tabok* Ini dia ceritanya.

KOPDAR SURABAYA

Minggu-minggu pertama gue nyampe di Surabaya gue langsung hubungin member-member grup Line MBP yang berdomisili di Surabaya. Bahkan gue bikin grup regional khusus sendiri. Tujuannya cuman satu, yakni kopdar. Ada lumayan banyak sih anak Surabaya yang gabung di grup gue, namun sayangnya cuman beberapa yang bisa ikut kopdar

Untung aja admin gue *sekarang mantan* ada yang anak Surabaya juga, namanya Bang Nocha seorang mahasiswa kampus bergengsi di Surabaya sekaligus film maker. Kita semua janjian Minggu pagi pas Car Free Day di kawasan Jalan Darmo dan sepakat ngumpul di Taman Bungkul.

Paginya gue dijemput Bang Nocha, tapi gara-gara CFD, semua jalan dialihkan jadi kita terpaksa muter-muter dan alhasil datang telat *itu masih ditambah kesasar lagi pas nyariin Taman Bungkul*

Gue sempet kaget ama betapa ramenya CFD Surabaya. Mungkin karena jumlah penduduknya banyak kali ya.

 1431218095034   1431219550585

Ini sekilas makhluk-makhluk yang berkumpul di meetup kali ini. Dari kanan ke kiri ada Bram, Bang Dicky, Bang Nocha, Frida atau yang kerap dipanggil “Emak” di grup (cewek sendiri), Chaleed, ama Rizky. Bram, Chaleed, ama Frida masih anak SMA, sedangkan Bang Dicky udah kerja. Sayangnya Marcel (member gue juga) yang beberapa bulan lalu ada lomba mewakili Indonesia sampai ke Praha, Ceko nggak bisa dateng. Hiks, padahal gue ngincer banget foto-fotonya. Tapi yah, namanya juga anak Surabaya, ada banyak kickers di kota ini *nggak tau kenapa* Bahkan ada dua kickers lho di sini *hayooo tebak siapa*

1431219898678

Ada penampakan di sini ... Hayoo tebak yang mana?

1431220578700

Acara kopdarnya sih biasa aja, ngobrol-ngobrol ama makan-makan. Ini beberapa shotnya.

1431245302865

1431222470355

1431227973130

Ada adegan kocak nih pas kita lagi mau makan-makan. Frida alias Emak marahan ama Bram gara-gara Bram kerjaannya ngusilin Frida terus ampek Frida mau pergi dari Pizza Hut. Inilah sekilas kejadiannya setelah didramatisir ala Mengaku Backpacker.

Bram: “Tunggu, Mak! Tunggu!”

Frida *noleh sambil nyibak kerudung* “KAMU TUH JAHAT AMA AKU BRAM, KAMU TUH JAHAT!”

Bram: “Mak, dengerin penjelasan aku dulu!”

Frida: “Penjelasan apa lagi Bram?” *langsung nodongin foto* “Siapa wanita dalam foto ini Bram? Siapa?”

Bram *gelagapan* “I ... itu ... emak aku ...”

Frida: “APA!!!” *kamera langsung close up * “Kamu punya emak lain selain aku?”

* Frida langsung nabok Bram di depan semua orang*

*Anak-anak yang lagi kopdar ngeliatin sambil ngunyah pizza dan minum jus yang tadi udah dipesan*

Udah udah ah, malah ngaco kemana-mana lagi. Yang pasti Emak berhasil ditarik lagi ke mejanya dan kita makan bareng. Untung aja dia balik. Bayangin betapa susahnya kita kalo udah telanjur pesen dan yang urunan ilang satu *tabok*

Well, gue dapet pengalaman menarik di sini soalnya ini kali pertama gue gabung ama anak-anak “di bawah umur” kek gini. Biasanya sih gue bergaulnya ama temen-temen yang seumuran atau at least adek tingkat kuliah lah. Baru kali ini gue kumpul-kumpul ama anak SMA. Yang bikin gue geli, anak-anak SMA kan masih diawasin banget ama ortunya. Gue sih selama pengalaman nggak ada masalah ngajak temen-temen gue maen keluar soalnya kebanyakan udah mandiri dan kost sendiri. Tapi ada beberapa member Line (banyak malah) yang nggak bisa dateng gara-gara nggak dibolehin ortunya. Ada yang dimarahin ortunya gara-gara anaknya juga lempeng banget ngomong terus terang kalo mau kopdaran ama orang asing yang belum pernah ketemu sebelumnya. Ya iyalah nggak diizinin. Apalagi ketemuannya ama oom2 kayak gue haha. Tapi ya gitulah ...

KOPDAR YOGYA

Pas libur Lebaran kemaren bertepatan ama libur sekolah jadi gue dapat kesempatan libur panjang dan mudik ke Solo. Nah kesempatan ini gue ambil buat ngajakin anak-anak member Line yang berdomisili di Yogya dan sekitarnya buat ketemuan. Ternyata peminatnya ampe anak Magelang dan Pekalongan segala dibela-belain datang haha.

Kita sepakat kopdaran pas Sabtu sore sekalian buka puasa bareng. Sebenarnya sih gue pengen rencana yang lebih antimainstream yakni sahur bersama, tapi kayaknya terlalu kontroversial ya haha. Sabtu siang gue berangkat ama temen gue dari Solo, anak Line yang ternyata satu fakultas ama gue *tapi dia masuk gue udah wisuda* yakni Febri. Gue shock pas ketemu pertama ama dia, anaknya cantik banget ternyata wkwkwk. Dia sebenarnya backpacker juga, bahkan lebih pro ketimbang gue soalnya pernah ke Singapore ama Malaysia juga *SENDIRIAN* Wah salut-salut! Sebenarnya ada satu anak lagi sih namanya Lukman (gue manggilnya Luke biar keren) tapi dia gagal berangkat gara-gara ada persiapan OSPEK di sekolahnya.

Dari Stasiun Balapan kami naek kereta Prameks *duh kangennya dah lama nggak naek kereta ini* ke Stasiun Lempuyangan. Di sana kami ketemu ama member lainnya yang udah menunggu, ada Septien, Andam Aulia (Lia), ama Al. Septien ini member setia grup gue dan dia sudah kerja di Yogyakarta. Katanya sih kerjaannya di bidang outsourcing gitu ngurusin SPG. Gue kepengen dooooong dikenalin ama cewek-cewek SPG kenalannya. Tapi kata dia mending jangan soalnya nanti SPG-nya pada takut liat gue. Ya kaleeee ... gue kan blogger spesialis horor. Sedangkan yang namanya Lia ternyata adalah seorang penulis kawakan bahkan udah nerbitin novel lho berjudul “Buku Harian Joanna” dengan nama pena Aulia Hazuki.

 

Gue langsung gigit jari soalnya dari dulu novel gue ditolak penerbit mulu hiks. Lagian nama penanya keren bingitz pake nama Jepang gitu. Kalo gue punya nama pena Jepang juga apa ya namanya? Hmmm gue punya ide ... nama gue di novel terbaru gue adalah “Susumu”, nama panjangnya “Susumu Susuku Susukitasemua” *emang promosi Dancow?*

Sedangkan Al atau nama lengkapnya Alghiffari adalah komentator setia gue sekaligus yang bikin salah satu logo MBP yang pernah gue adu di ajang “Logos Battle”. Keliatannya emang kayak anak kuliahan ya, tapi dia baru 15 tahun lho wkwkwk *boros muka amat nih anak, untung ganteng* Lia dan Al ini anak luar kota, Lia datang jauh-jauh dari Magelang dan Al malah dibela-belain dari Pekalongan. Sebenarnya sih ada juga satu member lagi dari Magelang, polwan cantik yang namanya Renita. Sayang dia gagal datang karena ditugasin di Semarang.

Ini dia wajah-wajah mereka.

KOPDAR YOGYA

Beberapa menit kemudian member lain menyusul. Pertama ada Wanda yang merupakan mantan admin gue. Yang ini jauh banget datangnya, dari Tarakan, Kalimantan Utara. Buseeeet ... dibela-belain banget ya datang demi kopdar. Hahaha ... nggak ding. Dia ke sini karena kebetulan baru masuk kuliah di Yogyakarta. Gue suka banget nih ama aksennya Wanda ini, Melayu-Melayu gitu, enak didenger. Kedua ada Jonathan, seorang mahasiswa *ganteng pulak* yang ternyata hobi fotografi dan bawa kamera DSLR buat foto-foto *yess!!!*.

Sayang seribu sayang banyak member-member lain yang gue tunggu kedatangannya pada nggak dateng. Pertama Bang Ikhsan yang pernah ketemu gue di Kopdar Tangerang. Katanya sih tanggal segitu dia mau mudik ke Yogya, tapi malah diundur hiks. Kedua ada Tharik, mantan admin gue juga. Dia asli Yogya, masih SMA *ganteng juga* tapi hapenya berkali-kali gue hubungin gagal. Tauk deh, lagi galau kali tuh anak. Ketiga ada Aqiilah Salma, anak SMA juga. Yah, namanya juga anak cewek, nggak dibolehin ikut kopdar ama ortunya. Keempat ada Yuuki, member gue zaman baheula sejak grup Line MBP berdiri. Dia kuliah di Yogya dan terkenal sebagai cosplayer. Sayangnya dia ada acara apa gitu jadi nggak bisa ikut kopdar. Kelima ada Ryu alias Damia Herlita, mantan admin gue *pengennya sih mantan gue hiks* yang kuliah di Yogya juga. Tapi pas kopdar itu dia ternyata udah keterima kerja di Semarang, jadinya nggak bisa ikut deh. Coba deh mereka semua bisa datang, pasti rame banget.

Akhirnya dengan personil tujuh orang, kami segera meluncur ke tempat makan-makan pilihan kami yakni SS. Harga makanan di sana cukup terjangkau dan memuaskan selera. Gue sih pesen ikan bakar. Begini penampakannya.

KOPDAR YOGYA (25)

Inilah situasi di acara kopdar kami. Oya, sekitaran maghrib datang lagi satu temen gue dari Solo namanya Ranu. Dia bukan anak Line sih, tapi karena dia sohib gue pas masih kerja di Solo dan udah lama nggak ketemu dia juga, makanya Ranu gue ajak ke sini. Anaknya juga ganteng jadi sapa tau member Line gue ada yang kecantol *tapi ternyata nggak ada*

Pasti ada yang nanya, “Lho Bang kok temennya Bang Dave ganteng-ganteng sih?”

Biasa lah, kan ada pepatah “Bird with same feathers will flock together” alias burung-burung yang coraknya sama indahnya biasanya sih ngumpulnya ama sesamanya.

Ekspresi readers: “HOEEEEEEK!!!” *muntah massal*  d79df121

Walau udah laper abis nungguin bedug Maghrib nggak dateng-dateng, kami tentu mengadakan dua kegiatan kreatif untuk mengisi waktu luang.

Ekspresi readers: “Apa tuh Bang? Nebak riddle ya?”

Bukan. Ngomongin aib member grup Line ama foto-foto haha 0713

Ini dia hasil jepretannya. Sayangnya hasil jepretan Jonathan nggak gue masukin ke sini soalnya pas gue difoto, mata gue pas merem semua hiks.

Ekspresi readers: “Lho nggak kebalik Bang? Bukannya kita yang harusnya merem kalo liat fotonya Bang Dave?”

KOPDAR YOGYA (20)

KOPDAR YOGYA (21)

KOPDAR YOGYA (2)

4 JULI 2015

Ternyata ada surprise tambahan di sini. Di Pekanbaru nun jauh di Sumatra sanaaaaaaaa ternyata diadain juga acara kopdar member grup Line MBP. Gue nggak nyangka acara kopdar di Pekanbaru bener-bener diadain, soalnya gue emang sempat ngusulin acara-acara kopdar di regional-regional lain seperti Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan Bali. Impian gue sebenarnya kita bisa video call lewat Line atau Skype pas kopdar serentak gitu. Tapi sayangnya, cuman member-member yang di Pekanbaru aja yang nanggepin dan benar-benar merealisasikannya *huh susah amat ngomongnya ampe belepotan*

Di Pekanbaru ini ada dua member yang menonjol, yakni Bang Harry ama Kanti. Bang Harry ini salah satu admin gue, asli orang Minangkabau, dan gelarnya udah Datuk lho. Sedangkan Kanti bisa dibilang member gue yang paling aktif dan eksis semenjak grup Line gue berdiri. Walaupun grup gue mengalami berbagai goncangan dan masalah silih berganti, tapi dia selalu setia *cieeeee* Sekarang ini Kanti kuliah di sebuah universitas negeri di Riau. Kanti ama Al ini yang aktif ngurusin instagram MBP gue.

Ini dia para member Pekanbaru. Urut dari kiri yaaaa ... ada Bang Harry, Zizi, Dwi, Safira, Kanti, ama Caca. Cantik-cantik kan *kecuali Bang Harry yang paling ganteng tentunya*

KOPDAR YOGYA (3)

KOPDAR YOGYA (5)

Kami asyik ngobrol hingga jam 8 malam. Karena kereta Prameks terakhir menuju ke Solo juga berangkat jam-jam segitu, maka kami segera mengakhiri kopdar kami *sedih hiks padahal pengennya ampe subuh* Kami semua segerap berpisah dan kembali ke kota kami masing-masing. Al sempet komplain sih karena acara kopdarnya biasa aja. Iya sih, gue sempet kepikiran pake acara jalan-jalan segala, tapi gue pikir karena banyakan pada nggak bisa kalo siang dan pas puasa juga *gerah men panas-panasan di Yogya* akhirnya rencana itu gue urungin. Tapi tenang aja, untuk kopdar akbar yang gue rencanain di Jakarta akhir tahun ini mau gue bikin heboh haha.

KOPDAR SOLO

Ini dia kopdar paling mini yang pernah gue adain lha wong cuman 4 orang yang dateng. Pas itu gue lagi mudik ke Solo (liburan panjang 17-an) dan kepikiran buat ngajak ngumpul Luke yang pas kapan itu nggak bisa ikut kopdar Yogya. Hari itu juga kebetulan Febri, anak UNS yang pernah gue ceritain ikut kopdar Yogya, bisa ikut lagi. Jadilah gue tambah semangat bikin kopdar. Sebagai bonus, ternyata salah satu member gue paling aktif (terutama di grup drama) yakni Uci Jelly juga pas mudik ke rumah sodaranya di Solo. Waaah gue seneng banget dia bisa ikut soalnya selama ini kita cuma bisa ngobrol aja di Line *seringnya bully-bully-an sih*. Jadilah Uci Jelly datang sebagai bintang tamu ama kakaknya *asyik bisa dimintain foto kita berempat*

IMG_0002

IMG_0501

IMG_0503   IMG_0504

Acara kopdar kali ini sangat sederhana. Kita berempat ketemuan di SGM, tepatnya di depan Friendzone Timezone. Sebenarnya ada satu lagi sih member yang gue undang. Bukan member lagi sih, tapi admin, yaitu Dimas Arif. Sayangnya pas hari-H dia cancel nggak bisa datang dari Semarang. Ada yang lucu nih soal si Arif ini. Anak-anak biasa manggil dia RIP dan pas ngetik kata itu di chat biasanya langsung keluar gambar batu nisan. Alhasil kita selalu pake stiker batu nisan itu buat manggil Arif haha.

Di sana acara kita cuman ngobrol ama makan steak doang *ama nggosipin member Line yang lain tentunya* Asyik pas denger Uci Jelly ternyata masih rajin ngikutin cerbung gue di grup Line, soalnya gue sempet patah semangat karena komentar di cerbung-cerbung gue dikit banget dan sambutannya kurang antusias. Febri juga nyinggung kenapa gue nggak nerusin “Line Horror Story” (trilogi yang gue buat khusus buat grup Line, gue nggak pernah terbitin di blog karena ceritanya bertema sadis). Gue jawab ya karena alasan itu tadi. Gue jadi kepikiran bikin blog baru gara-gara kurangnya antusiasme di grup Line gue dan juga ada keluhan di blog Mengaku Backpacker yang isinya cuman original story mulu. Dan emang gue pikir-pikir isi blog gue sekarang mulai “menyimpang” dari visi misinya yang awal. Tapi glad rasanya ternyata masih ada yang baca cerbung gue.

Kopdar kami cukup singkat karena memang nggak banyak perencanaan. Kamipun balik ke rumah kami masing-masing. Di jalan, gue ama Febri sempet ngobrolin Luke yang kayaknya tipikal “remaja harapan bangsa” banget. Soalnya masih muda (baru kelas 1 SMA) tapi dia udah punya berbagai target yang kepengen ia capai. Buset deh, gue aja yang punya target pengen punya pacar sejak umur 18 tahun aja ampek sekarang belom kesampaian??? Tapi emang sih, semoga makin banyak generasi penerus di luar sana seperti Luke ini hehe *kalo Uci Jelly mah no comment gue*

Ayooo jika ada readers yang berdomisili dekat Yogya, Solo, Surabaya, Malang, dan sekitarnya *Jakarta apalagi, gue mau ngadain kopdar di sana ama di Bandung* silakan aja kita bikin acara bareng yang seru, apalagi kalo bisa jalan-jalan bareng *gue sasarin nanti hahaha* Gue seneng banget ama acara kopdar begini soalnya selaen nambah teman, juga bisa ketemu langsung ama fans-fans setia aku *tabok* Tapi jangan kaget ya kalo ketemu ama gue. Soalnya gue orangnya beda banget ama yang di blog. Kalo di blog gue kesannya nggak jelas dan suka becanda, aslinya juga sama nggak jelasnya sih, cuman gue lebih pendiam. Gue aslinya emang kalem, nggak tau kenapa kalo di blog malah jadinya nggak bisa diem kalo nggak dikasi tranquilizer.

Oke, see you di Kopdar Akbar Jakarta tanggal 27 Desember 2015 :D

8 comments:

  1. Kopdar kita garing banget ya dave mpe ga diitung. Hiks:'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kaga lah chuu kan cuman empat mata, yg laen jg ga gw tulis kok yg kopdar gw ama anak sby ma malang yg uga cuman berdua doang

      Delete
  2. pengen banget ikut kopdar MBP yang di jakarta nanti...
    (meski guw cuma silent reader -_-)
    btw ka dave juga hadir kan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lah gue dateng spesial buat acara ini

      gabung aja may, silakan ikuti link ini

      http://mengakubackpacker.blogspot.co.id/2015/11/event-kopdar-mbp-jabodetabek-breaking.html

      ada caranya buat daftar. yang laen juga ya silakan daftar

      Delete
  3. Bang id line x apa lane gw keganti lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. line gw udah gw setting supaya ga bisa di-add. btw grup line udah close member. tapi kalo member lama mau masuk lagi silakan hubungi admin di atas yaaaaa *di pojok kanan atas, kalo dr hape harus web version*

      Delete
  4. baaaang ke malang kapaaaaaannn ??
    btw postingan jeff nya copas yaakk hehe buat tugas nihh

    ReplyDelete
  5. itu panggilan dimas arif pencetusnya gw itu HAHA eh btw keknya seru tu mit apnya apalah daya tiket promo tak berpihak padaku, SEMANGAT BANG DEPKU TAYANK MAKIN MAJU BLOGNYA

    ReplyDelete