Saturday, December 7, 2019

KASUS PAUL PELTON YANG BIKIN GUE CRINGE DAN SPEECHLEES


Apa yang akan kalian lakukan jika melihat sebuah kecelakaan? Mungkin akan berusaha membantu korban, mencari pertolongan, atau mungkin diam saja? Well, apapun pilihan kalian, jangan sampai kalian mengulangi apa yang dilakukan pria berusia 41 tahun bernama Paul Pelton. ini.


Pada 13 Juli 2015, sebuah kecelakaan kala itu terjadi di kota Lorain, Ohio ketika sebuah mobil sedan menabrak sebuah rumah. Pengendara dan penumpangnya adalah dua orang remaja. Namun alih-alih berusaha menolong mereka, seorang pria bernama Paul Pelton yang kebetulan menyaksikan kecelakaan itu malah merekam mereka. Ia membuka pintu belakang mobil itu dan merekam keduanya sedang kesakitan, lalu keluar lagi dan mulai merekam dari pintu depan. Tak hanya itu, ia terdengar bergumam memanggil kedua remaja yang terjebak di dalamnya sebagai “idiot”.

Kedua remaja itu masih berumur 17 tahun dan salah satunya kemudian meninggal. Yang membuat kita terhenyak, nyawa remaja itu sebenarnya masih bisa diselamatkan jika saja Paul bergerak cepat dan menelepon 911. Namun karena sibuk merekam, akhinya nyawanya tak terselamatkan.

Tak hanya itu perbuatan memuakkan yang dilakukan Paul. Ia kemudian meng-uploadnya ke Facebook dan berusaha menjualnya ke beberapa stasiun TV.

Akibat perbuatannya itu, Paul kemudian ditangkap polisi yang merasa jijik akibat kejadian itu. Walaupun tak ada hukum yang melarang seseorang merekam video, namun perbuatan tidak simpatiknya itu membuat hakim mengganjarnya dengan hukuman penjara selama 30 hari dan denda 250 dollar.

Bagaimana dengan pembelaan Paul sendiri? Ia mengatakan ia sengaja merekam dan menguploadnya sebagai pelajaran bagi remaja lain agar tidak berbuat hal yang sama. Ia juga berdalih tidak berusaha menjual video itu, namun berniat mencari donasi untuk keluarga korban. Yeah, right!





3 comments: