Friday, October 30, 2015

RIDDLE HALLOWEEN BONUS: PATUNG LILIN

 

By: Dave

Level: easy

 

Hari ini aku kembali masuk kerja setelah izin selama 3 hari. Aku izin sakit, namun sebenarnya bukan itu yang terjadi. Sebaiknya kuceritakan sejak awal. Namaku Hadi dan aku bekerja sebagai satpam di sebuah museum. Kau pernah dengar kan cerita tentang patung-patung di museum bergerak jika malam tiba? Aku sudah bekerja di sini selama 10 tahun dan belum pernah melihat hal semacam itu.

Hingga suatu hari dua seniman mengadakan pameran patung lilin di museum ini. Mereka adalah seniman kontroversial yang konon menggunakan jenazah manusia asli dalam karya-karyanya. Tak ada yang terjadi saat siang, namun ketika malam, saat aku mengecek kondisi museum ini, tiba-tiba aku melihat sesuatu.

Salah satu patung lilin buatan mereka terlihat berkedip! Dan aku berani bersumpah mereka bergeser beberapa centimeter dari tempatnya semula. Aku amat ketakutan dan tak mau masuk kerja semenjak kejadian itu. Namun kan aku tak bisa izin lama-lama, bisa-bisa aku kehilangan pekerjaanku.

Akhirnya aku bertugas lagi hari ini. Aku mengarahkan senterku dengan gemetar ke patung itu. Tapi aneh, kutunggu beberapa lama, tak ada yang terjadi. Mungkin saja yang kualami beberapa hari lalu hanyalah imajinasiku saja. Huh, untunglah. Akupun pergi untuk mengecek koleksi museum yang lain.

20 comments:

  1. mungkin pas pertama ngedip itu karena patung lilinnya isi manusia. gue kok inget film house of wax ya baca ini

    ReplyDelete
  2. yang dijadiin patung lilin manusa asli masih hidup berarti ya ..

    dK

    ReplyDelete
  3. 10 tahun dia belum pernah melihat hal itu dan akhirnya dia melihatnya. dia pun memutuskan untuk ijin kerja dengan alasan sakit karena takut.

    ReplyDelete
  4. berarti bukan mayat yang seniman itu pake, tapi manusia hidup yang merak bunuh pake cara itu.. iya gak?

    ReplyDelete
  5. karena udah 3 hari, orang di dlm patun itu udah mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. OFFICIAL ANSWER: yup bener banget. jadi aslinya kalo si satpam ini berani ngelaporin dan ga terlalu percaya takhyul, dia bisa nyelametin org yg dijadiin patung itu. tapi karena bolos ya telanjur mati deh

      Delete
  6. Si seniman pake manusia yg masih hidup buat bikin patung lilin nya, bener gak bang dave??

    ReplyDelete
  7. Apa gw yg bloon ya?..berkali2 gw baca kok gak ada yg aneh dlm cerita ini...

    ReplyDelete
  8. aku nyenterinnya pas siang hari,jadi dia gak gerak

    ReplyDelete
  9. Itu patungnya udah pindah ��

    ReplyDelete
  10. Pas dia liat patungnya kedip itu orangnya masih hidup (dikatakan bahwa seniman sering menggunakan jenazah asli dlm pembuatan patung"nya), makanya bisa kedip. Nah pas dia masuk kerja lagi orang yg dijadiin patung lilin itu udh mati. Ya kan bang Dave ?

    ReplyDelete
  11. itu patungnya dari manusia idup cuma blm kering bgt ya?

    ReplyDelete
  12. Berarti tu orang diplamir hidup hidup pake lilin yak :v (kayak tembok aja)

    ReplyDelete
  13. halo bang dave:) bertahun tahun jadi pembaca gelap akhirnya aku bisa comment, udah hampir semua post di blog bang dave aku baca semua , aku pengen request urban legend dong udah lama bang dave ga post itu, di blog dark darker darkest juga jarang post aku sampe tamat tuh baca blog elu

    ReplyDelete
  14. aku ngira kalau patung itu sebenernya orang yang pura-pura jadi patung buat nyuri barang museum pas malem hari.

    inget film apa gitu ada orang nyamar jadi patung

    ReplyDelete
  15. wih house of wax banget
    tp di house of wax seingetku kalo udah dilapisi lilin udah ga bakal selamet ya
    lilin panas gila

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeeeh gw ingat ada adegannya pacarnya si cewek tokoh utama (aktornya yg meranin yg jadi adek di supernatural, gue inget banget) itu abis dibikin patung lilin sempet gerakin mata, malah gue terinspirasi bikin riddle ini dari adegan itu (ga tau secara scientific valid kaga)

      Delete
  16. BANG, GUA NUNGGUIN DI BLOG KE-2 TAUNYA DISINI ;A;)

    ReplyDelete