Wednesday, October 30, 2019

6 “GROUND-BREAKING” FOTO YANG MENGGUNCANG DUNIA SAINS




Foto emang bisa mengungkapkan lebih banyak kata-kata ketimbang tulisan. Satu jepretan bisa jadi memiliki banyak makna. Apalagi foto-foto di bawah ini yang menunjukkan kepiawaian para ilmuwan yang penemuannya bisa mengubah dunia. Mereka bisa menangkap foto-foto yang seharusnya tak bisa diambil atau mengabadikan sesuatu yang tak kasat mata menggunakan kecerdasan mereka. Berikut ini foto-foto yang pernah menggemparkan dunia sains.


FOTO DNA PERTAMA


Sumber: wikipedia

Foto yang disebut “Photo 51” ini mengubah sejarah sebab inilah pertama kalinya struktur DNA tertangkap kamera. Foto ini diambil oleh Rosamund Franklin, peneliti wanita di King's College London menggunakan teknik difraksi sinar X yang ditemukannya. Namun sayang, foto ini ditunjukkan oleh atasan Rosamund tanpa sepengetahuan ataupun izinnya kepada James Watson dan Francis Crick. Keduanya kemudian menyimpulkan, melalui foto ini, bahwa struktur DNA berupa double helix hingga mendapatkan hadiah Nobel serta diakui sebagai penemu DNA. Padahal, jika saja foto itu tidak ditunjukkan pada keduanya, Rosamudn sendiri bisa menyimpukan bagaimana struktur DNA tersebut sendiri. Hal ini menjadi lebih kontroversial karena Rosamund tak pernah diberikan medali Nobel atas jasa-jasanya.

FOTO X-RAY PERTAMA


Sumber: Time

Berkat foto ini, sosok ilmuwan bernama Wilhelm Rontgen diganjar dengan hadiah nobel pertama di bidang fisika pada tahun 1901. Foto ini merupakan foto tangan istrinya sendiri, Anna, yang diambil melalui sinar X yang baru saja ia temukan di laboratoriumnya. Foto ini memperlihatkan untuk pertama kalinya bagian dalam tubuh manusia hidup, dalam hal ini tulang, yang sebelumnya berada di luar jangkauan mata manusia. Temuannya ini merevolusi dunia kedokteran hingga kini kita mengenal teknologi ini sebagai “rontgen” sebagai bentuk balas budi terhadap jasanya.

FOTO MOLEKUL


Sumber: Petapixel

Wow ... melihatnya saja kita langsung terpukau, soalnya bentuk molekul yang tertangkap kamera ini sama persis dengan apa yang kita pelajari di buku kimia. Foto ini diambil oleh tim peneliti yang dipimpin Felix Fischer dari Lawrence Berkeley National Laboratory di California, Amerika Serikat pada tahun 2013 lalu. Gimana ya mereka bisa menangkap foto molekul yang sedemikian kecilnya hingga ikatan kimianya bisa terlihat serinci ini? Ternyata mereka menggunakan mikroskop berteknologi canggih bernama “Non-Contact Atomic Force Microscopy”. Wow melihat struktur molekul lewat mikroskop? Prestasi mereka benar-benar bikin kita geleng-geleng kepala ya?

FOTO PARTIKEL



Foto yang diambil tahun 2019 oleh Paul Antoine Moreau di Universitas Glasgow, Skotlandia ini memang terlihat kabur, tapi ini bukan foto sembarangan. Ini adalah pertama kalinya sebuah partikel yang maha-kecil bisa tertangkap kamera. Namun tak hanya itu, pasangan partikel di foto ini terlihat mengalami “quantum entanglement”, sebuah fenomena yang sudah diramalkan oleh Albert Einstein beberapa dekade lalu. Menurut teori Einstein, apabila dua partikel yang berpasangan mengalami “quantum entanglement”, maka mereka akan tetap “terhubung” walaupun dipisahkan sejauh apapun – bahkan ke ujung alam semesta sekalipun. Konsep “quantum entanglement” ini konon bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan teleportasi. Hmmm ... menarik sekali ya?

FOTO ATOM


sumber: petapixel

Apa yang lebih kecil dari molekul dan partikel? Jawabannya adalah atom karena semua molekul tersusun atas atom. Namun ternyata memfoto sebuah atom bukanlah hal yang mustahil. Buktinya, ilmuwan asal Oxford University, Inggris bernama David Nadlinger ini berhasil membuktikannya pada 2017 lalu melalui peralatan rumit yang ia rancang. Uniknya foto atom pertama ini bukan diambil dari sebuah mikroskop berteknologi tinggi, melainkan sebuah kamera DSLR merk Canon. Tapi bagaimana mungkin? Kan atom ukurannya kecil banget? Ternyata yang difoto ini adalah pancaran cahaya yang dikeluarkan sebuah atom logam Strontium yang ditangkap di ruang kedap udara. Kreatif ya?

FOTO BLACK HOLE


sumber: BBC

Nah foto lubang hitam pertama yang pernah menghebohkan lini masa berbagai media sosial ini (bahkan dibikin meme) pasti nggak membuat kalian terkejut. Menggunakan Event Horizon Telescope, para ilmuwan NASA berhasil mengambil gambar black hole yang diberi nama “Sagittarius A” yang berada 265 ribu tahun cahaya dari Bumi, nun jauh di jantung galaksi Bima Sakti. Yang unik, foto ini takkan ada tanpa campur tangan ilmuwan komputer wanita yang baru berusia 29 tahun bernama Katie Bowman yang algoritmanya berhasil memproses foto tersebut.

Hebat yang prestasi mereka? Bagaimana dengan kalian? Apa kalian terpacu meraih prestasi yang sama atau malah kepengen lebih hebat?

Meanwhile di Indonesia, foto yang bikin gempar adalah ....



4 comments:

  1. ngakak yang terakhir bang wkwkwk, kreatif banget kontennya lanjutkan bang dave

    ReplyDelete
  2. Bukannya atom sama partikel lebih kecil partikel ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. “Particles” can mean atoms (He gas atoms), molecules (H2 gas, N2 gas molecules), ionic substances (NaCl ionic salt) or even the ions itself (Chloride Cl- anions, Mg2+ cations).

      Do not confuse between this “Particle” as the other “Sub-atomic Particle” that .... refers to the PEN – Proton, Electrons & Neutrons. These “Sub-atomic particles are smaller than the atoms themselves.

      https://www.simplechemconcepts.com/difference-between-atom-molecule-particle/

      Delete