Tuesday, October 8, 2019

PRINCE OF HORROR: 12 AKTOR YANG PALING SETIA MELAKONI PERAN HOROR



Kalo kemarin gue sempat bahas para “Scream Queens” alias aktris-aktris yang gemar berperan di film horor, kali ini gue akan bahas versi cowoknya. Sadar atau tidak, wajah-wajah ini bakalan sering kalian lihat di film-film bergenre horor, mulai dari slasher hingga psychological thriller. Mereka memang layak disebut “Prince of Horror” berkat kiprah mereka di perfilman horor. Mau tahu siapa saja aktor-aktor spesialis film horor? Berikut ini list top tennya.


1. Bela Lugosi



Mungkin layak disebut sebagai “King of Horror”, Bela Lugosi bisa dibilang sebagai aktor kawakan yang merajai film horor pada dekade 20-an dan 30-an. Peran utamanya yang amat ikonik adalah sebagai sosok vampire di film “Dracula” tahun 1927. Aktor bernama asli Béla Ferenc Dezső Blaskó (wah dari namanya aja udah mirip keturunan Dracula!) adakah imigran Hungaria yang bahasa Inggrisnya tidak sempurna sehingga masih memiliki aksen Eropa Timur yang amat kental. Namun justru berkat keterbatasannya, aktingnya sebagai Count Dracula terlihat lebih meyakinkan dan eksotis.

Bela Lugosi kemudian sering dipasangkan dengan aktor horor legendaris lainnya, yakni Boris Karloff (pemeran Frankenstein) di berbagai film horor hitam putih lainnya,seperti “Murders in the Rue Morgue” (1932), “The Raven” (1935), “Son of Frankenstein” (1939) dan “White Zombie”(1932).

2. Bruce Campbell


Dikenal sebagai sang “Scream King” sejati, Bruce naik pamor sebagai aktor horor papan atas berkat kiprahnya di film “Evil Dead” dan dua sekuelnya, yakni “Evil Dead II” dan “Army of Darkness”. Berkat kedekatannya dengan sutradara Sam Raimi, ia juga mendapat peran di serial “Xena: The Warrior Princess” dan jangan lupa, ia kembali memerankan Ash di “Ash vs Evil Dead”

3. Justin Long


Komedian ini dikenal sebagai aktor yang kerap membintangi film horor, seringkali mendapat peran sebagai pemuda yang kikuk dan culun. Yang paling memorable tentu perannya di film “Jeepers Creepers”. Selain itu, Justin juga membintangi “Drag Me To Hell” dan body horror “Tusk”.

4. Kyle Gallner


Wajahnya mungkin masih asing bagi kalian, namun aktor muda ini sudah membintangi berbagai film horor semacam “Haunting in Connecticut” dimana aktingnya di sana mendapat pujian dari para kritikus. Selain itu ia juga bermain di “Jennifer's Body” dan remake “A Nightmare on Elm Street”

5. Shawn Ashmore


Walaupun lebih dikenal sebagai pemeran Iceman di franchise X-Men, Shawn ternyata amat rajin memerani sosok protagonis di film horor. List film horor yang pernah dibintanginya amat panjang, mulai dari “Frozen”, “The Ruins”, “Mother's Day”, “Devil's Gate”, “Solstice”, “Wolf Girl”, “The Barrens”, hingga “Home Invasion”. Wow! Ia juga berperan di game “Man of Medan” yang mengangkat kisah kapal hantu asal Indonesia, Ourang Medan.

6. Bill Skarsgard


Nah, sosok ini pastinya sudah nggak asing lagi. Aktor yang melambung namanya lewat film “IT” dan sekuelnya, “It” Chapter Two” ini sukses berperan sebagai badut Pennywise. Tak hanya itu, ia membintangi serial “Castle Rock” dan “Hemlock Grove” yang sama-sama bernuansa horor.

7. Sam Neill



Sosok Sam Neill lebih dikenal sebagai bapak ahli dinosaurus di film “Jurassic Park”, namun aktor asal Selandia Baru ini ternyata juga tak asing dengan dunia horor. Tercatat dia bermain di berbagai film horor seperti “In The Mouth of Madness”, “Omen III”, “Event Horizon”, “Possession”, hingga “Dead Calm”.

8. Anthony Hopkins


Nah ini dia, aktor yang begitu mendalami perannya di film horor hingga membuahkan piala Oscar. Anthony Hopkins berkat aktingnya sebagai sosok Hannibal Lecter di film “Silence of The Lambs” mendapatkan piala Oscar untuk aktor terbaik. Beliau juga membintangi sekuelnya “Hannibal” dan prekuelnya “Red Dragon”. Jika itu tak cukup, beliau juga membintangi “Bram Stoker's Dracula”

9. Jensen Ackles & Jared Padalecki


Dua aktor muda ini memang sudah lebih dulu sukses sebagai bintang utama di serial “Supernatural”. Namun itu bukan berarti mereka nggak tertarik mengembangkan sayap di film horor lho. Tercatat Jensen alias Dean bermain di film “My Bloody Valentine 3D” dan Jared alias Sam berperan di “House of Wax” dan “Friday the 13th”

10. Anton Yelchin


Bintang muda berbakat yang tragisnya meninggal dalam kecelakaan pada 2016 pada usia 27 tahun ini ternyata juga dikenal sebagai “Scream King”. Walaupun lebih dikenal berkat aktingnya di film “Star Trek”, aktor ini juga membintangi film horor seperti “Fright Night”, “Burying The Ex”, dan juga “Green Room”.

11. Patrick Wilson


Nah, aktor yang satu ini pastinya sudah tak asing lagi dan nggak perlu diragukan lagi kiprahnya di perfilman horor. Tercatat, Patrick meraih nama besar berkat perannya sebagai demonologist Ed Warren di “Conjuring Universe”-nya James Wan. Tak hanya bermain di “Conjuring” dan “Annabelle” serta sekuel-sekuelnya, namun ia juga bermain di “Phantom of The Opera” dan juga film Netflix terbaru, “In The Tall Grass”

12. Ryan Reynolds


Wah, jarang-jarang ya nama aktor ini disebut-sebut sebagai bintang horror? Namun jangan salah, pemeran Deadpool ini mendapat peran utama di film “Amytiville Horror” dan film thriller minimalis “Buried” serta mendapat jatah pemeran pembantu di “Blade: Trinity” dan “Life”.

Nah, itu dia list raja-raja horor yang gue kompilasi. Apa ada nama lain yang terlintas di kepala kalian? Siapa yang jadi favorit kalian?

Sumber gambar: IMDB, wikipedia

4 comments:

  1. Indonesia juga punya 'prince of horror' yaitu om torro margens haha

    ReplyDelete
  2. Wah ga nyangka yg nomor 9 masuk list 😂
    Sayang sih mereka terlalu sibuk sama Supernatural jadi ga ambil job film lain lagi. Tapi pas tau spn mau tamat sedih juga, dasar aku :")

    ReplyDelete
  3. Patrick wilson main di insidious chapter 1&2 jugak

    ReplyDelete
  4. Gmana sama lin shaye, Bang Dave ? Hehehe

    ReplyDelete