Thursday, October 31, 2019

FINLAND ISN'T REAL: TEORI KONSPIRASI PALING ANEH



Lokasi Finlandia di peta Eropa Utara

Kalian mungkin sudah nggak asing lagi dengan yang namanya teori konspirasi atau “Conspiracy Theory”. Gue sih salah satu yang tertarik sama teori-teori konspirasi, walaupun nggak sepenuhnya percaya. Ada banyak teori konspirasi yang terkenal, semacam teori bahwa serangan 11 September sebenarnya dirancang oleh CIA, bahwa Amerika sebenarnya nggak pernah mendaratkan manusia di Bulan, hingga teori kalo Putri Diana sebenarnya dibunuh. Bahkan “Flat Earth Theory” juga sebenarnya teori konspirasi kok. Tapi baru kali ini gue mendengar teori konspirasi yang amat aneh, yakni bahwa negara bernama Finlandia sebenarnya nggak ada dan hanyalah hamparan laut semata. Kok bisa?


Teori bahwa “Finlandia itu Nggak Ada” bermula dari situs reddit dan dikemukakan di sebuah forum oleh user bernama Raregans. Di sana ia berkilah bahwa Finlandia sebenarnya negara “abal-abal” bentukan Jepang dan Uni Soviet. “Tanah” di semenanjung utara Eropa yang di peta digambarkan sebagai negara Finlandia sebenarnya adalah hamparan laut.


Peta yang menunjukkan Finlandia "sebenarnya" laut


Kenapa ia berpendapat begitu? Pertama, apa yang kita ketahui sendiri tentang Finlandia? Apa yang terkenal darinya? Hampir tidak ada bukan? Swedia negara tetangganya aja punya tradisi dan kebudayaan yang diperkenalkan lewat film “Midsommar dan juga memiliki brand terkenal “Ikea”. Namun hanya sedikit yang kita ketahui tentang Finlandia, terkecuali negara itu memiliki ibu kota bernama Helsinki dan memproduksi telepon genggam Nokia.

Ia beranggapan bahwa pada pertengahan abad ke-20, negara Uni Soviet dan Jepang berkonspirasi membentuk negara tersebut untuk menutupi fakta bahwa wilayah itu sebenarnya adalah laut. Untuk apa? Supaya mereka bisa memilikinya dan dieksploitasi. Jepang dikenal sebagai negara yang banyak mengkonsumsi ikan dan dengan menganggap “laut” tersebut adalah daratan bernama Finlandia, mereka bebas mengeruk kekayaan ikannya tanpa khawatir akan regulasi di perairan internasional.

Tak hanya itu, Uni Sovyet kemudian membuka jalur kereta api Trans Siberia, yakni rel terpanjang di dunia, dari Eropa ke Asia Timur untuk mengangkut hasil ikan itu. Konspirasi itu juga menyinggung Nokia, brand handphone (yang dulu) terkenal sebenarnya bukan berasal dari Finlandia seperti yang dikenal orang, melainkan Jepang. Yup, akui aja, pertama kali mendengar merek Nokia kalian pasti mengira asalnya dari Jepang kan?


Hape jadul merek Nokia

Lalu kalo Finlandia aslinya emang nggak ada dan berupa lautan, lalu bagaimana dong dengan penduduknya dan juga kota-kota di sana, termasuk Helsinki ibu kotanya? Bukankah mereka bisa bersaksi bahwa negara mereka benar-benar ada? Helsinki juga adalah sebuah kota yang benar-benar bisa dikunjungi dan ada rute penerbangan ke sana.

Penganut teori ini menuduh bahwa pemerintah internasional bahkan NASA juga ikut berkonspirasi dengan membuat citra satelit dan peta palsu. Para penduduk Finlandia sebenarnya tinggal di negara-negara tetangganya, seperti Swedia, Estonia, dan Rusia, tapi mereka tak pernah menyadarinya. Begitu pula kota Helsinki kemungkinan besar berada di daratan Swedia.


Benteng yang berada di kota Helsinki

Tapi kenapa pemerintah sedunia sampai NASA rela bersusah payah ikut bersekongkol dalam konspirasi itu? Apa sih keuntungan yang mereka dapat? Nah, kita perlu apa lagi prestasi yang pernah diraih Finlandia dan terkenal di seluruh penjuru dunia. Yap, kualitas pendidikannya! Finlandia dikenal sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik. Bahkan Finlandia juga meraih ranking teratas sebagai negara dengan penduduk paling bahagia di planet ini. 

Mereka yang membenarkan teori konspirasi menganggap bahwa Finlandia hanyalah negara “utopia” yang didengung-dengungkan Barat. Hampir sukar untuk mempercayai ada negara “sesempurna” Finlandia. Karena kenyataannya (menurut mereka), Finlandia hanyalah dongeng dan aslinya sama sekali tak pernah ada. Kesuksesan pendidikan di Finlandia hanyalah propaganda untuk membuktikan bahwa pendidikan ala Barat adalah yang terbaik sehingga negara-negara lain yang ingin sebahagia dan sesempurna Finlandia akan meniru metode pendidikan mereka, yang tentu menanamkan konsep-konsep liberal dan kapitalis.


Katedral kota Helsinki

Teori aneh dari user Reddit Raregans ini tentu menimbulkan kontroversi. Banyak penduduk Finlandia sendiri yang tak setuju dan men-DM-nya langsung. Raregans sendiri sih hanya menyangkal bahwa ia sebenarnya cuma bercanda dan nggak menyangka teori konyolnya bakalan dianggap serius, bahkan viral. Bahkan ia malah bisa melihat sisi positif dari viralnya teori konspirasi kontroversialnya itu, yakni bahwa banyak warga Finlandia sendiri yang kemudian memperkenalkan identitas dan kebudayaan negara mereka, sehingga pengetahuan Raregans pun bertambah luas.

Tapi bagaimana ya dengan yang kadung percaya? Apa bakal sama seperti “Flat Erat Theory” yang para pendukungnya sampai membuat komunitas, akun YouTube, bahkan ngeyel ketika dibilang bahwa kepercayaan mereka salah? Apalagi emang alasan-alasan dibaliknya bisa dibilang masuk akal. Yah, entahlah. Tapi yang jelas, teori tentang Finlandia ini bukan satu-satunya teori konspirasi “absurd” yang beredar di internet. Salah satunya adalah teori bahwa Australia sebenarnya nggak ada dan hanya “imajinasi” Inggris saja. Kala itu Australia memang didestinasikan sebagai tempat pembuangan para narapidana yang jumlahnya ratusan ribu. Para pendukung teori konspirasi ini berpendapat bahwa Inggris memalsukan Australia supaya mereka bisa “menghilangkan” ratusan ribu narapidana yang sesungguhnya dieksekusi mati.

Lha terus kalo Australia nggak ada, Chris Hemsworth darimana dong? Majalengka?


10 comments:

  1. Bang Dave boleh nanya2 nggak, kalo terjemahin riddle/creepypasta pake google translate atau langsung pake kamus?soal aku mau belajar bahasa lewat terjemahin creepypasta di internet, semacam sambil menyelam minum air. Kira2 cocok nggak sebagai cara belajar bahasa Inggris?

    Gitu aja bang, tolong di jawab ya��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bisa ajasih. Kalo gue sih pernah translate lewat google translate tapi hasilnya kata orang2 sih aneh, agak kaku bahasanya. Jadi emg lebih baik nerjemahin sendiri, kalo ada kata yg ga tau baru pakai google translate. Semangat ya belajarnya!

      Delete
  2. Untung pembuat theorinya udah bilang kalo dia cuma brcanda, coba klo dia diem aja, bisa2 dianggep bneran sma orang2 yg belum siap berinternet :D

    ReplyDelete
  3. but seriously, kalo ini becandaan doang ini bener2 keterlaluan. kalopun bener konspirasi juga kayanya ga mungkin. maksudku, kenapa bener2 global gitu dipercaya kalo finland ga ada? padahal finland punya sejarah panjang

    ReplyDelete
  4. Bagaimana jika ternyata Indonesia ini sebenarnya gak ada? Bagaimana jika sebenarnya dulu kita itu kalah berperang, trus seluruh penduduknya dikuliti trus otaknya dimasukkan ke kapsul tabung dan setiap otak kita disambungkan ke dunia virtual agar kita beranggapan kalau kita itu hidup di Indonesia dan diberi realita palsu?
    Padahal sebenarnya, Indonesia kalah berperang dulu dan seluruh daerahnya sudah dibumi hanguskan dan ditempati kolonial sampai sekarang?
    ..

    ReplyDelete
  5. Gw jg mo bikin teori konspirasi aaah...sebenarnya admin mengakubackpecker ini ga ada..hanya halusinasi penggemar horror aja..hahhah

    ReplyDelete
  6. Gw hampir-hampir tertarik, sampe si user bilang bahwa ini bercandaan. Gilaaaa lah bercandaan sampe sebegitunya, imajinasinya loh itu... Hahaha

    ReplyDelete
  7. Njir majalengka... Nama kita babeh gua disebut dong. Hahaha

    ReplyDelete