Sunday, September 15, 2013

IT’S A FISHY SUNDAY AT JATINEGARA

 

Photo-0887

Huaaaah aku bener2 seneng ama kerjaan baru aku. Soalnya baru kali ini aku dapat kerjaan yang Sabtu dan Minggu libur. Huuuraaaaay!!! Soalnya di dua pekerjaanku sebelumnya, Sabtu aku selalu masuk, walaupun setengah hari sih. Jadi kerjaanku sekarang ini paaaaaas banget buat penggemar jalan2 kayak aku. Nah, kalo biasanya aku jalan2 muter2 Jakarta buat liat gedung2 tua dan menilik sejarah ibu kota, beberapa minggu terakhir aku lagi demen jalan2 ke pasar.

Lho kok bisa?

Semula sih aku agak najong2 gitu liat pasar2 tradisional di Jakarta. Udah sumpek, bechek, banyak copetnya lagi. Tapi gara2 BBM naek, aku kudu *tighting the budget*. Bisa tekor aku kalo belanja barang2 keperluan sehari2 di Hypermart mulu. Makanya aku beralih ke pasar2 tradisional. Apalagi kayaknya eksotik banget gitu *alesan*. Nah, setelah mengunjungi beberapa pasar di Jakarta, aku tertarik mengunjungi Pasar Jatinegara. Kebetulan aku lagi kepengen beli ikan hias buat dipiara di kosan.

Sebelumnya aku cerita2 dulu ya pasar2 yang pernah aku kunjungi.

1. Pasar Kebayoran Lama

Ini pasar gede yang paling deket dan gampang transportnya dari kosanku (soalnya naek busway bisa). Deket Mall Gandaria City pasarnya, di bawah jembatan layang. Di sini semua serba ada. Mulai dari sepeda, alat2 rumah tangga, ayam, baju, kosmetik, dan lain2. Rameeee banget, apalagi buka-nya ampe malam.

2. Pasar Burung Barito

Kalo dari tempatku sih dari perempatan Fatmawati tinggal naek Metromini 76 langsung nyampe depan pasarnya. Di sini nggak cuma jual burung hias. Kucing, hamster, kelinci, ampe reptil juga ada. Abis capek jalan2 di sini bisa bersantai di Taman Ayodia yang terletak tak jauh dari pasar ini.

3. Pasar Asemka

Aku kesini gara2 diajak temenku yang doyan backpackeran ke luar negeri. Ternyata di sini dia mau beli kaos2 yang ada tulisannya luar negeri, kayak Singapore, Korea, Japan dll. Buat oleh2 katanya hehehe. Soalnya kalo di luar negeri kaos mahal2, di Singapore aja kaos 30 ribu kainnya model saringan tahu (kayak kaos2 partai gitu). Jadi mending beli di Indonesia hohoho *curang juga ya dia, dasar*. Murah2 lho, katanya 15 ribu bisa dapet kaos satu.

Pasar Asemka sendiri terletak dekat banget ama Kota Tua, naek busway turun di Halte Kota tinggal jalan aja nyampe (di bawah jalan layang tempatnya). Di sini ada banyak barang yang dijual murah, macem2 banget. Tapi yang aku baca dari internet sih pasar ini pas buat yang nyari suvenir pernikahan. Hmmm....kapan2 deh kalo aku nikah boleh hunting di sini hahaha.

4. Pasar Senen

Cuma lewat doang kalo yang ini mah. Soalnya becek banget, males masuknya. Malah ending2nya masuk ke mall hehehe. Tapi katanya sih jual baju2 second yang murah banget.

5. Pasar Taman Puring

Belum pernah kesini sih, tapi katanya pasar ini menjual sepatu dengan harga murah. Waduh sial baru tau sekarang. Padahal aku udah telanjur beli sepatu kulit di mall pas mau masuk kerja dulu. Hiks tau gini gue bisa hemat banyak banget.

Nah, balik lagi ke topik sebenarnya, yakni Pasar Jatinegara. Nggak tau kenapa aku lagi pengen punya ikan hias. Mungkin gara2 nggak ada temen di kosan baru hehehe, tau sendiri gue anaknya anti-sosial gini. Setelah browsing di internet, akhirnya aku memutuskan cari ikan hias di Jatinegara aja. Walaupun jauh banget ama kosanku, tapi katanya di sana paling lengkap koleksinya dan harganya juga paling murah.

Nah, hari Minggu sehabis ke gereja aku langsung ke Lebak Bulus untuk nake busway jurusan Harmoni kemudian transit dan ambil busway jurusan PGC. Enak banget kalo mau ke Pasar Jatinegara, soalnya dilewati jalur busway. Cuma resikonya lama banget. Bayangin, aku berangkat sekitar jam 9 seperempat, nyampe sana jam 11.45. Buset dah.

Setelah disasarin ama petugas busway (soalnya aku nurut petunjuk dia malah nyasar ampe stasiun Jatinegara), akhirnya aku menemukan pasar ikan hias yang ternyata berjejer di trotoar pinggir jalan kayak pedagang kaki lima gitu. Nggak cuma ikan aja yang dijual di sana. Ada juga berbagai macam burung. Aku sempet lihat2 burung yang ada di sana dan sempet jatuh cinta ama burung2 lovebird yang mungil dan warna-warni. Ada yang biru ama kuning. Aduuuuh lucu banget burungnya. Ada juga binatang2 laen kayak kucing, kelinci, ama hamster. Hewan2 eksotik juga ada kayak kelelawar, burung hantu, lutung, ampe burung elang. Dari bau2nya sih binatang langka juga dijual di sini, hmmm.... Ada juga yang jual jangkrik di sini, ditaruh di kotak kayu. Tapi emang sih, suaranya bagus banget. Yang bikin aku heran, di sini juga ada yang jual keong ama lintah segala. Eeeuuuwww, buat apa ya?

Balik ke rencana semula buat beli ikan, ternyata pasar ikan hias ini mengingatkan aku ama pasar ikan yang ada di Pasar Gede Solo. Mirip banget, ikannya dijual di plastik2 gitu. Satu plastik dijual 10 ribu. Biasanya sih ikan hias favorit tuh ikan mas. Namun aku pengalaman beberapa kali beli ikan mas mesti mati semua, jadi aku trauma *halah*. Semula aku pengen beli ikan guppy soalnya katanya sih gampang dipelihara. Tapi setelah liat ikannya, ternyata kecil2 dan nggak menarik. Aku malah akhirnya beli ikan cupang, satu ekor harganya 8 ribu. Warnanya biru, bagus banget. Kata yang jual, ikan cupang tuh daya tahannya tinggi, jadi nggak gampang mati *cocok buat owner yang abusive kayak aku hehehe*. Kupikir2 logis juga sih, soalnya kan biasanya diadu. Aku namain dia Stephan (padahal nggak tau itu cowok apa cewek).

Aku beli juga pakan buat Stephan, satu wadah 10 ribu. Semula sih aku ragu, soalnya pakannya bentuk butiran2 gitu yang kayaknya kegedean buat mulutnya Stephan yang mungil. Namun kata ibunya yang jual, entar pakannya larut kok. Aku percaya2 aja, soalnya di kakakku juga miara ikan merah kecil2 (nggak tahu namanya) dikasih pakan itu juga. Lebih kecil ikan2nya kakakku malah, dimakan Stephan juga bisa tuh ikan. Selain pakan, aku juga beli tanaman air kecil seharga 5 ribu (sebenarnya 10 ribu kalo beli 3) buat pasokan oksigen Stephan. Sebenarnya sih aku juga pengen beli akuarium buat Stephan, tapi sayang lagi krisis pasar saham nih, dolar naek jadi 11 ribu (apa hubungannya coba ama harga akuarium???) jadi kuurungin. Kapan2 aja, buat percobaan pake botol aqua dulu aja hehehe.

Ekspresi readers: “Kasian Stephan, dapet owner nggak jelas kayak gini...”

Setelah beli ikan, aku jalan2 bentar buat foto gereja tua GPIB Koinonia yang terletak tak jauh dari Pasar Jatinegara ini. Megah banget gerejanya. Di deket situ juga ada jembatan rel kereta api yang vintage banget.

Photo-0892

Namun sayang, perjalanan pulangku nggak begitu mulus. Nyampe di Harmoni, antrean ke Lebak Bulus panjang banget. Begitu bus dateng, langsung deh pada masuk desak2an gitu. Yang bikin gue kesel, ada anak ingusan yang dengan kasar dempet2 gue. Aku ampe marah2 di atas busway, takutnya Stephan kegencet ama dia. Begitu kulongok, tuh kan bener, plastiknya bocor dan airnya tumpah (setelah kulihat di rumah, ternyata bukan kantongnya Stephan yang bocor, tapi kantong isi tanaman air tadi, fiuh...untung untung...). Soalnya sayang banget khan kalo belum nyampe rumah aja ikannya udah mati, rugi 8 ribu aku entar.

Ekspresi readers lagi: “Yaelah, kirain gara2 saking sayangnya ama binatang, ternyata gara2 itungan...”

Perjalanan pulang terasa lamaaaa banget (sekitar dua jam), aku jadi takut Stephan stress soalnya di dalam bus kan goyang2. Tapi pas kulepasin dia di kost, aku seneng banget liat si Stephan berenang2 dengan bebas sambil mengibas2kan ekornya (di dalam botol aqua 1,5 L yang udah gue modif hehehe). Liat aja deh ke depan, moga2 si Stephan nggak mati dan aku bisa miara dia dengan baik. Target berikutnya aku inspeksi ke Pasar Tanah Abang hehehe #udah kayak presiden aja#.

NB: Tuh kaaaaaan…tuh kaaaaaaan….baru seminggu belum ada miara Stephan, eh dia BERTELOR….bertelor cooooy!!! Buseeeet deh ternyata Stephan cewek hehehe. Langsung deh sekarang resmi kuganti nama jadi Elizabeth….naseeeb naseeeb….

5 comments:

  1. keong dibuat sate sob,kalo lintah buat pngobatan tradisional. hehehe *kaleee*

    owh,emg stephan pas km beli lagi hamil toh? kok tb2 dah bertelor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ceritanya gini, kan aku baca di internet kita sebaiknya ngasih daun ketapang di akuariumnya biar mirip ama habitat asli cupang (ada hubungannya ama pH air katanya). eh begitu kukasih, kayaknya Stephan jadi terlalu nyaman terus bertelor *no more ketapang leaves for you young lady*

      Delete
  2. stephan itu anak nya om dave ya? hehehe *udh ga waras yg komen*

    ReplyDelete
  3. Itu bagus. Karna hingga sa'at ini ikan cupang mash sangat digemari

    ReplyDelete