Wednesday, September 4, 2013

RIDDLE #27: KISAH CINTA

 

KISAH CINTA

 

Agustus 1904

Aku menemukan buku diari aneh di rumahku.

Aku pindah ke sini 6 tahun lalu setelah aku menikah. Tak lama berselang, kami memiliki anak.

Sayang, aku kehilangan istri dan anakku ketika kapal yang mereka tumpangi terbalik 2 tahun lalu.

Rumah ini kini kosong dan aku memutuskan merenovasinya sebelum aku menjualnya. Ketika para pekerja merobohkan dinding kamarku, katanya mereka menemuka buku diari istriku jatuh dari langit-langit. Mereka memberikannya kepadaku. Aku membacanya. Ini jelas-jelas tulisan istriku.

Namun hanya ada beberapa kata di dalamnya.

7/15: Hidupku denganmu dimulai (ini tanggal dimana kami menikah)

9/21: Aku tercipta hanya untukmu.

12/9:Aku sangat mencintaimu.

2/23: Aku takkan pernah melepaskanmu.

2/29: Tidakkah kau mengerti?

Aku langsung melempar diari itu karena ketakutan. Aku langsung berkemas hari itu juga dan pindah ke kota yang jauh.

9 comments:

  1. tahun "sekarang" adalah 1904... berarti 6 tahun yang lalu adalah 1898... tahun ketika anak dan isterinya meninggal adalah 1902

    buku harian itu terkesan di tulis dalam periode kurang dari 1 tahun...

    7/15 = 15 Juli
    9/21 = 21 September
    12/9 = 9 Desember
    2/23 = 23 Februari
    2/29 = 29 Februari


    tunggu dulu....

    1898 bukanlah tahun kabisat....
    1902 juga bukan tahun kabisat....

    tahun kabisat diantara kurun waktu itu adalah 1900 dan 1904....


    jangan jangan.......



    huehehehe.... jawaban di atas bener ya gan..... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun 1900 sebenarnya bkn tahun kabisat juga (soalnya untuk tahun abad (tahun kelipatan 100) harus habis dibagi 400. jadi tulisan terakhir di diari itu ditulis 29 Februari 1904, 2 tahun setelah istrinya meninggal. tapi keren penjelasannya, rinci banget :)

      Delete
    2. 1900 tahun kabisat gan.... abis kok di bagi 400... atau coba cek di excel aja gan... :p

      btw... versi asli-nya lebih "serem"... dan ini yg menyebabkan pembaca "terjebak" di horrornya bukan di logic-nya... :p


      ===========

      This is what it said.
      7/15: My life with you begins now.
      (This was the day we married.)
      9/21: I was made to be with you.
      12/9: Even so, I will never let you go.
      2/23: Not long now.
      2/29: Do you understand?

      ===========

      Delete
    3. Ini namanya koreksi kalender Gregorian terhadap kalender Julian. Kalo kalender Julian (dibuat oleh Julius Caesar) semua tahun abad (kelipatan 100) itu tahun kabisat. Namun sejak 1582, Paus Gregorius XIII meralat dan mengatakan hanya tahun abad dengan kelipatan 400 yang dianggap tahun kabisat.

      Ini kukutip dari Wikipedia (link: http://id.wikipedia.org/wiki/Tahun_Kabisat)

      "tahun-tahun yang bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000)."

      1900 kalo dibagi 400 jadi 4,75 jadi nggak habis dibagi 400

      Delete
    4. inti dari tahun kabisat kan pembulatan waktu, setiap tahun ada tambahan sekitar 6 jam, jadi setiap 4 tahun sekali ada 1 hari tambahan
      kalo tahun 1900 bukan kabisat, berarti ga ada tambahan hari?
      trus kalo tahun-tahun awal abad selain yg bisa dibagi 400 bukan kabisat, berarti ada 3 hari yg ilang setiap 400 tahun.
      di otakku masih bingung tapi ga tau harus tanya gimana, mohon penjelasannya ya bang dave, atau siapapun yg tau

      Delete
  2. Jadi Inti Ceritanya apa nih.. Gue Jadi Bingung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gara2 jelasin taon kabisat ampe berbusa2, lupa deh jelasin ceritanya. jadi gini, kan sang istri meninggal tahun 1902, tapi di diarinya ditemukan tulisan si istri bertanggal 29 Februari (tahun kabisat), padahal tahun kabisat terdekat adalah 1904, dua tahun setelah si istri meninggal. jadi hantu si istri yang menulis diari itu

      Delete
  3. Bukannya tahun kabisat itu adalah tahun yang habis dibagi 4? Kita tahu, kan kalau tiap 4 tahun (yang mana kalau kita bagi dengan angka 4 selalu pas habis dibagi (tanpa ada bilangan dengan tanda koma alias bukan pecahan/desimal). Bisa kita liat di mana 4 tahun sekali selalu ada tanggal 29 Februari. CMIIW

    ReplyDelete