Friday, September 27, 2013

MENGAKU BACKPACKER GOES TO TANAH ABANG

 

Photo-0937

Postingan gue kali ini emang melas banget. Yang cocok tuh harusnya “Mengaku Backpacker Goes To Singapore” atau “Mengaku Backpacker Goes To Europe”, tapi ini malah “Mengaku Backpacker Goes To Tanah Abang” Hiiiiiy...berangkatnya dari Lebak Bulus lagi :,((((( Tapi apa boleh buat guys, hari Minggu pagi gue emang ada keperluan ke Tanah Abang, jadi sekalian aja gue posting pengalaman gue berkunjung ke pasar grosir terbesar di Asia Tenggara itu. Pasti pembaca penasaran, apa yang admin lakuin di Pasar Tanah Abang? Ini bermula sekitar beberapa hari lalu waktu gue lagi asyik browsing di internet sekitar jam 10 malam di kost. Tiba-tiba aja terbersit pikiran di benak gue, “Eh, ini bulan September ya? Berarti dua bulan yang lalu nyokap gue ulang tahun dong?”

Buseeeet guys, DUA BULAN yang lalu....dan gue baru ingat sekarang.

##Readers langsung nimpukin admin pake pecahan beling, “Dasaaaaar anak durhaka!!!!”##

Kebangetan banget ya hahaha. Karena nyokap dulu pernah pesenin buat nyariin tas di Jakarta, akhirnya gue putusin beliin tas aja buat nyokap gue buat kado ultah beliau #yang udah lewat dua bulan lalu btw#. Gue bayangin deh nyokap gue di rumah pasti lagi gigit2 bantal, “Anak gue durhakaaaa!!!” hahaha.

Ditambah lagi, di yahoo lagi gencar2nya diberitain kesuksesan Jokowi #go go Jokowi for presidential election!!!# menata pedagang di Tanah Abang. Jadi penasaran, seperti apa sih gebrakan Pak Jokowi ini? Jadi, gue-pun memutuskan jalan2 ke Tanah Abang.

Gue memulai perjalanan gue dengan naek metromini 102 jurusan Ciputat – Tanah Abang. Sebenarnya pengennya sih naek busway, tapi sayangnya denger2 nggak ada busway yang langsung ke Tanah Abang. Ternyata benar, perjalananku dengan angkutan umum ini nggak senyaman busway. Pertama, busnya penuh banget dan gue terpaksa berdiri sepanjang perjalanan. Kalo berdirinya deket AC sih enak, lha ini kan metromini, tau sendiri, AC-nya tenaga alam alias pake angin cendela. Kedua, udah tau bus-nya penuh, eh si kernetnya tetep maksa aja naikin penumpang ampek desak2an nggak karuan. Gue jadi bingung, nih metromini sebenarnya ngangkut orang apa kambing kurban? Ketiga, akibat suasana yang sumpek dan dempet2an itu, banyak penumpang yang emosinya jadi tinggi. Paling nggak ada dua pertengkaran antara para penumpang selama perjalanan. Untungnya, busnya cepet nyampe dan gue segera turun di depan museum tekstil.

Yap, tujuan gue emang nggak cuma belanja aja guys, tapi tetep aja menelisik sejarah Tanah Abang dengan berkunjung ke Museum Tekstil. Ada temen juga sih sesama backpacker dan pecinta arsitektur yang nyaranin ke museum ini. Ternyata bener, dari luar bangunannya nggak mengecewakan. Vintage vintage gimana gitu.

Photo-0934

Namun gue nggak masuk museum dengan berbagai pertimbangan. Pertama, pertimbangan waktu karena hari makin siang. Kedua, dua hari sebelumnya gue ikut field trip ama anak2 dari sekolahan tempat gue kerja ke museum2 yang ada Kota Tua (Museum Fatahillah, Museum Seni dan Keramik, ama Museum Wayang). Satupun koleksi dari museum itu nggak ada yang worth it banget sebenarnya buat dikunjungin. Jadi gue berkesimpulan, koleksi museum ini pasti juga nggak wow banget. Makanya gue urungin rencana gue untuk masuk. Namun gue sempat foto2 bangunan2 yang ada di sana.

Photo-0943   Photo-0947

Photo-0948   Photo-0955

Suasana taman bagian belakang juga asri banget. Sekilas, kompleks ini mengingatkan gue ama Benteng Vredeburg yang ada di Yogya. Keren banget sumpah bentengnya, wajib dikunjungin kalo kalian pas maen ke Yogya.

Namun gue terkejut begitu melihat lukisan ini di dinding. Ternyata ... ternyata ... museum ini merupakan markas ninja2 Akatsuki!!! Tidaaaaaaaak....panggil Naruto!!! Panggil Sasuke!!! Panggil Tuxedo Bertopeng ###apa hubungannya???###

Photo-0954

Bangunan kedua ini juga nggak kalah vintage. Keren ya, untung aja masih terawat gini. Tapi agak serem2 gimana gitu. Kalo aja film “House On The Haunted Hill” dibuat remake Indonesianya (dibintangin Julia Perez), pasti ngambil lokasinya di sini hehehe.

Photo-0963

Selepas dari museum tekstil, gue lalu melanjutkan perjalanan ke TPU Petamburan buat melihat langsung Mausoleum OG Khouw (silakan liat postingannya di sini). Abis itu, barulah gue memulai misi gue mengincar tas buat kado ultah nyokap gue ...

#Ekspresi readers: “Which is udah dua bulan yang lalu...”

Ya ya gue taok!!! Nggak usah ngingetin lagi!

Begitu nyampe ke depan Stasiun Tanah Abang, gue langsung terkesima. Wah, jalanannya lengang banget. Padahal pas gue ke sini sekitar beberapa bulan lalu pas beli tiket mudik, traffic-nya chaotic banget #like all other parts of Jakarta#. Dulu mah nggak terima macet, yang ada kendaraan di situ pada nggak gerak. Kirain pada parkir di tengah jalan, eh nggak taunya kejebak macet hehehe. Tapi sekarang lancar banget lalu lintasnya. Ini toh gebrakannya Jokowi? Wow banget emang #jadi pengen ke Waduk Pluit, katanya juga udah direnov abis2an#

Dekat situ juga ada Pasar Blok G (denger2 pedagang yang dulunya jualan di jalan dan menyebabkan macet direlokasi ke pasar ini). Aku sempet jalan2 bentar di situ, tapi gara2 nggak nemu tas, gue lalu beralih ke blok A. Di situ gue juga melihat sebuah jembatan yang belum jadi, katanya sih mau dibikin jembatan penghubung antara blok A ke blok G biar tambah rame. Terus buat menarik pengunjung, di situ juga lagi ada konser organ tunggal #goyang mang# Nggak tau in termasuk programnya Jokowi juga apa nggak hehehe. Waduh sekalian aja konser SNSD nyanyiin Galaxy Supernova, dijamin pasar Blok G tambah rame hehehe #ngapaen juga gue kasih link downloadnya, orang ini lagi bahas Tanah Abang#

Udah ah ngelanturnya, lanjut lagi ke acara jalan2nya. Pertama sih gue pengen masuk ke blok A, tapi setelah muter2 sebentar di basement-nya, gue ngerasain suasananya kayak nggak manusiawi gitu, jadi gue urungin. Ada sungai di situ yang baunya ... alamak!!! Kalo gue jadi pemilik gedungnya, pasti udah gue sulap jadi ala2 Venice kayak pas adegan Boys Before Flowers di Venetian Macau ##ngimpiiiii###

Gue udah beberapa kali ke pasar tradisional, tapi pasar yang ini bener2 bikin gue nggak betah. Waduuuh Pak Jokowi, rombak dong biar kayak MOI ##ngimpi lagi## Akhirnya ujung2nya gue masuk ke Blok B yang adeeeem, ada AC-nya. Sialnya, tempat yang jual tas ada di lantai 5 atau 6 (gue lupa), jadinya gue harus naek jauuuuuuh banget. Sialnya lagi pas udah nyampe di atas, baru gue tahu kalo ada liftnya #siooool siooool!!!!#

Ternyata tas2 di sini harganya bervariasi. Mulai dari yang obralan 50 K hingga yang impor 900 K. Namun rata2 tas yang gue tanya harganya antara 120 – 200 K. Bisa ditawar lagi sih. Tapi gue berani sumpah, yang jual pasti pada keheranan, soalnya cowok kok nyari tas cewek hahaha. Akhirnya gue dapet juga 2 tas dengan harga menarik, satu merah dan satunya ada tulisan bermerk gitu #yang gue yakin abal2 soalnya harganya murah hahaha#. Sialnya, pas gue udah beli tas2 itu, di dua lapak yang gue lewatin ada obral tas2 bagus minta ampun murahnya. Wadooooh nggak dari tadi seeeeeh???? Saran aja buat yang mau beli tas di sini, puterin dulu satu Tanah Abang sebelum mutusin beli, biar nggak nyesel kayak gue hiks.

Pas mau pulang gue mikir, gue nggak mau naek 102 lagi. MALEEEEES GILEEEEE. Beruntung banget pas keluar dari Blok B, gue ketemu APTB 07 jurusan Tanah Abang – Bekasi yang pas lagi lewat. Rejeki nomplok, soalnya hanya dengan membayar 5 ribu, gue diturunin di halte Sarinah dan tinggal naek busway buat pulang #tanpa bayar lagi coy, enak kan#

Nah, pas nunggu di halte Sarinah ini, gue mendapatkan pengalaman yang lumayan disturbing guys. Di samping gue ada cowok yang lagi nunggu busway. Bodinya sih kekar. Siapapun yang liat pasti mikir nih orang pasti rajin nge-gym. Tapi tebakanku sih nih cowok pasti sus akika. Soalnya atasannya sih dia pake baju tanpa lengan buat mamerin otot2nya, tapi bawahnya....dia pake hot pants guys! HOT PANTS bayangin! Dan itu nggak sembarang hot pants, tapi jeans belel mirip ama yang dipake Agnes Monica di Grammy Week. Buseeet…bulu kakinya juga udah licin abis di-wax ##gue bener2 nggak bisa ngilangin bayangannya dari benak gue….hiiiy## Dan bener dugaan gue. Pas dia naek busway, dia langsung masuk ke bagian khusus cewek di bagian depan. Gue bayangin, pas dia diusir ama petugas buswaynya di dalem, pasti dia berontak, “Tapi....tapi...namaku Gladys...”

Hiiiy...untung aja dia naek busway jurusan Blok M (gue jurusan Harmoni). Nggak kebayang kalo dia ampe satu bus ama gue, mending naek 102 aja kemana-mana. Ini sebenarnya pengalaman *hening* bikin ##krik krik## kedua gue selama memakai jasa busway. Pengalaman laennya terjadi pas gue masih pertama2 dateng ke Jakarta. Gue ingat pas itu gue lagi dalam perjalanan ke Katedral dan pas gue duduk, di depan gue terlihat ...

 

 

Seorang penumpang ....

 

 

Yang gue nggak bisa bedain dia itu cowok apa cewek!!!!

Buseeet, gue trauma banget deh ama yang itu. Secara pas itu gue lagi mau berangkat beribadah Minggu pagi ke gereja saat itu, gue langsung di dalam hati, “What the f**k!! Itu cewek apa cowok??? OMFG, this is ===> bad omen! Man, this is going to be a bad day. Sh*t sh*t sh*t!!!” Sumpah gue pengen saat itu unggah foto dia dan nanyain ke Yahoo Answer kalo aja pas itu gue lagi ada jaringan internet.

Itu pengalaman gue pertama, terus Agmon wannabe tadi pengalaman gue yang kedua. Sumpah, satu pengalaman lagi dan gue pasti dapet hadiah piring cantik.

Untungnya perjalanan pulang gue berlangsung dengan aman dan lancar. Gue dapet tempat duduk dan buswaynya lumayan sepi #yang penting nggak ada penumpang yang aneh2 lagi#. Pas di dalam busway, gue liat2in penumpang2 cewek yang pada bawa tas. Ternyata kebanyakan tas mereka nggak jauh beda modelnya ama tas2 50 ribuan yang tadi diobral di Tanah Abang. Beberapa malah bagusan yang di Tanah Abang. Banyakan pake tas item dan gue jadi tau kalo item mungkin warna yang netral buat cewek. Jadi nyesel, kenapa tadi nggak beli tas warna item aja ya?

Emang pas membeli barang buat cewek, kita sebagai cowok harus bisa berpikir seperti mereka, mungkin dengan berpikir seperti Gladys hehehe #keselek# Tapi ya sudahlah #Bondan mode on#, kapan2 beli lagi kalo ada obral lagi ###yaaaah, buat nyokap yang udah ngerawat sejak kecil kasih barang obralan### Yap, itulah sekilas perjalanan gue buat membuktikan pada kalian kalo gue anak yang berbakti, belliin kado jauh2 ampe ke Tanah Abang buat ultah nyokap tercinta ...

Readers: “Yang udah dua bulan yang lalu ...”

NGGAK USAH NGINGETIN NAPA??????

NB: Gue harap Gladys bisa nyampe ke rumahnya dengan selamat tanpa kena  Razia hahaha.

##dan ini omongan cowok yang seharian nyari tas cewek di Tanah Abang##

1 comment:

  1. Padahal museum tekstil bagus lo bang #menurutgue disana lu bisa nyoba nge- batik #bayarloh trus bisa dibawa pulang trus ada tempat buat batik dari seluruh nusantara #ceilah ada yg panjang banget -_- dll :3

    #Na

    ReplyDelete