Friday, September 27, 2013

HAPPY 2nd ANNIVERSARY BLOG MENGAKU BACKPACKER!!!!

 
100_1739

Hallo para readers. Tak terasa ya umur Blog Mengaku Backpaker udah dua tahun. Nah, gue selaku admin pengen banget nih bagi pengalaman suka duka gue selama 2 taon ngeblog. Gue dari dulu suka nulis, tapi sayang nggak punya pelampiasan. Waktu SMA pernah sih ikut majalah sekolah dan seneng banget rasanya (dapet duit lagi hehehe). Pas kuliah juga gue sempet punya blog berjudul “Blog Ilmuwan Gila” (sayang sekarang vakum, dah 5 abad kali nggak gue update). Nah, mulai ngeblog lagi tahun 2011 pas gue udah mulai kerja dan sialnya lagi #jomblo# makanya gue nyari kesibukan lain buat ngisi waktu luang.

Ekspresi readers: “Oooo jadi itu awal mula ceritanya ckckckck…melas banget…”
 
Inget banget dulu pas pertama kali nge-blog bulan September 2011. Saat itu gue menulis tentang pengalaman gue jalan2 ke Semarang. Waktu itu gue belum punya pengalaman nulis artikel, jadi wajar aja bahasanya semrawut. Pas zaman2 masih polos dulu, gue sering banget pake singkatan2, semisal aku jadi “Q”, bareng jadi “brg”, banget jadi “bgt”, dan lain-lain. Hahaha kacau dah. Alay banget nggak sih, untung nggak nyampe pake angka “4” buat gantiin huruf “A” segala.  Gue pikir itu dulu nggak masalah. Namun pas baca postingan dari blog yang pake singkatan2 juga, gue jadi nyadar kalo baca postingan yang pake singkatan2 gitu tuh bikin capek dan nggak enak banget. Oleh sebab itu, gue mulai deh nulis pake bahasa Indonesia yang baek dan benar.

Pas pertama kali nge-blog juga gue tuh belum punya apa-apa (literally) alias masih miskin hahaha. Dulu pas pertama backpackeran (ke Semarang tahun 2011 tuh pertama kali gue pergi ke luar kota dalam arti backpackeran), gue belum punya kamera. Hape aja masih hitam putih (padahal yang laen udah BB). Jadinya pasrah dah jalan2 ke kota tua ama Lawang Sewu cuma modal *mringis* doang (mana tempatnya vintage banget lagi, nyesel nggak bisa foto2). Yang paling bikin nyesek tuh pas liat kaca patri di Lawang Sewu, waduuuh pengen foto2 hiks…

Postingan kedua adalah review serial reality show asal UK, “Ultimate Traveller”. Buat kalian yang belom tau, reality show itu mengisahkan tantangan untuk anak2 muda Inggris untuk backpackeran di indonesia. Mereka mengunjungi tempat2 indah, mulai dari Yogya, Solo, Bromo, Bali, hingga Lombok. Wah bikin bangga bangsa kita banget, soalnya acara ini mempromosikan pariwisata Indonesia dengan gratis. Kisah perjalanan anak2 muda ini juga seru buat diikutin. Bahkan jujur aja guys, acara inilah yang menginspirasi gue jadi backpacker *walau masih setengah jadi hehehe*.

Postingan berikutnya yang gue masukin ke blog ini adalah 10 lokasi wisata yang harus dikunjungi di Solo. Pas 2011 tuh Solo lagi maju2nya berkat Jokowi *secara Jokowi gitu*. Banyak banget objek wisata baru bermunculan. Objek2 wisata yang lama pun banyak yang dipugar. Asyiknya, postinganku itu ternyata banyak jadi referensi para backpacker yang mau maen ke Solo. Wah, jadi bersyukur deh. 

Sayangnya harus gue akuin, walaupun tema yang gue anut di blog ini adalah backpakeran, namun nggak setiap saat aku bisa jalan2. Makanya, banyak tema2 lain yang juga gue campur aduk ke blog ini. Yang paling banyak itu top ten *ampe temen aku bilang blogku jadi On The Spot gini hehehe*. Ada juga salah satu postingan favorit (dan postingan top ten pertama) gue tentang 10 film kartun tahun 90-an yang kutonton pas masih kecil dulu.

Kebetulan, gue suka banget ama yang namanya arsitektur (tujuan gue backpackeran juga kebanyakan liat gedung2 kolonial atau candi). Jadi gue banyak banget masukin top ten tentang bangunan2. Gue juga pernah nulis beberapa artikel tentang candi, arsitektur gereja, ampe arsitektur Islam juga nggak luput kubahas.

Dari arsitektur, blog gue ganti haluan lebih drastis lagi, yakni ke tema K-Pop (LOL, nggak nyambung banget). Namun herannya justru artikel itu yang jadi top trending topic. Bahkan kalo readers sekalian liat di statistik blog Mengaku Backpacker, hingga saat ini postingan paling populer tuh tentang lagu2 Korea dan video Korea. Tapi seneng juga sih, berkat itu banyak yang ngasih comment juga hahaha *cewek2 lagi, wow*

Dari backpacker ke K-Pop aja udah nggak nyambung, apalagi ke urban legend. Yap, gue mengangkat tema itu sih sebenarnya iseng2 pas baca cerita2 seram dalam bahasa Inggris dan pengen gue terjemahin buat di-share ke pembaca. Eh nggak taunya malah jadi top trending topic. Apalagi pas urban legend ke-15, emang greget banget hehehe (padahal admin share cerita itu juga biar admin nggak kena kutuk sendirian hehehe #plaaaak#). Tapi yang serem katanya ada yang mimpi beneran lho. Waduh, malah jadi serius gini? Namun ada juga  yang mengatakan bahwa bukan cerita ini nih yang ngutuk kita, tapi pikiran kita sendiri yang membawa cerita itu jadi nyata di mimpi kita. Hahaha setuju!

Oya di tahun kedua Mengaku Backpacker ini kalian mungkin bakal melihat sedikit perubahan. Yap, jika kalian mau comment, comment tersebut nggak akan langsung tayang, tapi harus nunggu persetujuan alias moderation dari gue sebagai admin. Well, sebenarnya gue juga nggak suka guys, secara hal2 begituan justru bakal mempersulit para pembaca sekalian memberikan komentar. Tapi apa boleh buat. Gue kapok gara2 ada *bajingan rese* yang ngasih comment2 berbau negatif ke beberapa postingan gue, jadinya sekarang gue jadi lebih hati2. Jadi kalo ngasi comment yang membangun lah, biar readers2 lain yang baca juga ikut seneng. Oke?

Terus resolusi gue untuk tahun ketiga blog ini adalah membuat postingan dalam bahasa Inggris. Postingan pertama bakal tentang perjalananku ke Ereveld di Menteng Pulo, Jakarta, ditunggu ya. OK guys, itulah sepenggal pengalaman gue nge-blog selama 2 tahun. Moga2 umur blog ini makin panjang aja dan moga2 juga gue bisa berpergian ke banyak tempat biar artikel2 blog ini tambah banyak. Amiiiin! Mohon maaf juga nih kalo di artikel2 blog Mengaku backpacker ada kata2 yang menyinggung readers sekalian, tau sendiri adminnya kayak apa hehehe. Jangan lupa ya jadi follower blog ini biar kalian dapat terus update postingan2 terbaru dari admin, siiiiip!












2 comments:

  1. waduhh,aku lemah di bahasa inggris ni,dave...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan tggl di-google translate, lagian belum jelas juga bisa apa nggak gue buatnya xixixixi :p

      Delete